Kei Lho Hanya seorang penulis yang menjadikan susu hangat menjadi sebuah cerita yang bermanfaat

Contoh Teks Biografi Dari Berbagai Tokoh yang Dapat Dijadikan Referensi

13 min read

Contoh Teks Biografi – Biografi merupakan salah satu jenis teks yang menjelaskan tentang kehidupan seseorang secara lengkap. Pada biografi terangkum dengan jelas tentang biodata serta segala sesuatu yang berkaitan dengan hidup seseorang termasuk prestasi yang pernah dicapai.

Untuk membuat teks biografi, sebaiknya pahami terlebih dahulu contoh biografi yang baik serta benar. Sehingga nantinya teks biografi yang dihasilkan menjadi lebih sempurna dan lengkap.

Tujuan dari teks biografi merupakan menyampaikan pada pembaca tentang kehidupan seseorang secara jelas. Dalam hal ini, penulis dapat memilih bagian mana dari tokoh yang ingin disampaikan untuk para pembaca.

Biografi ini juga bisa ditulis untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Biografi untuk orang lain misalnya biografi orangtua, biografi tokoh, biografi pahlawan serta banyak lagi yang lainnya.

Pengertian Teks Biografi

Biografi merupakan karya sastra tentang riwayat hidup seorang tokoh. Teks biografi ini pada umumnya berisi tentang sejarah dan perjalanan hidup, pengalaman serta kisah sukses orang tersebut. Umumnya, tokoh yang dituliskan dalam teks biografi ialah sosok yang terkenal, sukses, patut menjadi teladan, pejuang bangsa serta menyangkut kehidupan banyak orang.

Biografi berasal dari Bahasa Yunani “Bios” serta “Grafien”, yang artinya hidup serta menulis. Biografi sendiri terbagi menjadi dua macam, yaitu biografi portrayal serta ilmiah. Akan tetapi Biografi berbeda dengan autobiografi. Teks biografi merupakan karya sastra yang ditulis oleh orang lain, sedangkan teks autobiografi merupakan karya yang ditulis oleh diri sendiri.

Biografi portrayal merupakan biografi yang menceritakan seorang tokoh, sedangkan biografi ilmiah merupakan biografi yang menceritakan seorang tokoh berdasarkan analisis serta penggunaan konsep-konsep tertentu yang membentuk suatu cerita sejarah.

Teks biografi biasanya menonjolkan kelebihan, kiprah, masalah hidup, serta pengorbanan seorang tokoh. Karya ini bertujuan agar memberikan contoh baik kepada para pembacanya. Selain itu, teks biografi ini juga membantu memperkaya wawasan pembaca serta memberikan edukasi kepada masyarakat luas mengenai tokoh yang diceritakan. Akan tetapi, para ahli tetap mempunyai pendapat yang berbeda-beda tentang teks biografi.

 

1. Mahsun

Mahsun berpendapat teks biografi ialah teks naratif yang memiliki tujuan ingin menceritakan tahapan kehidupan seseorang, yang mencakup fakta serta riwayat hidup sosok tokoh yang diceritakan. Adapun hal-hal yang perlu disampaikan dalam teks biografi, seperti masalah keistimewaan, latar belakang keluarga, identitas, riwayat organisasi, serta sesuatu yang sifatnya pencapaian maupun prestasi.

 

2. Istiqomah

Menurut Istiqomah, teks biografi merupakan riwayat hidup seseorang yang diceritakan melalui tulisan. Dalam hal ini, penulis teks biografi ialah bertindak sebagai orang ketiga. Penulis teks biografi inilah yang memiliki hak cipta atas karya yang ditulis serta tokoh yang dituliskan bertindak sebagai narasumber.

 

3. Wahono

Wahono mendefinisikan tentang teks biografi sebagai cerita yang memiliki sifat faktual. Yang artinya, teks biografi ini ditulis berdasarkan dengan fakta-fakta yang disampaikan penulis. Misalnya, kelebihan orang tersebut, prestasi yang dicapai serta ideologi.

 

Ciri-Ciri dari Teks Biografi

Ada beberapa ciri teks biografi yang harus kalian ketahui, yaitu:

  • Berisi tentang fakta dari seorang tokoh yang hendak diceritakan;
  • Teks bersifat naratif maupun bercerita;
  • Ada fakta mengenai kisah sukses dari seorang tokoh yang diceritakan, hingga dapat diambil pelajarannya;
  • Memiliki alur serta struktur yang jelas;
  • Serta keseluruhan dari teks biografi ditulis oleh orang lain.

 

Struktur Teks Biografi

Salah satu bagian penting dari merancang biografi merupakan struktur.

Struktur bisa dikatakan sebagai rujukan maupun kerangka yang bisa mempermudah kalian dalam membuat teks biografi.

Adapun struktur biografi ialah sebagai berikut:

  • Judul: layaknya jenis tulis lainnya, judul harus disematkan pada awal tulisan.
  • Orientasi: bagian yang ada di awal tulisan untuk mengenalkan maupun gambaran umum tokoh yang akan diceritakan. Bisa dibilang bagian ini merupakan latar belakang yang memuat, siapa, kapan, apa, di mana, serta mengapa.
  • Peristiwa masalah maupun penting: inti dari tulisan, berisi pengalaman tokoh yang dihadapi, bisa cerita sedih, mengharukan, heriok, serta lain-lain. Sampai si tokoh hingga sampai sekarang ini.
  • Reorientasi: penutup maupun kesimpulan. Bagian ini bisa dibuat maupun tidak.

 

10 Contoh Teks Biografi Dan Penjelasannya

Ada dua jenis biografi yaitu biografi untuk diri sendiri serta orang lain.

Agar tidak salah dalam membuat teks biografi, berikut akan dijelaskan tentang masing-masing biografi serta juga contoh biografinya :

 

1.  Biografi Tentang Diri Penulis

Biografi diri sendiri merupakan biografi yang dibuat oleh penulis untuk menceritakan tentang dirinya sendiri kepada pembaca.

Dalam hal ini, penulis akan menggunakan sudut pandang orang pertama yang menggunakan kata “aku” maupun “aku”.

Dalam membuat biografi seperti ini dapat dikatan mudah, hal ini disebabkan penulis sudah mengetahui informasi penting yang ingin disampaikan dan dituliskan kedalam Teks Biografi.

 

Contoh Biografi Yang Menceritakan Diri Sendiri :

Aku merupakan seorang laki-laki kelahiran kota Jakarta serta dilahirkan tepat pada tanggal 20 September 1994. Papa serta Mama aku memberikan aku nama Putra Shahreza. Papa aku bernama Barry Shahreza serta Mama aku bernama Cisco Ramon. Di keluarga, aku merupakan anak pertama dari 3 bersaudara. Adik aku yang pertama bernama Dani serta yang kedua bernama Doni.

Aku menempuh pendidikan di kota Jakarta sejak SD, SMP serta SMA. SD Muhammadiyah 2 Jakarta merupakan tempat dimana aku menyelesaikan pendidikan dasar. Setelah lulus, aku melanjutkan ke jenjang SMP di, SMP Negeri 11 Jakarta. Selepas SMP aku menempuh pendidikan di SMA Kartini Jakarta. Selepas SMA, aku melanjutkan kuliah di Universitas Indonesia jurusan tata boga.

Aku menempuh pendidikan dengan sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan prestasi yang selalu aku raih. Bahkan aku berhasil menjadi lulusan terbaik di tempat aku kuliah. Tentu saja ini aku lakukan untuk bisa membuat orangtua aku merasa bangga. Bagi aku belajar keras serta bekerja keras merupakan sesuatu yang harus dilakukan. Tidak ada kesuksesan yang bisa diraih tanpa adanya kerja keras.

Saat ini aku sudah berhasil membuka restoran sendiri. Hal ini merupakan impian aku sejak kecil. Aku memang suka sekali makan enak serta juga masak masakan yang enak. Bagi aku pendidikan memang sangat penting serta mewujudkan cita-cita merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan. Itulah perjalanan singkat kehidupan aku, semoga hal ini bisa menginspirasi banyak orang.

 

2. Biografi Tentang Orangtua

Contoh Teks Biografi Dari Berbagai Tokoh yang Dapat Dijadikan Referensi
Image source : freepik.com/author/lifestylememory

Biografi tentang orangtua merupakan biografi yang menceritakan tentang orangtua si penulis.

Pada biografi jenis ini, para penulis biasanya menggunakan kata “orangtua Aku”.

Penjelasan biografi orangtua biasanya menerangkan tentang kehebatan sosok orangtua di mata penulis.

Hal ini dapat ditandai dengan pemilihan kata-kata pujian yang disematkan oleh penulis.

 

Contoh Biografi Yang Menceritakan Tentang Orangtua

Aku memiliki orangtua yang bernama Papa Ambri serta Mama Ambar. Kedua orangtua Aku menikah pada tahun 1988. Dari pernikahan ini, kedua orangtua Aku hanya memiliki satu anak yaitu Aku, yang di beri nama Afrino Ferguso. Aku lahir tepat pada tanggal 11 Januari 1990. Kondisi keluarga kami sangatlah bahagia.

Papa serta Mama Aku merupakan orang yang pekerja keras. Papa Aku merupakan seorang kontraktor  yang sudah banyak membangun banyak bangunan untuk publik. Aku mengenal Papa sebagai sosok pria yang ahli dalam memimpin. Hal ini dMamaktikan dengan keberhasilannya memimpin rekan-rekan kerjanya. Papa mampu bersikap tegas serta juga mengayomi setiap bawahannya.

Tidak berbeda dengan Papa, Mama Aku juga sosok yang pekerja keras. Mama Aku merupakan seorang dokter yang membuka praktik di rumah. Mama sengaja membuka praktik di rumah agar bisa selalu mengurus keperluan keluarga. Bagi Aku Mama sangat hebat karena Mama sering membantu banyak orang yang mengalami kesulitan. Bahkan ada banyak pasien Mama yang berobat tanpa harus membayar. Hal inilah yang membuat Aku sangat kagum pada Mama.

Meskipun orangtua Aku sangat sMamak dengan pekerjaannya, mereka tetap memperhatikan Aku dengan baik. Kedua orangtua Aku tetap menyempatkan diri untuk berlMamar. Kami selalu berlMamar ke tempat-tempat yang indah. Bahkan tidak jarang kami berlMamar ke luar negeri seperti Paris, India, Jepang serta beberapa tempat lainnya. Aku merasa bersyukur memiliki kedua orangtua seperti mereka.

 

3. Contoh Biografi Tentang Pengajar / Guru

imager source : freepik.com/author/felicities

Jenis biografi yang satu ini merupakan biografi yang menjelaskan tentang guru si penulis.

Dalam hal ini si penulis sebaiknya merupakan siswa yang pernah diajari oleh guru tersebut.

Sehingga informasi yang dituliskan pada Biografi lebih akurat.

Selain itu, penulis juga harus mengumpulkan informasi yang lengkap tentang guru yang bersangkutan.

 

Contoh Biografi Yang Menceritakan Tentang Guru

Oktin Dwi Praboda merupakan  seorang  guru di SMP Suka Pintar. SMP ini merupakan sekolah yang terletak di pedalaman sumatera. Pria Kelahiran 27 Oktober 1978 ini merupakan anak sulung dari tujuh bersaudara. Sebagai anak pertama, Oktin Dwi selalu berusaha mengayomi adik-adiknya. Hal ini tampaknya berhasil dikarenakan keenam adiknya berhasil hingga menjadi orang yang sukses menggapai cita-cita masing-masing.

Oktin Dwi Praboda mendapatkan gelar sarjana dari Universitas Sumatera Utara. Ia merupakan orang yang sangat pintar. Keprihatinan Oktin Dwi akan kemajuan pendidikan anak pedalaman membuat Oktin Dwi Praboda terjun langsung untuk mendidik anak-anak yang kurang beruntung nasibnya. Di sini ia mendidik anak-anak dengan suka hati serta ikhlas.

Orang seperti Oktin Dwi merupakan contoh sosok teladan yang patut ditiru. Ia selalu membesarkan hati anak-anak siswanya. Menurut Oktin Dwi, setiap anak berhak untuk menggapai cita-cita yang diinginkan. Hal inilah yang membuat Oktin Dwi bersemangat dalam mengajar. Sosok Oktin Dwi merupakan salah satu pejuang pendidikan pada garda terdepan.

Meskipun Oktin Dwi bukan seseorang yang terkenal, namun jasanya dalam memajukan bangsa merupakan sesuatu yang patut untuk diapresiasi. Hingga saat ini, Oktin Dwi telah membimbing banyak siswa yang ada di pedalaman pulau Sumatera.

 

4. Contoh Biografi Tentang Tokoh Terkenal dan Menginspirasi

Salah satu jenis biografi yang paling sering ditemukan merupakan biografi tokoh terkenal.

Tokoh terkenal ini bisa saja berasal dari dalam negeri maupun luar negeri.

Untuk membuat suatu biografi yang membahas tentang tokoh terkenal, maka penulis harus dituntut untuk mencari informasi secara detail seputar tokoh terkenal tersebut.

Dengan demikian, informasi biografi yang diberikan akan lebih akurat dan lebih terperinci.

 

Source : gramedia.com/literasi/biografi-bj-habibie/

Contoh Biografi Yang Membahas Tentang Tokoh Terkenal B.J Habibie:

Baacharuddin Jusuf Habibie maupun lebih dikenal dengan B.J Habibie ialah tokoh yang sangat terkenal di Indonesia maupun dunia. Baacharuddin Jusuf Habibie pada tanggal 25 Juni 1936 lahir tepatnya di Pare-Pare. Tokoh yang satu ini bahkan pernah menjabat menjadi presiden Negara Kita Indonesia. Meskipun kepemimpinannya tidak lama, namun Baacharuddin Jusuf Habibie sangat berpengaruh bagi Indonesia.

Istri dari Baacharuddin Jusuf Habibie bernama Ainun Bersari. Almarhumah mendampingi Baacharuddin Jusuf Habibie dalam masa perjalanan hidupnya. Baacharuddin Jusuf Habibie dikenal bukan sebagai seorang politikus yang handal. Beliau juga dikenal sebagai bapak teknologinya Indonesia. Hail ini dikarenakan kepintaran Habibie dalam urusan teknologi terkhususnya pada teknologi pesawat terbang.

Tidak tanggung-tanggung, bahkan Baacharuddin Jusuf Habibie pernah mengenyam pendidikan di ITB maupun Institut Teknologi Bandung. Setelah itu, beliau melanjutkan pendidikannya untuk sekolah di Negara Jerman.

Pada saat di Jerman inilah banyak pihak yang merasa kagum dengan Baacharuddin Jusuf Habibie dalam urusan pembuatan pesawat terbang. Baacharuddin Jusuf Habibie sanggup memberikan semangat pada kaum muda Indonesia, jika anak-anak Indonesia sanggup bersaing dalam teknologi.

 

5. Contoh Biografi Pahlawan

Biografi pahlawan merupakan biografi yang menuliskan tentang sosok seorang pahlawan dengan jelas.

Pahlawan di sini merupakan pahlawan kemerdekaan Indonesia. Indonesia memiliki banyak sekali pahlawan kemerdekaan yang berjuang merebutkan kemerdekaan Indonesia.

Untuk dapat menulis biografi tentang pahlawan kemerdekaan ini, penulis dituntut untuk harus mengetahui sejarah tentang pahlawan tersebut.

 

Contoh Teks Biografi Yang Membahas Tentang Pahlawan Jendral Sudiman:

Jenderal Sudirman merupakan seorang pahlawan yang jasanya selalu dikenang oleh bangsa Indonesia. Lahir di Purbalingga, Jawa Tengah pada tanggal 24 Januari 1916, Jenderal Sudirman merupakan pahlawan yang bermental kuat. Ada banyak juga peperangan melawan penjajah yang di pimpin oleh Jenderal Sudirman. Bahkan untuk mengenang jasanya, ada banyak sekali yang tersebar diseluruh indonesia nama  jalan yang diberi nama Jalan Jenderal Sudirman.

Jenderal Sudirman mengenyam pendidikan pada saat masa-masa penjajahan Belanda. Sudah dari kecil Jenderal Sudirman sangat rajin beribadah dan juga belajar. Ia tidak pernah melalaikan sholat, bagi jenderal yang satu ini ibadah merupakan yang nomor satu. Jenderal Sudirman merupakan jenderal besar pertama yang dimiliki oleh Indonesia. Keberanian serta kecerdasannya dalam mengatur taktik perang membuat Jenderal Sudirman ditakuti musuh.

Jenderal Sudirman sendiri sangat terkenal dengan taktik perang gerilyanya. Bahkan taktik ini juga dipakai sebagai alat untuk membebaskan Yogyakarta pada saat terjadi agresi militer. Sayangnya Jenderal Sudirman tidak bisa lama dalam menikmati kemerdekaan Indonesia, satu bulan setelah pengakuan Belanda bahwa Indonesia telah merdeka, Jenderal Sudirman meninggal dunia. Beliau menghembuskan nafas terakhir pada 29 Januari 1950.

Jendral Sudirman meninggal di usia yang masih sangat muda yaitu pada umur 34 tahun. Meskipun usianya terbilang singkat, akan tetapi jasa Jenderal Sudirman sangat besar bagi bangsa kita Indonesia. Bahkan sampai saat ini jalur yang ditempuh oleh Jenderal Sudirman untuk gerilya telah dijadikan pusat pelatihan militer. Setiap anggota angkatan akademi militer Indonesia, diwajibkan melewati jalur ini. Kepergian jenderal Sudirman menjadi kedukaan yang sangat mendalam bagi bangsa Indonesia.

 

6. Contoh Teks Biografi Sebuah Toko

Pada dasarnya biografi juga dapat dipakai untuk menjelaskan riwayat suatu nama tempat seperti nama toko.

Biografi toko ini biasanya dibuat dengan tujuan memberitahukan kepada pembaca tentang riwayat sebuah toko.

Dalam kasus ini, penulis harus menyajikan sejarah serta kondisi tokoh buku sesuai dengan faktanya.

 

Contoh Teks Biografi Yang Membahas Tentang Suatu Toko: 

Toko buku Gramedia merupakan toko buku yang sudah tak asing lagi di telinga bangsa Indonesia. dapat dikatakan jika toko buku yang satu ini merupakan toko buku yang sangat terkenal di Indonesia. Toko buku ini mulai didirikan pada tanggal 2 Februari 1970, di kawasan Jakarta Barat. Toko buku ini awalnya juga tak hanya menjual buku saja. Ada banyak peralatan tulis menulis serta perlengkapan sekolah yang dijual di toko ini.

Dalam perkembangannya, toko buku Gramedia mengalami kemajuan yang cukup signifikan baik. Bahkan Gramedia telah menjadi salah satu toko buku yang menunjang budaya literasi di Negara Indonesia. Hadirnya Gramedia membuat bangsa sadar akan pentingnya membaca. Apalagi pada era zaman dulu masih banyak bangsa Indonesia yang buta huruf. Dengan adanya Gramedia, bangsa Indonesia sadar akan pentingnya membaca.

Banyaknya toko buku yang gulung tikar, tak berimbas pada toko buku Gramedia. Penyebab gulung tikarnya banyak toko buku di Indonesia disebabkan oleh tingkat kesadaran untuk membaca di Indonesia sangat rendah. Toko buku Gramedia mampu untuk bertahan hingga saat sekarang ini. Saat ini bahkan hampir di setiap kota besar di Indonesia mempunyai cabang toko buku Gramedia.

Sistem pengelolaan toko buku Gramedia yang mampu membuat toko ini bertahan sampai sekarang ini. Toko buku ini sangat nyaman serta koleksi bukunya juga lengkap. Kondisi yang nyaman ini banyak membuat pelanggan yang setia membeli buku di toko Gramedia ini. Walaupun minat bangsa Indonesia untuk membaca terbilang kecil, tetapi toko Gramedia tetap dapat menjual buku-buku yang berkualitas.

 

7. Contoh Teks Biografi Seorang Penulis

Teks biografi yang sangat sering dijumpai salah satunya merupakan biografi tentang penulis.

Biografi penulis ini biasanya merupakan biografi penulis sebuah buku, baik itu buku teks, buku dongeng serta buku novel.

Letak dari teks biografi ini selalu diposisikan di halaman sangat belakang sebuah buku.

Biasanya biografi ini mengulas dan membahasa singkat tentang si penulis buku tersebut.

 

Contoh Teks Biografi Yang Membahas Tentang Seorang Penulis Buku :

Tere Liye ialah merupakan penulis terkenal negara kita ini. Nama Tere Liye ini merupakan nama pena dari seorang penulis yang bernama Darwis. Tere Liye dapat dikatakan sebagai penulis sangat produktif saat ini. Pasalnya penulis yang satu ini selalu mengeluarkan karya-karya yang baru dan segar di setiap tahunnya. Tere Liye sendiri lahir di pedalaman Sumatera pada tanggal 21 Mei 1979.

Penulis novel yang satu ini merupakan penulis yang sangat tak biasa ide-ide novelnya. Hampir seluruh genre novel pernah ditulis oleh sang penulis Tere Liye. Beliau sudah menulis novel dengan berbagai tema mulai dari cinta, politik, ekonomi, agama, pendidikan serta berbagai tema lainnya. Setiap kali Tere Liye merilis sebuah novel, maka kebanyakan novel terbitannya selalu diburu oleh penikmat novel Indonesia.

Padahal jika melihat latar belakang Tere Liye, ia tak memiliki jejak penulis. Pendidikannya merupakan Ekonomi dari kampus Universitas Indonesia. Ayah serta ibu Tere Liye hanya seorang petani biasa. Namun bakat Tere Liye dalam menulis tak perlu diragukan lagi. Bahkan beberapa novel karyanya sudah dijadikan sebuah film. Beberapa karya yang di filmkan seperti Hafalan Sholat Delisa serta Bidadari-Bidadari Surga.

Hal yang semakin membuat banyak orang kagum merupakan ternyata menulis bukan pekerjaan utama seorang Tere Liye. Tere Liye merupakan seorang karyawan di sebuah perusahaan swasta di Indonesia. Menulis hanyalah sebuah hobi dari Tere Liye. Melalui tulisannya, pembaca dapat belajar banyak hal. Di novel Negeri Para Bedebah, pembaca dapat belajar tentang ekonomi serta politik dunia. Di novel Sunset Bersama Rossi, pembaca dapat belajar mengenai ketulusan cinta sejati.

Saat membaca karya-karya Tere Liye, penulis akan disajikan cerita yang tak dapat. Dari semua cerita ini pembaca akan paham apabila penulis novel yang satu ini sangat luas sekali pengetahuannya tentang dunia luar. Sekarang ini, Tere Liye sudah menulis lebih dari 30 novel. Tentu saja ini prestasi yang sangat-sangat mengagumkan.

 

8. Contoh Teks Biografi tentang Bintang Film Ternama

Kebanyakan biografi yang muncul di laman internet merupakan biografi bintang film ternama.

Hal ini sangat wajar mengingat biografi mereka biasanya sangat banyak dicari oleh penggemarnya.

Untuk membuat biografi seorang bintang film ternama dan terkenal, maka seorang penulis dituntut harus mengetahui banyak informasi mengenai bintang film tersebut.

 

Contoh Teks Biografi Tentang Bintang Film Ternama Jackie Chan

Jackie Chan merupakan aktor laga terkenal yang berasal dari Hongkong. Pria kelahiran 7 April 1954 telah dikenal dunia karena keahliannya bermain kungfu di beberapa film laga action comedy. Jackie Chan memiliki orangtua yang bernama Caharles serta Lee Lee Chan. Semasa kecil Jackie Chan merupakan anak yang sangat lincah. Jackie Chan kecil juga sangat menyukai akan sesuatu yang berbau dengan bela diri khususnya bela diri kungfu.

Aktor yang satu ini memulai karirnya dengan menjadi stuntman dari aktor Bruce Lee. Kala itu, Bruce Lee merupakan actor film yang sangat tenar. Karir Jackie Chan tak berjalan mulus pada awalnya, ia hanya menjadi Bruce Lee kedua maupun menjadi stuntman yang tak banyak diketahui orang. Meskipun jago bela diri nyatanya karir Jackie tak langsung melesat.

Karir Jackie Chan melesat dengan pesat paa saat Bruce Lee telah meninggal dunia. Perfilman Hongkong membutuhkan seorang bintang film yang memiliki keahlian berlaga yang hampir sama dengan kebanyakan dari film Bruce Lee. Tentu sebagai stuntman Bruce Lee, Jackie Chan yang sangat dapat menggantikan posisi aktor ternama ini. Walaupun pada awalnya Jackie Chan tak setenar Bruce Lee, perlahan tetapi pasti, Jackie Chan masuk ke ranah perfilman dunia.

Jackie Chan tak suka jika banyak orang yang menganggapnya sebagai Bruce Lee yang kedua. Baginya ia merupakan Jackie Chan yang pertama. Dalam hal ini Jackie Chan memang ingin sekali menjadi dirinya sendiri dalam berakting. Beliau tak ingin dianggap hanya mendompleng ketenaran Bruce Lee. Kesuksesan Jackie Chan semakin terlihat ketika ia berhasil masuk ke industry perfilman di Hollywood.

Sekarang ini Jackie Chan sudah membintangi banyak film. Hampir semua film yang dibintangi oleh Jackie Chan disukai oleh bangsa dunia. Meskipun ada banyak aktor Hongkong yang juga ada di Holywood seperti Chow Yun Fat serta Donnie Lee, tapi nama Jackie Chan tetap yang sangat terkenal.

 

9. Contoh Teks Biografi Penjahat Ternama Dunia

Teks Biografi bukan hanya tentang orang baik serta segudang prestasinya.

Teks biografi juga dapat dibuat untuk orang-orang jahat yang ada di dunia.

Biografi ini biasanya mengulas tentang latar belakang dari seorang penjahat atau kriminal yang selalu berhasil menyukseskan kejahatannya.

Teks biografi ini memiliki tujuan agar memberikan informasi lengkap tentang seorang penjahat yang meresahkan dunia.

 

Contoh Teks Biografi Tentang Penjahat Ternama Dunia:

Jesse James merupakan seorang penjahat ternama di Amerika Serikat. Beliau ialah perampok bank ternama yang sangat ditakuti serta meresahkan negara. Jasse James sendiri lahir pada tanggal  5 September 1847. Penjahat yang satu ini membentuk sebuah grup bandit yang bertujuan merampok bank serta merampok apa saja yang ingin mereka rampok.

Keberadaan grup buatan Jesse James ini tentu saja sangat meresahkan kebanyakan warga sekitar.  Apalagi James selalu saja bekerjasama dengan saudara kandungnya sendiri yang bernama Frank. Dalam melakukan aksi kejahatannya, Jesses selalu beranggapan bahwa apa yang dilakukannya merupakan benar. Kejahatan Jasses serta grupnya juga semakin menjadi-jadi. Beliau mulai merampok kereta api serta rumah-rumah orang kaya.

Dalam melakukan aksi kejahatannya, Jesse selalu saja berhasil lolos dari incaran dan kejaran polisi. Bahkan sekalipun terjadi baku tembak dengan polisi grup yang di pimpinnya ia selalu saja menang. Hal ini cukup membuat pemerintah merasa khawatir serta geram. Hingga akhirnya iapun ditetapkan sebagai buronan yang paling dicari. Walaupun sudah ditetapkan sebagai buronan, tetap saja Jasse tak berhasil ditangkap.

Pemerintah Amerika akhirnya mengeluarkan sayembara bagi siapa saja yang dapat menangkap Jesse akan diberikan hadiah sebesar 10.000 dollar. Hal ini membuat banyak sekali orang yang mengincar Jesse. Pada tanggal 3 April 1882, ia berhasil dibunuh oleh rekannya sendiri yang bernama Ford. Ford sebenarnya merupakan orang yang bergabung ke grup bandit Jesse untuk mendapatkan hadiah dari pemerintah.

Kisah hidup Jesse ini banyak sekali menginspirasi para sutradara dalam membuat alur cerita film. Sehingga ada banyak film yang dibuat serta menceritakan kisah tentang penjahat yang satu ini. Meskipun sudah tiada, tetapi hingga sekarang Jesse masih dikenang sebagai penjahat yang memang sangat berbakat untuk menjadi seorang penjahat.

 

10. Contoh Teks Biografi Ilmuan Ternama

Dunia memiliki banyak sekali ilmuan ternama yang tersebar diseluruh dunia. Ada banyak ilmuan ternama yang dikenal dunia seperti Thomas Alpha Edison, Albert Einstein, James Watt, Ibnu Sina serta masih banyak lagi yang lainnya.

Tidak sedikit juga yang mencari biografi dari ilmuan ini. Salah satu tujuan membaca biografi para ilmuan tentu saja agar dapat belajar banyak dari kisah hidup mereka.

 

Contoh Teks Biografi Tentang Ilmuan Dunia :

Ibnu Sina maupun yang juga dikenal dengan nama Avicenna merupakan seorang ilmuan yang sangat berpengaruh di dunia. Ilmuan muslim yang satu ini bahkan mendapatkan julukan sebagai bapak kedokteran dunia. Hal ini dikarenakan ada banyak penemuan yang dibuat Ibnu Sina serta sangat bermanfaat bagi dunia kedokteran. Avecinna lahir pada tahun 980 Masehi. Ini artinya Ibnu Sina hidup pada masa-masa keemasan Islam.

Ibnu Sina merupakan ilmuan yang sangat produktif. Bahkan selam hidupnya iya telah banyak membuat lebih dari 450 buku. Semua buku-buku ini merupakan harta karun yang sangat berharga bagi perkembangan ilmu pengetahuan saat ini. Bahkan pada masanya, Ibnu Sina bukan hanya seorang ilmuan biasa akan tetapi Ibnu Sina merupakan seorang dokter, filsuf serta juga penulis yang pintar. Tidak sedikit ilmuan yang telah belajar dari Ibnu Sina.

Ilmuan yang satu ini merupakan ilmuan yang ibadahnya sangat rajin. Ketika berhadapan dengan sebuah permasalahan keilmuan yang ia tak ketahui, maka Ibnu Sina akan sholat terlebih dahulu. Setelah sholat, Ibnu Sina seperti mendapatkan banyak pencerahan serta melanjutkan penelitian-penelitiannya.

Ilmuan yang satu ini juga sangat menyukai dan tertarik dengan teori metafisika dari Aristoteles. Beliau banyak menghabiskan waktu untuk memahami semua teori yang disampaikan oleh Aristoteles. Sebagai seorang filsuf, Ibnu Sina juga berusaha membuat sebuah logika-logika serta bukti-bukti bahwa tuhan itu ada. Hal ini dilakukan berdasarkan studi yang panjang serta untuk memberikan bukti pada orang yang tak percaya pada tuhan.

Ibnu Sina merupakan ilmuan yang sangat pintar serta juga sholeh. Pintar serta sholeh sudah menyatu dalam kepribadian Ibnu Sina. tak heran jika namanya masih sangat dikenang hingga sekarang. Ibnu Sina juga telah membuktikan tentang peran penting ilmuan muslim pada kemajuan peradaban dunia modern yang ada sampai saat sekarang ini.

 

Penutup Teks Biografi

Itulah tadi contoh-contoh dari biografi yang sesuai dengan ketentuannya.

Biografi merupakan sesuatu yang mampu membuat pembaca mengetahui lebih dalam tentang seseorang.

Dengan membaca biografi, pembaca dapat mengambil banyak pelajaran penting dalam hidup.

tak jarang dengan membaca biografi seseorang akan merasa terinspirasi oleh seorang tokoh.

Dalam membuat biografi yang sangat penting merupakan informasi seputar tokoh tersebut.

Jangan sampai biografi ditulis berdasarkan opini semata. Biografi harus ditulis sesuai dengan fakta yang ada.

 

Avatar
Kei Lho Hanya seorang penulis yang menjadikan susu hangat menjadi sebuah cerita yang bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas