Kei Lho Hanya seorang penulis yang menjadikan susu hangat menjadi sebuah cerita yang bermanfaat

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 60

1 min read

Kunci jawaban dari BUKU  Bahasa Indonesia Kelas 9 halaman 60 dengan Pertanyaan Identifikasi tentang apakah judul cerpen menarik orang untuk membacanya?

Apakah judul cerpen mencerminkan isi cerpen?

Pembahasan soal kali ini ialah tentang cerpen yang terdapat pada buku bahasa Indonesia kelas IX Kurikulum 2013 revisi 2018.

Pada halaman 60, BAB 3 “Menyusun Cerita Pendek” buku Bahasa Indonesia Kelas 9 yang merupakan lanjutan tugas sebelumnya

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 60

Sebelum membaca pembahasan beberapa soal di halaman 60, ada baiknya adik-adik semua membaca terlebih dahulu cerpen (cerita pendek) yang berjudul Pohon Keramat (karya Yus R. Ismail) yang terdapat pada buku paket di halaman 53 sampai 60. Lalu kemudian, adik adik membaca pembahasan berikut ini sebagai reverensi setelah mengerjakan soal!

 

Pertayaan Indentifikasi:

1. Apakah judul cerpen menarik orang untuk membacanya?

Jawab: Menurut saya, YA. Judul cerpen “Pohon Keramat” menarik orang untuk membacanya karena judul tersebut menimbulkan rasa penasaran yang tinggi tentang isi dari cerpen tersebut.

 

2. Apakah judul cerpen mencerminkan isi cerpen?

Jawab: Judul cerpen “Pohon Keramat” Sangat TIDAK mencerminkan isi dari cerpen tersebut, karena isi cerpen menceritakan tentang kehidupan penulis di lereng Gunung Beser.

 

3. Pada akhirnya, apakah yang dimaksud dengan “keramat” yang disampaikan dalam cerpen itu?

Jawab: Yang dimaksud dengan “keramat” yang disampaikan dalam cerpen itu pada akhirnya adalah tentang pepohonan yang berada di Gunung Beser yang memengaruhi kehidupan warga yang tinggal disekitarnya.

 

4. Penceritaan cerpen atau sudut pandang (point of view) cerpen ini diceritakan berdasarkan teknik apa?

Jawab: Penceritaan cerpen maupun sudut pandang (point of view) cerpen ini diceritakan berdasarkan teknik SUDUT PANDANG ORANG PERTAMA, yakni sebagai pelaku utama.

 

5. Ceritakan kembali siapa tokoh tokoh dalam cerpen Pohon Keramat.

Jawab:

Berikut ini ialah cerita mengenai tokoh-tokoh dalam cerpen Pohon Keramat.

  • Jayasakti, yang merupakan tokoh yang melawan Belanda pada zaman dahulu dan juga dianggap sebagai penghuni Gunung Beser.
  • Penduduk Kampung yang merupakan tokoh-tokoh yang digambarkan pada awalnya tak berani memasuki Gunung Beser, tetapi karena kebutuhan yang semakin mendesak akhirnya menyetujui pembukaan kaki Gunung Beser.
  • Kakek, yang merupakan tokoh yang dihormati oleh penduduk kampung, tempat bertanya, hingga dimintai pertolongan untuk mengobati orang-orang yang sakit.
  • Kang Hasim yang merupakan tokoh yang mengajar mengaji anak-anak penduduk kampung di masjid.
  • Saya merupakan tokoh cucu dari kakek sekaligus sebagai orang yang menceritakan mengenai cerita Pohon Keramat.

 

*) Disclaimer: Dari Jawaban-jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak. Sebelum melihat kunci jawaban, siswa harus terlebih dahulu menjawabnya sendiri, setelah itu barulah gunakan artikel ini untuk mengoreksi hasil pekerjaan siswa.

Semangat belajar ya adik-adik ! Simak juga kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 9 halaman 61 62, materi tentang menyimpulkan cerita pendek Pohon Keramat.

Demikianlah pembahasan kunci jawaban pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 9 IX halaman 60 tentang Ceritakan Kembali Siapa Tokoh-Tokoh dalam cerpen Pohon Keramat pada buku paket kurikulum 2013 revisi 2018. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga pembahasan soal lainnya. Terimakasih, selamat belajar!

Avatar
Kei Lho Hanya seorang penulis yang menjadikan susu hangat menjadi sebuah cerita yang bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas