Kei Lho Hanya seorang penulis yang menjadikan susu hangat menjadi sebuah cerita yang bermanfaat

10 Alat Musik Pentatonis : Contoh, Gambar, Fungsi dan Jenisnya

6 min read

Alat Musik Pentatonis – Tangga nada ialah suatu nada yang disusun dengan menggunakan konsep yang berjenjang, dimana tangga nada juga memiliki peran yang penting dalam suatu aliran seni musik, salah satunya adalah alat musik pentatonis.

Tapi apa sebenarnya yang dimaksud dengan alat musik yang menghasilkan nada pentatonis ? apa saja jenis dari tangga nada pentatonis serta apa saja contoh-contohnya?

Maka dari itu, mari kita simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya ya!

Apa itu Alat Musik Pentatonis ?

Alat musik pentatonis ialah suatu musik yang menggunakan 5 nada dalam satu oktafnya, misalnya adalah pada gamelan Jawa yang menggunakan nada 1, 2, 3, 4, 5, 6 (ji, ro, lu, ma, nem) yang dipakai dalam Laras slendro dan 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7 (ji, ro, lu, pat, ma, nem, pi) yang dipakai dalam Laras pelog.

 

Apat itu Tangga Nada Pentatonis ?

Pentatonik ialah berasal dari kata penta yang artinya 5 serta tonic yang artinya nada. Dimana tangga nada pada pentatonik dibentuk dengan cara mengurangkan nada ke-4 dengan nada ke-7 dari sebuah struktur oktaf 8 nada.

Atau dapat diartikan bahwa tangga pentatonik ialah suatu tangga nada yang terdiri dari lima nada berbeda. Dimana tangga nada ini menandakan tentang tahapan awal didalam perkembangan musik yang ada di seluruh dunia.

Tangga nada ini juga diperkirakan sudah jauh sebelumnya yaitu ada sejak zaman Yunani Kuno. Dimana pada saat itu, tangga nada ini dipakai untuk mengelola Kitahara Yunani, bukan hanya itu beberapa nyanyian Gregorian pada waktu awal juga menggunakan tangga nada ini untuk menyempurnakan dari musiknya.

Pentatonix juga dapat dibilang menjadi tangga nada yang paling populer, bahkan tangga nada ini juga paling banyak dipakai dalam musik rock. Pada saat ini, nada pentatonik sudah dapat dipakai dalam musik modern atau musik tradisional.

Misalnya di Indonesia sendiri, tangga nada pentatonik banyak dipakai dalam alat musik gamelan Jawa, angklung, Kolintang dan sasando. Sedangkan khusus untuk gamelan Jawa terdapat dua macam tangga nada pentatonik buang dapat dipakai yaitu, titi Laras slendro dan titi Laras pelog.

 

Jenis Tangga Nada Pentatonis serta Karakteristik dalam Musik

10 Alat Musik Pentatonis : Contoh, Gambar, Fungsi dan Jenisnya
Image source : mikirbae.com/2019/06/laras-selendro-dan-laras-pelog.html

Tangga nada pentatonik terdiri dari dua jenis, yaitu ada tangga nada pelog dan juga tangga nada slendro.

Dimana jenis-jenis tersebut tentunya memiliki karakteristik yang berbeda-beda, lantas apa yang membedakannya?

Untuk lebih jelasnya lagi mari simak penjelasan tentang tangga nada pentatonis di bawah ini!

 

Tangga Nada Pelog

Tangga nada pelog ialah tangga nada yang memiliki karakteristik musik tentang dan juga elegan.

Dimana tangga nada ini terdiri hanya dari lima nada primer, diantara yaitu, do, mi, fa, sol serta jiga si.

Pelog ialah sebuah tangga nada yang memiliki perbedaan jarak interval cukup besar.

 

Tangga Nada Slendro

Tangga nada slendro ialah sebuah tangga nada yang memiliki karakteristik musik lincah dan dapat membuat semangat.

Dimana tangga nada ini juga terdiri dari lima nada primer, diantaranya ialah, do, re, mi, sol serta la.

Tangga nada slendro ialah sebuah tangga nada yang memiliki jarak interval relatif lebih kecil.

 

Skala Dari Alat Musik Pentatonis

 

10 Alat Musik Pentatonis : Contoh, Gambar, Fungsi dan Jenisnya
Image Source : kafesentul.com/alat-musik-tradisional-yang-menggunakan-tangga-nada-pentatonis

 

Apabila skala alat musik diatonis terdiri dari 7 nada, maka berbeda dengan alat musik pentatonis yang hanya memiliki 5 nada.

Di mana pada alat musik pentatonis nada ke-4 dan juga ke-5 hilang

Skala pentatonis lebih banyak dipakai pada musik dengan genre jazz, blues, rock dan juga dalam musik-musik daerah.

Berikut ini ialah jenis-jenis skala pentatonis, yaitu ada pentatonis mayor (natural) dan juga skala pentatonis minor.

 

Skala Pentatonis Natural

Skala pentatonis natural ialah skala yang hanya menunjukkan bahwa interval pada nada ke-1 hingga ke-3 yang berjarak 1-1. Adapun pola dari skala yang ada pada C ialah sebagai berikut : 1-1-11/2-1-11/2 (C-D-E-G-A-C).

 

Skala Pentatonis minor

Skala pentatonis minor ialah skala yang ditandai dengan nada ke-1 hingga ke-3 berjarak 11/2. Adapun pola yang ada pada skala A ialah sebagai berikut :  11/2-1-1-11/2-1 (A-C-D-E-G-A).

 

Alat Musik Pentatonis Dari Indonesia

Seperti yang sudah dijelaskan pada penjelasan diatas bahwa alat musik pentatonis ialah sebuah alat musik yang memiliki 5 nada dalam satu oktaf.

Dimana alat musik tersebut dapat ditemui dalam gamelan Jawa, tapi apakah kalian tahu ternyata alat musik ini bukan hanya ada di gamelan Jawa saja loh.

Selain itu juga berada dalam beberapa jenis alat musik tradisional lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia.

Lalu apa sajakah alat musik pentatonis ini? Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan di bawah ini!

 

1. Alat Musik Calung

 

alat musik jawa barat calung
Source : https://id.wikipedia.org/wiki/Calung

Calung ialah alat musik pentatonis yang berasal dari tanah Sundah atau berasal dari Jawa Barat.

Dimana alat musik calung juga sering dimainkan secara bersamaan dengan alat musik lainnya, seperti angklung yang juga ialah salah satu jenis alat musik dari Sunda.

Bahan yang dipakai dalam alat musik calung adalah bambu yang berjenis bambu awi temen atau bambu awi wulung.

Dimana cara memainkan Calung ialah dengan cara dipukul-pukul dengan alat pemukul, cukup mudah bukan?

Alat musik calung terdiri dari 2 jenis, yaitu calung rantay dan juga calung jinjing, dua jenis calung tersebutlah yang sering dimainkan.

Calung rantay pada  umumnya dimainkan dengan cara para para pemain musik harus duduk bersilang, akan tetapi untuk calung jinjing pemain musik harus mengurutkan calung dengan posisi pemain berdiri ketika memainkannya.

Pada awalnya, calung hanya dipakai sebagai pengiring ritual perayaan adat Sunda, tetapi seiring dengan perkembangan zaman, maka alat musik calung ini sekarang sudah banyak ditemukan pada berbagai acara hiburan masyarakat.

 

2. Alat Musik Genggong

10 Alat Musik Bali: Nama, Perkembangan, Gambar dan Penjelasan
Source : 1001indonesia .net/

Genggong ialah alat musik pentatonis yang memiliki bentuk persegi panjang dan pada bagian tengahnya diiris. Pada salah satu ujung dari alat musik Genggong diikatkan dengan menggunakan sebuah tali, sehingga nantinya alat musik dapat menghasilkan getar dan juga suara.

Adapun cara memainkan alat musik ini ialah dengan cara diletakkan pada mulut, namum tidak dengan ditutup.

Mulut hanya dipakai sebagai penyangga saja, kemudian tali yang berada pada ujung genggong harus ditarik dan diulur ke arah kanan depan sehingga tali akan bergetar dan dapat menghasilkan bunyi.

Alat musik genggong juga sering digunakan pada saat acara hiburan ataupun pada saat pernikahan hingga pertunjukan tari tradisional juga memakai alat musik genggong.

Dimana bahan untuk membuat alat musik ini ialah berasal dari bahan dasar pelepah pohon enau yang sudah tua serta yang sudah kering.

 

3. Alat Musik Tifa

10 Alat Musik Pentatonis : Contoh, Gambar, Fungsi dan Jenisnya
Image Source : regional.kompas.com

Tifa ialah salah satu jenis alat musik pentatonis, dimana cara memainkan alat musik ini adalah dengan cara dipukul. Alat musik tifa berasal dari Papua dengan bahan utama yang dipakai untuk membuat alat musik ini adalah kayu yang berbentuk tabung.

Biasanya kayu yang dipakai untuk membuat alat musik tifa adalah kayu linggua, kayu tersebut dikenal sangat kuat dan juga memiliki kualitas yang baik.

Suara yang dihasilkan dari alat musik ini juga menyerupai seperti alat musik gendang, akan tetapi suara yang ada di alat musik tifa juga tergantung dari ukurannya.

Pada umumnya alat musik tifa dipakai sebagai musik pengiring pada saat upacaranya adat, peringatan adat dan juga dipakai untuk mengiringi tarian tradisional khas dari wilayah Papua.

Apabila dilihat secara umum, tifa ialah sebuah alat musik tradisional yang berasal dari wilayah Indonesia bagian timur. Dimana kita dapat menemukan alat musik ini baik di wilayah Papua atau di wilayah Maluku.

Tetapi, tentunya alat musik yang berasal dari kedua tempat tersebut memiliki perbedaan, terutama dalam bentuknya. Apabila tifa yang berasal dari Papua memiliki bentuk yang mirip seperti permen dan memiliki pegangan yang berada di sampingnya.

Maka berbeda dengan alat musik tifa yang berasal dari daerah Maluku, dimana tifa dari Maluku tidak mempunyai bentuk seperti tabung yang biasa dan dimainkan tanpa ada pegangan dalam alat musiknya.

 

4. Alat Musik Angklung

Angklung | 10 Alat Musik Dari Daerah Jawa Barat dan Cara Memainkannya | 10 Alat Musik Pentatonis : Contoh, Gambar, Fungsi dan Jenisnya

Alat musik pentatonis tradisional selanjutnya ialah adalah angklung.

Angklung ini merupakan alat musik yang berbahan dasar batang bambu untuk membuatnya.

angklung dapat dimainkan dengan cara digoyangkan agar menimbulkan sebuah nada yang indah.

 

5. Alat Musik Silu

image source : romadecade.org/alat-musik-pentatonis/

Silu ialah alat musik pentatonis yang berasal dari Bima NTT.

Dimana alat musik ini sudah ada sejak zaman kesultanan Bima hingga kesultanan Dompu.

Pada saat itu, alat musik ini dipakai sebagai pengiring untuk penyambutan kedatangan dari Tuan Kita Karaeng Ballasari yang sedang mengadakan suatu kunjungan ke daerah Bima dengan menggunakan perahu.

Akan tetapi, saat ini alat musik silu biasanya sudah dikombinasikan dengan penggunaan alat musik gendang pada saat dimainkan.

Biasanya masyarakat Bima serta masyarakat Dompu akan memakai alat musik ini pada upacara ada khitan khas Bima dan Dompu atau yang dikenal dengan acara suna ro ndoso.

Alat musik ini dimainkan dengan cara ditiup secara vertikal, yaitu posisi peniupan suling harus lurus ke depan.

 

6. Alat Musik Gamelan Degung

image source : portaljogja.pikiran-rakyat.com/entertainment

Gamelan Degung ialah alat musik pentatonis yang lebih dikenal dengan nama gamelan Sunda.

Dimana alat musik ini berasal dari daerah Jawa Barat yang terdiri dari rebab, bonang, kecapi, suling degung, jengglong, kulanter, saron, gambang, kendang, gong dan juga tidak lupa panerus.

Pada umumnya juga ditambahkan dengan beberapa alat musik lainnya, seperti suling, kendang serta rebab.

Tetapi hal tersebut tentunya juga dilihat dari kebutuhan musikalnya juga.

Ciri khas dari alat musik gamelan Sunda adalah adanya suara yang mendayu-dayu, serta dimana suara tersebut berasal dari alat musik suling serta rebab yang mendominasi pada alat musik gamelan ini.

Terdapat tiga jenis gamelan yang berada di Sunda, yaitu ada gamelan renteng, gamelan slendro dan juga gamelan tilu.

 

7. Alat Musik Sarone

image source : romadecade.org/alat-musik-tradisional-nusa-tenggara-barat/

Sarone ialah alat musik pentatonis yang dimainkan dengan cara ditiup, mirip dengan alat musik klarinet.

Dimana sarone dibuat dari bahan dasar bambu serta dibuat dari daun kelapa.

Kemudian pada mulut sarone juga terdapat lidah tunggal yang direkatkan serta dibuat dari bahan bambu tipis.

Alat musik sarone juga memiliki 4 lubang nada, dimana untuk memainkannya dapat dengan cara berkelompok serta dikombinasikan dengan memakai alat musik lain seperti rebana ode dan juga rebana rea.

Untuk menghasilkan sebuah nada yang jernih serta menarik, alangkah baiknya sebelum memainkan alat musik tersebut, sarone harus diasapi terlebih dahulu dengan menggunakan kemenyan.

Sarone juga ialah salah satu alat musik tertua yang berasal dari para leluhur orang Bima.

 

8. Alat Musik Gambang Kromong

Source : https://id.theasianparent.com/alat-musik-gambang

Gambang Kromong ialah alat musik Pentatonis yang ialah perpaduan antara musik pribumi dan juga China.

Dimana unsur China yang ada pada alat musik ini dapat dilihat dari segi instrumen seperti tehyan, kongahyan dan juga sukong.

Sedangkan unsur pribuminya dapat dilihat dari instrumen kendang, kempul, gong enam, krecek dan juga ningnong.

Pada awalnya gambang kromong ialah bentuk dari ekspresi China peranakan.

Lagu yang ada dalam gambang kromong juga masih dinyanyikan di dalam bahasa China bahkan sampai pada awal abad ke-19.

Dimana barulah pada saat abad ke-20 kita baru dapat mendengarkan lagu gambang kromong dalam bahasa Betawi.

 

9. Alat Musik Kolintang

Image source : jogja.suara.com

Contoh alat musik yang menghasilkan nada pentatonis berikutnya adalah kolintang.

Kolintang ini ialah merupakan alat musik tradisional dari masyarakat Minahasa.

Cara memainkannya yaitu dengan cara memukulkan tongkat ke bilah kayu yang tersusun di badan kolintang.

 

10. Alat Musik Sasando

image source : tribunnews.com

Tak hanya alat musik pukul dan tiup saja, tangga nada pentatonis juga dapat ditemukan pada alat musik petik seperti sasando.

Sasando ini ialah merupakan suatu alat musik tradisional dari daerah kepulauan Rote.

Untuk memainkannya juga mudah yaitu dengan cara memetik dawai menggunakan jemari.

 

Kesimpulan dari  Alat Musik Pentatonis

Demikianlah pembahasan lengkap tentang alat musik yang menghasilkan nada pentatonis, dimulai dari pengertian, penjelasan tentang tangga nada pentatonik, jenis-jenis tangga nada, skala hingga contoh dari alat musik pentatonis.

Semoga artikel ini dapat membantu para pembaca sekalian dalam mengenali dan memahami tentang alat musik pentatonis dan semoga penjelasannya dapat dipahami dengan baik!

Avatar
Kei Lho Hanya seorang penulis yang menjadikan susu hangat menjadi sebuah cerita yang bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas