keisha almahira Hanya seorang penulis yang menjadikan susu hangat menjadi sebuah cerita yang bermanfaat

10 Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Yang Baik Dan Benar

7 min read

30 Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Yang Baik Dan Benar

Contoh Surat Pengunduran Diri – Saat merasa tak tenang di tempat kerja, barangkali itu sebuah pertanda kita harus mengundurkan diri. untuk dapat pengunduran diri, kita perlu membuat surat, sehingga saat ke luar kerja kita tetap meninggalkan kesan baik kepada perusahaan.

Ada kalanya di suatu titik kalian pasti akan merasakan dengan beraneka ragam situasi persoalan yang mengharuskan kalian untuk mengundurkan diri dari tempat kalian bekerja. Tetapi itu wajar, sebab hidup itu pilihan dan dengan pilihan itulah kita akan menemukan tantangan, yang dapat meningkatkan kedewasaan dalam meningkatkan rasa tanggung jawab atas sebuah opsi yang harus dijalani.

Dalam pengunduran diri dalam bekerja, tidak berarti sebuah pilihan yang negatif, namun juga bisa menjadi suatu situasi yang sensitif, maka dari itu, dibutuhkan sebuah penyampaian yang mesti dikomunikasikan terlebih dahulu, secara tepat.

Maka dari itu kita terlebih dahulu harus mempergunakan sarana untuk penyampaian kepada pemimpin perusahaan dimana tempat kita bekerja, salah satunya memakai surat lamaran kerja. Bagaimana caranya membuat surat pengunduran diri yang baik & benar ? Seperti apa contoh surat pengunduran diri itu ? Berikut review untuk Anda.

 

Pengertian Surat Pengunduran Diri

Surat pengunduran diri merupakan surat pernyataan yang dibuat pekerja agar dapat mengundurkan diri dari pekerjaannya. Surat ini sering kali ditujukan kepada atasan pekerja di perusahaan.

Terdapat beberapa bagian utama yang perlu dicantumkan di dalam surat pengunduran diri. Komponen-komponen itu antara lain, tujuan surat, nama pengirim ( beserta informasi singkat, misalnya usia, durasi kerja, dan jabatan ) dan penyebab mengundurkan diri.

Selain bagian utama yang wajib dituliskan, setidaknya ada aturan-aturan lain waktu membuat surat pengunduran diri, yaitu ;

  • Tuliskan nama atasan yang dituju dengan awalan “Kepada Yth. ( yang terhormat )” atau “Yth.” saja tak apa-apa.
  • Sebutkan nama lengkap, identitas singkat dan padat, serta jabatan dan rentang waktu kerja. Bila perlu sebutkan juga tanggal terakhir bekerja
  • Gunakan Bahasa yang formal.
  • Jelaskan penyebab pengunduran diri dengan sopan, jelas, dan singkat. Misalnya lantaran sakit, pindah rumah. Sebagainya. Jika alasan berikut menyangkut orang lain dalam perusahaan, selayaknya tidak disebutkan.
  • Sampaikan terimakasih pada atasan dan semua bagian perusahaan, ditambahkan doa dan harapan yang lebih baik lagi.
  • Boleh diketik, tapi makin sopan jika ditulis tangan.

 

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

Struktur penulisan surat pengunduran kerja semestinya sama halnya seperti surat lamaran kerja, tetapi bedanya di dalam penulisan surat pengunduran diri akan lebih sedikit terasa berbeda, lantaran dalam penulisannya harus memperhatikan etika dan pemakaian bahasa yang baik dan benar.

Jika kamu saat ini sudah siap buat mengundurkan diri dari pekerjaan kamu, yuk langsung saja simak bagaimana cara membuat surat pengunduran diri.

Apa saja yang harus diperhatikan ketika penulisan surat pengunduran kerja ? Berikut ini ialah Format penulisan surat pengunduran diri, layaknya semacam surat resmi yang biasanya kalian buat, harus memuat pada bagian-bagian surat seperti :

  • Tgl. & Tempat pembuatan surat
  • Nama dan alamat yang dituju
  • Isi surat dengan bahasa yang baik
  • Tanda tangan
  • ( jika diperlukan ) materai

Tidak hanya dalam struktur penulisan saja, surat pengunduran diri pula memiliki berbagai syarat dan etika yang harus diperhatikan.

Berikut ini dalam penulisan harus mempertimmbangkan etika dan bahasa penulisan yang baik, kepada atasan yang akan membaca surat kita nantinya, sebagai berikut.

  • Dalam penulisan isi surat resign mesti ringan serta padat.
  • Memberikan ucapan terimakasih, untuk atasan dan juga kepada perusahaan yang sudah mengizinkan untuk bekerja diperusahaan.
  • Tidak menulis dan memperlihatkan sebuah kesan yang buruk tentang perusahaan.
  • Memberikan maksud yang jelas, tentang pengunduran diri yang anda lakukan, dengan penulisan yang positif dan jelas.
  • Sertakan kutipan tentang berbagai landasan hukum yang mendasari kamu mengajukan surat pengunduran diri. Bisa kalian ambil mengenai masa kontrak kerja atau peraturan perusahaan yang telah dibuat.
  • Apabila kalian mau, bisa mencantumkan cindra mata atau sesuatu buah tangan yang bersifat berkesan kepada manager atau pada perusahaan, sehingga mengenang atas kepergian engkau dari perusahaan.

Setelah anada sudah bisa memahami yang berkenaan dengan format serta susunan pada cara menulis surat pengunduran diri yang baik dan benar.

Sekarang anda bisa memperhatikan dan meniru contoh surat pengunduran diri sesuai dengan jenis pekerjaan, serta alasan yang digunakan.

Tips Menulis Surat Pengunduran Diri

Sebelum membuat menulis surat, perhatikan lebih dahulu format kepenulisan dan bahasa yang dipakai. Contoh surat resign diatas dapat menjadi acuan sewaktu ingin menulis surat resign.
Berikut ini ialah tips menulis surat resign yang dapat dimanfaatkan :

1. Tulislah Hal-Hal Penting Yang Tertulis

Mengetahui lebih dahulu hal apa aja yang semestinya di tulis dan hal apa yang tak harus ditulis. Seperti misalnya penggunaan kata yang sesuai, kalimat yang efektif.

See also  Cara Menanam Anggur Serta Hasil Panen Berkualitas dan Melimpah

Tidak perlu menuliskan syarat, pemberian uang pesangon & sebagainya. Menulis surat pengunduran diri dengan akurat dan sesuai etika akan membuat perhatian lebih serius dan memperoleh respon yang baik.

Jika ada hal-hal sensitif yang harus disampaikan. Lebih baik menyerahkan di waktu lainnya serta bicarakan secara empat mata.

2. Sikap Menghargai Atasan

Dalam pemakaian bahasa untuk surat pengunduran diri, gunakan bahasa yang beradab dan efektif.

Perhatikan juga kalimat-kalimat tersebut, hindari pemakaian kalimat yang menyinggung atasan.

Menggunakan bahasa yang biasa dilakukan saat berkomunikasi dengan atasan juga dibolehkan. Tetapi, tetap menjunjung tinggi rasa hormat pada atasan dan etika yang baik pada atasan.

3. Maksud Dan Tujuan Surat Jelas

Menulis dengan sederhana tetapi memperhatikan ketegasan serta kejelasan alasan dn tujuan surat. Seperti contoh surat resign diatas, cantumkan tanggal kapan tepatnya akan resign, hal ini meyakinkan ketegasan pengunduran diri. Hindari kalimat ancaman ataupun keragu-raguan supaya tujuan surat jelas.

4. Apresiasi Yang Baik Untuk Perusahaan

Tulislah kalimat penghargaan yang sederhana namun bertujuan baik. Seperti contoh surat resign diatas, menggunakan bahasa yang sederhana serta memiliki batasan. Karena berlebihan justru akan menyampaikan kesan kebohongan.

5. Cantumkan Pencapaian Apa Yang sudah Dilakukan

mencantumkan pencapaian yang telah dilakukan memberikan kesan peran penting yang telah dilakukan buat perkembangan perusahaan.

Namun, batasilah dalam mencantumkan kalimat pencapaian sehingga tidak terkesan sombong. Mencantumkan pencapaian tidaklah perlu supaya karena bisa menimbulkan ketidaknyamanan ketika membaca.

6. Gunakan Penutup Yang Santun

Langkah terakhir ketika menulis ialah penutupan surat. Kalimat penutupan harus memperhatikan kesopanan dan pemilihan kalimat yang bersahabat. Seperti memberikan harapan yang baik serta memberikan kalimat ucapan perpisahan dengan rendah hati.

7. Berikan Surat Langsung Kepada Pimpinan

Memberikan surat secara individu atau berjumpa langsung dengan pimpinan. Jangan meninggalkan surat atau mengirimkan melalui email sebab hal seperti ini tidaklah sopan serta tidak menghargai kehadiran atasan.

 

Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Baik dan Benar

Jika Anda ingin mengundurkan diri dari pekerjaan, maka hal yang cukup baik dan harus kamu lakukan merupakan membuat surat atas pengunduran dari pekerjaan, agar pengunduran dirimu dari pekerjaan lebih sopan dan terhormat, maka kamu bisa memberikan kepada atasanmu atau bos kamu melalui surat pengunduran diri.

Semoga beberapa contoh surat resign ini mampu membantu kamu ketika menuliskan pemberitahuan kepada pihak manajemen, bahwa Anda sudah tidak lagi bekerja didalam perusahaan itu.

Berikut ini contoh surat pengunduran diri yang baik & benar, yang dapat kalian buat dan jadikan ide refrensi.

 

1. Contoh Surat Pengunduran Diri Langsung ke Direktur

 

Surabaya, 30 Dec 2022

Kepada Yth.
Direktur Utama
PT. Tech Hosting Indonesia
di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                       : Susanti Andys
Tempat, tgl. lahir      : Medan, 21 Mei 1999
No. Pegawai             : D225143
Jabatan                     : Staf Billing Support
Departemen             : Billing Verification
Bekerja sejak            : 2019

Bermaksud untuk mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Tech Hosting Indonesia. Adapun alasan saya untuk mengundurkan diri adalah ingin fokus mengurus bayi saya yang baru lahir. Saya menyampaikan banayk terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak, serta segenap direksi dan karyawan PT. Tech Hosting Indonesia.

Demikianlah surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan saya, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Hormat saya,

Susanti Andys

 

2. Surat Pengunduran Diri Sederhana

Jika kamu ingin meninggalkan pekerjaan anda alangkah baiknya terlebih dahulu kamu memberikan pemberitahuan kepada pimpinan perusahaan tempat anda bekerja, agar perusahaan tempat kamu bekerja bisa mencarikan orang yang bisa menggantikan posisi kamu terlebih dahulu sebelum kamu resign kerja.

Nah, kamu dapat menggunakan surat pengunduran diri untuk pemberitahuannya, dan juga dalam pembuatan surat pengunduran kerja, kamu dapat memakai contoh surat pengunduran diri sebagai pemberitahuan resmi bahwa kamu berniat untuk keluar dari perusahaan sebagai berikut.

 

Medan, 16 Desember 2022

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Host Pride Indo Tech
Jl. Panggelang, No. 15, Medan

Dengan Hormat,

Mohon terima surat ini sebagai pemberitahuan resmi saya yang bertujuan untuk mengajukan pengunduran diri. Sesuai dengan kontrak kerja saya, saya memberikan pemberitahuan satu bulan dan akan berangkat pada tanggal [tanggal masuk].

Sementara saya benar-benar menikmati waktu saya selama bekerja di PT. Host Pride Indo Tech, saya telah memutuskan untuk melakukan langkah ini dengan tujuan memajukan karir saya. Saya ingin mengungkapkan betapa saya menghargai kesempatan yang telah berikan kepada saya selama tiga tahun terakhir, dan akan sedih untuk meninggalkan tim dan perusahaan.

Proyek saya saat ini up to date dan saya yakin saya dapat membuat serah terima proyek saya saat ini sebelum saya meninggalkan perusahaan ini.

Moohon untuk memberitahu saya jika Anda membutuhkan bantuan saya dengan cara lain.

       Hormat Saya

    [Tanda Tangan]

Tony Stark Versi Indonesia

 

3. Contoh Surat Pengunduran Diri ke Kepala Bagian/Supervisor

 

Surabaya, 30 Mei 2022

Kepada Yth.
HR Manager
PT. Hostnine Indo
di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Anggri Ananda
Tempat, tgl. lahir         : Medan, 21 Desember 1999
No. Pegawai                : A-0002
Bekerja sejak               : 2010

See also  Cara Menanam dan Merawat Bunga Anggrek di Rumah

Bermaksud mengajukan pengunduran diri dari jabatan saya sebagai Staf Server Maintenance departemen Maintenance PT. Hostnine Indo. Adapun alasan saya untuk mengundurkan diri ialah karena ingin fokus mengurus usaha yang saya mulai. Saya menyampaikan ribuan terimakasih kepada Bapak/Ibu.

Saya mohon maaf apabila selama saya bertugas saya banyak melakukan kesalahan-kesalahan, baik disengaja maupun tidak. Semoga departemen Maintenance semakin jaya dan membantu dalam memajukan perusahaan.

Demikianlah surat pengunduran diri saya. Atas perhatiannya saya mengucapkan banyak terimakasih.

Hormat saya,

Anggri Ananda

 

4. Surat Pengunduran Diri Secara Formal

Lampung, 16 September 2022

Kepada Yth,
HR Manager
PT. Tech Global Indo
Dengan Hormat,

Saya menghargai kesempatan yang telah diberikan di PT. Tech Global Indo dan bimbingan dan dukungan profesional Anda. Saya berharap Anda dan kesuksesan perusahaan di masa depan.

Nama                         : Bruce Banner
Departemen              : Digital Marketing
Jabatan                      : SEO & SEM
No Karyawan             : IQ-09982

Bermaksud mengajukan pengunduran diri dari PT. Tech Global Indo karena sakit yang telah saya derita. Surat ini saya buat dan sesuai dengan SOP pengunduran diri. Saya berharap kepada perusahaan agar dapat memahami kondisi saya, sehingga dapat memberikan hak sesuai ketentuan yang telah berlaku.

Demikian surat pengunduran diri yang saya buat dengan sebenarnya. Atas bimbingannya dan dukungan yang telah banyak diberikan kepada saya selama ini, saya mengucapkan banyak terimakasih.

   Dengan hormat

    [Tanda Tangan]

    Bruce Banner

 

5. Contoh Surat Pengunduran Diri Kepada Kepala Bagian SDM dan Umum

 

Medan, 30 Desember 2022

Kepada Yth.
Kepala Departemen SDM dan Umum
PT. Art Tech Retro
di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Doni Andreas
Tempat, tgl. lahir         : Malang, 21 Mei 1996
No. Pegawai                : A-265856
Jabatan                        : Staf Designer
Departemen                : UI/UX Designer
Bekerja sejak               : 2014

Bermaksud untuk mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Art Tech Retro. Adapun alasan saya mengundurkan diri ialah karena ingin membangun star-up sendiri. Saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak/Ibu Kepala Departemen SDM dan Umum yang telah merekrut saya menjadi bagian PT. Art Tech Retro.

Demikianlah surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan, saya ucapan mohon maaf sebesar-besarnya.

Hormat saya,

 

Doni Andreas

 

7. Contoh Surat Pengunduran Diri Secara Umum

Serang, 12 Juli 2022

Kepada Yth.
HR Manager
PT. IP High Tech
di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Arron Prayoga
Tempat, tgl. lahir          : Medan, 2 Februari 1995
Jabatan                        : SEO Spesialist
No. karyawan               : SS-226

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. IP High Tech. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena ingin memulai Starup sendiri. Saya berterimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak supervisor departemen Digital Marketing PT. IP High Tech yang selama ini telah membimbing saya. Mohon maaf apabila selama kerja, saya melakukan banyak kesalahan, baik disengaja atau tidak. Semoga PT. IP High Tech semakin maju.

Demikian pengunduran diri saya. Atas perhatian dan kemaklumannya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

 

Arron Prayoga

 

8. Contoh Surat Resign Organisasi

 

 

30 Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Yang Baik Dan Benar
Source : ilmubahasa.net

 

 

9. Contoh Surat Resign Bahasa Inggris

30 Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Yang Baik Dan Benar
Source : scribd.com

 

 

10. Contoh Surat Pengunduran Diri Bahasa Inggris

 

30 Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Yang Baik Dan Benar
Source : scribd.com

 

Pemilihan Waktu Yang Sesuai Untuk Resign

Ketika akan memberikan surat pengundururan diri baik kerja maupun organisasi, alangkah lebih baik memiliki strategi yang baik agar mudah untuk dimengerti dan dipahami.

Salah satu strategi yang baik adalah dengan pemilihan waktu yang tepat, artinya waktu yang akan digunakan untuk pengajuan surat pengunduran diri menguntungkan bagi kedua belah pihak.

1. Tugas dan kewajiban sudah selesai

Ketika anda sudah memutuskan untuk berhenti bekerja atau berorganisasi, perhatikanlah juga tugas serta kewajiban yang diberikan atasan. Meninggalkan pekerjaan dengan masih memiliki tugas akan memberikan kesan negatif dan permohonan mengundurkan diri bisa saja tidak diterima atah bahkan ditolak.

2. Perencanaan Mengundurkan Diri

Dalam mengajukan sebuah surat permohonan pengunduran diri, tentukan jauh-jauh hari kapan akan berhenti. Seperti contoh surat resign diatas, pengajuan dengan hitungan tanggal resmi berhenti memiliki waktu sekitar 1 sampai 1 setenah bulan.

Hal ini bertujuan untuk memberikan spare waktu perusahaan atau organisasi untuk mencari pengganti kekosongan posisi yang ditinggalkan.

3. Rahasiakan Pengunduran Diri Kepada Karyawan Lain

Ada baiknya apabila anda akan mengundurkan diri, berkonsultasi terlebih dahulu kepada pimpinan atau atasan atas keputusan serta alasan mengapa mengundurkan diri.

Menceritakan rencana mengundurkan diri kepada banyak pihak seperti karyawan lainnya atau anggota organisasi lainnya bisa berdampak yang sangat buruk. Biarkan pimpinan atau atasan untuk mengambil keputusan mengijinkan atau tidak atas permohonan resign tersebut.

4. Perhatikan Citra Selama Bekerja

Memperhatikan citra maksudnya ialah sikap bekerja yang dilakukan, sudah bertanggung jawab atau belum. Jika masih merasa ada yang masih kurang, perbaiki terlebih dahulu citra selama bekerja. Meninggalkan citra buruk akan berdampak negatif dimasa mendatang ketika kamu bekerja ditempat lain.

 

Avatar
keisha almahira Hanya seorang penulis yang menjadikan susu hangat menjadi sebuah cerita yang bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *