Kei Lho Hanya seorang penulis yang menjadikan susu hangat menjadi sebuah cerita yang bermanfaat

Contoh Pidato Persuasif Singkat Berbagai Tema yang Benar

6 min read

Contoh Pidato Persuasif

Contoh Pidato Persuasif – Semua pidato mempunyai tujuan sama yaitu semoga sanggup memberikan sesuatu yang berkaitan dengan momen tertentu, contohnya pidato peresmian maka isinya perihal orang-orang yang dilantik dan hal lain yang berkaitan dengan pelantikan.

Sedangkan pidato persuasif yaitu yaitu sebuah pidato yang berisikan atau bermuatan sebuah usul kepada pendengar untuk setuju atau baiklah melaksanakan sesuatu hal yang disampaikan. Contoh pidato persuasif contohnya pidato himbauan yang disampaikan oleh kepala sekolah.

Ada beberapa pola pidato persuasif dibawah ini yang sanggup dijadikan wangsit dalam memberikan pidato persuasif. Jenis pidato ini sanggup dikategorikan sebuah teknik penyampaian sebuah isu atau warning kepada audiensi dengan cara yang efektif.

Pengertian Pidato Persuasif

Contoh Pidato Persuasif
image source : freepik.com/author/rawpixel-com

Pidato persuasif adalah sebuah pidato yang isinya berupa ajakan kepada target pendengarnya untuk melakukan sesuatu.

Saat melakukan pidato, sang pembicara harus mampu untuk mempengaruhi audiens agar memahami dan juga menjalankan gagasan yang disampaikan pada saat pidato.

Jenis pidato ini juga sering digunakan sebagai sarana imbauan kepada kelompok masyarakat untuk melakukan aksi terhadap isu tertentu.

Namun tak jarang pula ada pidato ajakan yang dilakukan untuk melakukan hal kurang baik sehingga harus selalu berhati-hati dan juga bijaksana saat melakukannya.

 

Struktur dari Pidato Persuasif

Sebenarnya sama seperti bentuk pidato lainnya, pidato yang bersifat persuasif juga mempunyai struktur mulai dari pembukaan, isi, serta penutup.

Bedan jugaya adalah pada pidato jenis persuasif akan menggunakan banyak bahasa-bahasa ajakan maupun imbauan di dalamnya.

1. Bagian Pembukaan Pidato

Bagian pembukaan pada pidato diisi dengan salam pembuka yang dilanjutkan dengan salam penghormatan pada tamu undan jugagan.

Setelah itu pembukaan dilanjutkan dengan mengucapkan rasa syukur atas terlaksananya acara dengan lancar.

Biasanya di bagian pembukaan pembicara akan menyampaikan pengantar maupun pengenalan singkat mengenai topik yang akan disampaikan kedepannya.

 

2. Bagian Isi Pidato

Pada bagian isi pidato persuasif, harus terdapat gagasan, alasan, serta informasi maupun fakta-fakta penting serta genting.

Hal ini berguna untuk menggugah hati para pendengar agar ketika ajakan maupun imbauan sudah disampaikan, pendengar mempunyai alasan kuat untuk mengikutinya.

Data-data yang diberikan haruslah berupa data yang sesuai dan juga tentunya aktual, jangan sampai menghalalkan segala cara untuk bisa mengajak orang lain melakukan sesuatu sampai menggunakan data yang tidak valid.

 

3. Bagian Penutup Pidato

Bagian penutup adalah bagian paling penting dari sebuah pidato yang bersifat ajakan maupun persuasif.

Karena di bagian ini pembicara harus memberikan kesimpulan dan juga penekanan pada ajakan yang ingin disampaikan kepada audiens.

Di bagian penutup juga pembicara lebih baik menyampaikan permohonan maaf jika terdapat kesalahan selama melakukan penyampaian dan juga diakhiri dengan salam penutup.

 

Contoh Pidato Persuasif

Contoh Pidato Persuasif
image source : freepik.com/author/macrovector

Sebagaimana makna dan tujuan pidato persuasif biasanya pidato memberikan sesuatu yang penting dan sanggup dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Untuk sanggup lebih memahami simak pola berikut ini dibawah.

 

 

1. Pidato Persuasif Pada Acara Seminar

Assalamualaikum hadirin beserta para akseptor seminar yang telah hadir di daerah ini. Alhamdulilah wasyukurilah puji tuhan yang telah menunjukkan akomodasi dalam melancarkan berlangsungnya program seminar ini.

Tidaklah mudahlah untuk bisa menciptakan program penting ini, namun semangat panitia dalam menyelenggarakan seminar perihal media pembelajaran berbasis teknologi. Oleh alasannya itu apresiasi tertinggi saya kepada seluruh panitia dan semua pihak yang terlihat dalam proses program ini.

Khusus pada seluruh akseptor yang telah hadir dalam ruangan ini saya ingin memberikan selaku dinas pendidikan bahwa guru tanpa pengetahuan teknologi tentunya akan mengalami hambatan dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik dimasa yang akan datang.

Mengapa demikian lantaran teknologi yaitu sistem bahkan menjadi budaya generasi di zaman milenial ini. Guru harus sanggup meningkatkan kemampuannya dalam teknologi semoga sanggup menyaingi kemampuan dan sikap akseptor didiknya pula.

Selain itu pula kemampuan dalam memakai teknologi akan menjadi mekanisme tahap awal dalam penyeleksian sertifikasi tenaga pendidik dimasa yang akan mendatang. Tentunya sudah menjadi keharusan dan kewajiban para akseptor untuk mengikuti seminar penting ini hingga selesai.

Kiranya isu cukup dijadikan dasar semangat dan motivasi untuk guru-guru yang bersedia hadir dalam program hari ini. Jadilah pendidikan yang mumpuni dalam teknologi dan merevitalisasi media pembelajaran semoga lebih relevansi dengan kebutuhan dunia pendidikan dikala ini.

Demikian pidato ini saya sampaikan semoga bapak ibu para hadirin semua diberikan pahala yang sebesar-besarnya lantaran turut mensukseskan program penting ini. Mohon maaf atas segala kekurangan wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

 

2. Contoh Pidato Persuasif Tentang Pendidikan

Tema berfungsi sebagai dasar kepada penyampai pidato semoga  yang disampaikan sesuai dan berfungsi sebagai reinforcement.

Oleh alasannya itu perlu memahami perihal sebuah tema, even atau program yang akan diberikan pidato.

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat pagi seluruh akseptor yang akan mengikuti try out pagi hari ini.  Terimakasih juga kepada bapak ibu guru yang juga berkenan hadir dalam program ini. Semoga apa yang kita harapkan sanggup terwujud dan tercapai aamiin.

Pertama-pertama yang ingin saya sampaikan pada pagi hari ini khususnya kepada belum dewasa akseptor didik kami bahwa try out yaitu simulasi atau kesempatan yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Jangan sia-siakan lantaran dikala ini lah waktunya untuk mengetahui kemampuan diri kau sendiri dalam memasuki ujian final nasional bulan yang akan datang.

Ibaratnya cermin try out sanggup menjadi sebuah fakta terang perihal diri kita sendiri. Laksanakan simulasi ini  sebagaimana layaknya ujian nasional, ada atau tiada yang mengawasi pastikan percaya diri menjawab semua pertanyaan dengan baik.

Namun bila tidak dilaksanakan dengan baik maka akan besar lengan berkuasa kepada hasil ujian nasional yang akan datang. Siswa siswi yang kami sayangi meskipun ujian memang bukanlah satu-satunya mengantarkan dirimu kepada kesuksesan, namun perlu diingat ciri-ciri orang sukses yaitu orang yang tekun dan jujur dalam segala hal. Semoga dalam program ini belum dewasa akan menjadi termotivasi dan menyadari menyerupai itulah nanti soal-soal yang akan tiba pada dikala ujian nasional berlangsung minimal 75 % niscaya sama.

Baik dengan ini maka ujian try out ini saya buka terimakasih kepada pihak yang sudah mau menyelenggarakan program ini di sekolah ini kami mengucapkan banyak terimakasih yang sebesar-besarnya. Dan mari kita sama-sama berdoa semoga program ini sanggup berlangsung dengan sebaik-baiknya tanpa hambatan yang berarti mohon maaf atas segala kekurangan di sekolah ini, saya akhiri dengan wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

 

3. Contoh Pidato Persuasif Tentang Disiplin

Berikutnya yaitu pola pidato persuasif perihal disiplin.

Biasanya pidato ini sering disampaikan di kantor dinas maupun di lembaga pendidikan.

Disiplin yaitu bahan yang cukup berat dan baku oleh alasannya itu perlu teknik tersendiri semoga seluruh pendengar mau menanamkan nilai-nilai disiplin.

 

Selamat pagi….

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Bapak ibu guru yang saya hormati dan anak-didik kami yang kami cintai sekali saya sampaikan selamat pagi. Iya sengaja saya sampaikan salah selamat pagi dengan keras semoga lebih semangat.

Anak-anak yang tidak semangat berarti tidak siap mendapatkan pelajaran hari ini. Anak-anak yang kami cintai disiplin yaitu dasar dari semua keberhasilan tanpa disiplin semua hasil tidak akan sempurna. Pagi ini saya ingin kembali menegaskan bahwa disiplin hanya sanggup ditegakkan dari diri kita sendiri bukan lantaran orang lain.

Alhamdulilah meski masih ada yang masih terus terlambat tiba sekolah namun penurunannya sudah tidak mengecewakan baik. Saya cukup besar hati kepada belum dewasa yang terus berupaya menjadi yang terbaik. Ingat belum dewasa jangan biarkan dirimu menyesal di kemudian hari lantaran tidak menanamkan nilai-nilai kedisplinan dalam setiap sendi kehidupan.

Sukses tidak tiba dengan sendirinya, hanya dengan bersikap disiplin maka semua proses akan bisa dilalui. Oleh alasannya itu belum dewasa didik kami yang berbahagia. Tunjukkan semangat jiwa muda kau untuk hidup lebih baik menjadi revolusioner kepada yang lain.

Mulai dikala ini mari tanamkan dalam jiwa dan diri semoga selalu menjalani hidup sehat dan disiplin untuk kehidupan yang lebih baik. Dalam jiwa yang disiplin akan lahir abjad dan jiwa yang kuat dan sangat berkepribadian.

Setiap kali saya berkesempatan untuk menunjukkan motivasi saya hanya menunjukkan perihal bagaimana menanamkan nilai-nilai kedisplinan dalam kehidupan. Anak-anak didik yang berbahagia mari berhenti mengikuti tren dan budaya yang tidak sesuai dengan budaya bangsa kita . Akhir kata mohon maaf atas segala kesalahan wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

 

4. Contoh Pidato Persuasif Tentang Lingkungan

Contoh berikutnya yaitu bermuatan bahan perihal lingkungan.

Pada umumnya pidato ini cocok disampaikan kepada siapa saja Karena lingkungan yaitu ciri apakah wilayah ini dihuni atau tidak.

Artinya wilayah atau suatu daerah akan terlihat dari lingkungannya.

 

Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh, para hadirin yang dirahmati dan selalu dilimpahkan kasih sayang oleh Allah SWT, semoga kelak kita termasuk golongan orang-orang yang beruntung.  Aamiin ya robbal alamin.

Dalam kesempatan ini tidak banyak yang ingin saya sampaikan  namun akan menjadi besar bila dilaksanakan dan dimaknai oleh semua hadiri yang ada disini. Sebagaimana yang telah sama –sama kita ketahui bahwa lingkungan yaitu daerah penting perkembangan dan pertumbuhan manusia. Baiknya lingkungan akan menghasilkan insan yang baik pula begitu sebaliknya.

Nah lingkungan baik itu pertama baik dalam aspek fisiknya menyerupai kebersihan dan keindahan tata letak dan lokasi yang menyehatkan akan menciptakan siapa saja berada di lingkungan tersebut akan sehat dan baik pula. Namun ada juga lingkungan psikologis dimana lingkungan yang higienis perilaku-dan norma norma yang sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan.

Buruknya dan tidak kondusifnya lingkungan akan menjadikan insan terancam dan tidak merasa nyaman berada di lingkungannya. Maka dari itu mari sama-sama kita menjaga lingkungan fisik maupun psikis yang ada disekitar kita bersama untuk menjaga keberlangsungan kehidupan insan dimasa yang akan datang.

Aksi sederhana kita terhadap kepedulian lingkungan sanggup menjadikan imbas yang besar tidak saja untuk diri sendiri namun kepada semua orang. Begitu sebaliknya sedikit saja pelanggaran yang kita lakukan untuk merusak lingkungan maka akan berdampak kepada diri dan orang lain pula.

Maka dari itu bersihkan lingkungan disekitar mari-mari sama sama menjaga kebersamaan dan ketenangan antar manusia. Itu saja yang sanggup saya sampaikan semoga kita sanggup memahami dan menerimanya sebagai sebuah isu yang harus kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

5. Contoh Pidato Persuasif Tentang Kenakalan Remaja

Sering kita dengar pidato berubah himbauan untuk mengantisipasi kenakalan remaja yang terjadi akhir-akhir ini. Pidato ini sangat menunjukkan kesan dan pesan yang amatlah penting, berikut ini ada pola teks pidato yang berkaitan dengan kenakalan remaja tersebut.

Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh muda-mudi anak remaja yang saya sayangi dan cintai. Saya cukup berbangga hati lantaran bisa hadir ditengah belum dewasa zaman now, milenial, atau sering disebut dengan generasi digital.

Ditengah gempuran perkembangan teknologi dan komunikasi banyak belum dewasa muda yang sukses dalam meniti kehidupan dan prestasi, namun dibalik itu tidak sedikit juga yang terjerembab kedalam pergaulan dan sosial yang salah dan menjerat kehidupan anak remaja.

Mudahnya berkomunikasi dengan siapa saja dikala ini menciptakan sikap belum dewasa remaja juga diatas nalar pikir orang cukup umur yang terkadang kerap menciptakan para orang renta resah. penggunaan obat terlarang dan sikap menyimpang misalnya.

Untuk itu saya mengajak para anak muda khususnya yang menghadiri program ini. Silahkan berprestasi namun tetap menjaga bataan-batasan yang telah diajarkan dalam kehidupan. Jadikan tiang agama dan norma menjadi pedoman dalam bersikap dan menjalani kehidupan semoga tidak salah jalan.

Ingat jangan sia-siakan kehidupan dikala ini lantaran akan menyesal di kemudian hari tiada guna. Tidak kata terlambat dikala ini kapan saja anda sanggup berubah menyerupai yang anda mau. Maka mari berkarya dan berpartisipasi memajukan bangsa dan negeri.

Demikian program lembaga remaja hari ini semoga sesudah ini belum dewasa remaja akan terinspirasi untuk melaksanakan hal faktual untuk memajukan bangsa dan meraih cita-cita. Demikian program sambutan saya dalam program anak muda kali ini mari kembali menjunjung kedamaian dan persahabatan tanpa ada kekerasan. Kami mendukung kreatifitas tanpa kekerasan  dan sportif salam kaum muda.

 

Kesimpulan

Demikian pola pidato persuasif yang sanggup dijadikan muatan pesan dalam memberikan pesan dan info tertentu.

Penyampaian yang tegas, lugas dan berpendirian akan menambah pesan yang faktual dan gampang diserap oleh semua pendengar.

Avatar
Kei Lho Hanya seorang penulis yang menjadikan susu hangat menjadi sebuah cerita yang bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas