Kei Lho Hanya seorang penulis yang menjadikan susu hangat menjadi sebuah cerita yang bermanfaat

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 61 sampai 62

1 min read

Dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, para siswa dituntut untuk dapat mempelajari materi tentang cerita pendek. Cerita pendek adalah sebuah karya sastra yang dalam penggambaran ceritanya, tidak menampilkan keseluruhan hidup sang tokoh utama cerita.

Berbeda halnya dengan novel, deskripsi cerita pendek dibuat lebih singkat tetapi tetap saja berusaha menyuguhkam dinamika cerita yang menarik. Untuk menguji kemampuan para siswa didalam terkait pengetahuan tentang cerita pendek, siswa dituntut harus dapat mengerjakan latihan soal. Lalu dilanjutkan

Kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 halaman 61 62 mengenai setelah kamu membaca cerpen “Pohon Keramat”, simpulkan unsur cerpen dengan mengisi kotak yang disediakan. Pembahasan soal kali ini terdapat pada sebuuah buku yang berjudul bahasa Indonesia kelas IX Kurikulum 2013 revisi 2018.

Yakni pada halaman 61 dan 62, BAB 3 “Menyusun Cerita Pendek” buku Bahasa Indonesia Kelas 9 adalah lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Apakah Judul Cerpen Menarik Orang Untuk Membacanya di halaman 60! Berikut ini ialah pembahasannya!

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 61 62

Sebelum menyimpulkan unsur dari sebuah cerpen, ada baiknya kalian baca terlebih dahulu cerpen (cerita pendek) berjudul Pohon Keramat (karya Yus R. Ismail) yang terdapat pada buku paket di halaman 53 hingga halaman 60.

Kemudian, barulah kalian baca pembahasannya berikut ini sebagai reverensi setelah mengerjakan soalnya!

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 61 62 Unsur Cerpen Pohon Keramat
image source : https://peta-hd.com/

B. Menyimpulkan Unsur-Unsur dari Cerita Pendek

Setelah kamu membaca cerpen “Pohon Keramat” hingga selesai,barulah dapat disimpulkan unsur cerpen dengan mengisi kotak yang disediakan.

*Unsur cerpen terdiri dari latar, sudut pandang penceritaan, karakter (tokoh), alur/plot/struktur.

Pembahasan:

Unsur Simpulan dan Bukti
Latar Tempat Gunung Beser
Kutipan Cerpen Di sebelah barat kampung ada gunung yang tidak begitu besar. Disebut gunung sepertinya tidak tepat karena terlalu kecil. Lebih tepatnya disebut bukit. Tapi, penduduk kampung, sejak dulu sampai sekarang menyebutnya dengan Gunung Beser.
Unsur Simpulan dan Bukti
Latar Waktu Saat penduduk Belanda
Kutipan Cerpen Saat penduduk Belanda, di kampung saya ada seorang tokoh yang melawan Belanda yang berjuang sendirian tanpa pasukan bernama Jayasakti. Tentu saja tokoh ini menjadi incar Belanda untuk ditangkap dan dipenjarakan. Jayasakti lari dari kampung ke Gunung Beser dan bersembunyi agar Belanda tidak menimpakan kemarahan kepada masyarakat kampungnya.
Unsur Simpulan dan Bukti
Latar Sudut Pandang Penceritaan Sudut pandang orang pertama (Saya)
Kutipan Cerpen Saat pendudukan Belanda di kampung saya ada seorang tokoh yang melawan Belanda yang berjuang sendirian tanpa pasukan bernama Jayasakti.
Unsur Simpulan dan Bukti
Karakter Tokoh Tokoh saya, kakek, penduduk
Kutipan Cerpen Saya merasa waktu itu Kakek adalah orang yang dihormati oleh penduduk kampung. Siapa pun akan mengangguk hormat apabila bertemu Kakek. Di sawah, saat mengontrol, air Kakek menjadi tempat bertanya apabila ada masalah. Dan Kakek adalah orang yang memutuskan apakah tikus atau berang-berang yang mulai merusak itu harus diburu segara atau tidak.
Unsur Simpulan dan Bukti
Alur/plot/struktur Orientasi, rangkaian peristiwa, kompliasi, dan resolusi
Kutipan Cerpen – Orientasi paragraf 1-3
– Rangkaian peristiwa paragraf 4-13
– Komplikasi paragraf 14-31
– Resolusi paragraf 32

 

Kegiatan 1: Mengidentifikasi Struktur Cerpen

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 61 62 Unsur Cerpen Pohon Keramat
image source : https://peta-hd.com/

Beri keterangan isi setiap paragraf dari cerpen “Pohon Keramat” untuk mendapatkan gambaran alur cerita.

 

Demikian tadi kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 9 SMP halaman 61 62 tentang setelah kamu membaca cerpen “Pohon Keramat”, simpulkan unsur cerpen dengan mengisi kotak yang disediakan pada buku Kurikulum 2013 revisi 2018. Semoga dapat membantu dan menambah semangat belajar bagi seluruh siswa. Terimakasih!

Avatar
Kei Lho Hanya seorang penulis yang menjadikan susu hangat menjadi sebuah cerita yang bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas