Kei Lho Hanya seorang penulis yang menjadikan susu hangat menjadi sebuah cerita yang bermanfaat

20 Contoh Pembukaan Pidato Lengkap untuk Berbagai Acara

5 min read

20 Contoh Pembukaan Pidato Lengkap untuk Berbagai Acara

Pembukaan Pidato – Pidato yaitu ucapan resmi yang disampaikan pada kesempatan tertentu.

Ragam pembukaan pidato disampaikan dengan penuh makna dan tujuan tersendiri.

Setiap orang mempunyai ciri khas tertentu dalam memberikan isi pidatonya.

Pembukaan juga berbeda menurut program tertentu misalkan program sambutan, perpisahan, program resmi dan yang lainnya.

Pengertian Pembukaan Pidato

Pembukaan pidato yaitu momen penting seseorang semoga didengarkan oleh pendengarnya.

Dengan kata-kata pembukaan yang menarik dan menarik sanggup menciptakan siapa saja yang mendengarkannya menjadi tertarik.

Pidato dengan kata penyampaian yang kurang sempurna sanggup menciptakan pendengarnya jenuh dan tidak mau memperhatikan.

Dibawah ini ada beberapa teladan kata pembukaan pidato yang sanggup dicontoh dan dipratekkan dalam kesempatan tertentu.

 

Contoh Pembukaan Pidato

20 Contoh Pembuka Pidato Lengkap untuk Berbagai Acara
image source : https://www.freepik.com/author/stories

Setiap orang mempunyai khas tersendiri dalam memberikan pidatonya biasanya sehabis salam dan doa para pembicara akan memberikan pidato pembuka untuk memberikan hal-hal yang berbeda.

Untuk itu berikut simak teladan masing-masing pembukaan pidato.

 

1. Pembukaan Pidato Formal

Ada beberapa abjad orang dalam membuka isi pidatonya untuk program formal biasanya ada beberapa macam cara mereka membuka pembukaan pidato yaitu:

  • Membuka dengan memuji Tuhan : Alhamdulilah, salam sejahtera untuk kita semua lantaran pada ketika ini kita masih sanggup hidup dan diberikan kenikmatan mendengar, melihat dan merasakan. Sungguh suatu karunia yang sangat besar dari ilahi yang diberikan kepada kita. Untuk itu mari kita sama-sama untuk selalu senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang mulia ini.
  • Pembukaan dengan memperkenalkan diri lebih dahulu : selamat siang salam bagi kita semua. Semoga ilahi selalu melimpahkan kasih sayangnya pada kita semua disini. Hari ini disini ijin kan saya memperkenalkan diri saya terlebih dahulu. Karena pepatah orang renta menyampaikan tak kenal maka tak sayang. Perkenalkan saya Hanung selaku perwakilan yang diutus untuk menunjukkan materi hari ini oleh yayasan.
  • Pidato dibuka dengan Pembicaraan santai : sahabat-sahabat yang saya sayangi, sebelum saya lanjutkan pembicaraan kita siang ini, ijinkan saya bertanya terlebih dahulu. Siapa yang mau jawab apa tujuan anda hadir disini? Karena semoga saya tau apakah kita berada dalam visi dan misi yang sama, atau berbeda. Baik saya akan mulai dari yang sudut sebelah kanan saya.
  • Pembukaan pidato dengan Mengungkapkan fakta : hadirin yang saya muliakan hari ini, akhir-akhir ini kita telah menyaksikan pergolakan politik dan sosial ekonomi masyarakat ketika ini sangat suram. Bencana, peperangan, saling hujat dan saling mendahului ketika ini tengah berlangsung di dalam kehidupan kita.

 

2.Contoh Pembukaan Pidato Acara Upacara Bendera

Selain resmi ada juga untuk pembukaan pidato semi formal, perbedaan penyampaian biasanya ditentukan oleh kondisi, waktu dan program tertentu hal ini semoga apa yang disampaikan sesuai dengan apa yang diperlukan pendengar dalam pidato tersebut.

  • Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, puji syukur ke hadirat allah sebagaimana hingga hari ini kita masih diberi kesehatan. Senin yang berbahagia ini impian saya kita semua sanggup terus menuntut ilmu berguru dan membelajarkan untuk kehidupan yang lebih baik.
  • Selamat pagi semangat pagi untuk kita semua. Para guru yang saya hormati para siswa-siswi yang sangat kami sayangi dan cintai. Sebagaimana yang selalu menjadi kegiatan rutin kita setiap hari senin kita melaksanakan upacara bendera sebagai bentuk motivasi semoga kita selalu ulet belajar.
  • Selamat pagi bagi kita semua. Para guru dan bawah umur murid yang kami sayangi. Mulai hari ini mari sama –sama untuk menjaga kebersihan dan ketertiban di sekolah ini. Anak-anak semua kebersihan yaitu tanda orang berpikir. Setiap orang-orang yang berpendidikan sangat wajib dan menyayangi kebersihan. Oleh lantaran ini di awal pidato pagi ini mari kita sematkan dalam diri untuk menjaga kebersihan di sekolah yang tercinta ini.
  • Selamat pagi bawah umur semoga kalian dalam keadaan sehat dan semangat untuk mengikuti sekolah hari ini. Anak-anak yang kami cintai mari berguru memotivasi diri sendiri dengan terus berguru dan menggali info dan menambah wawasan dengan banyak membaca buku.
  • Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh, para guru dan seluruh siswa yang saya hormati pagi hari ini. Alhamdulillah hari ini kita masih sanggup melaksanakan upacara bendera setiap hari senin. Semoga dengan upacara ini seluruh siswa akan terus termotivasi dan mendapat info penting dalam perkembangan pendidikan. Diharapkan siswa sanggup mengikuti proses pembelajaran kurikulum ini dengan baik dan sukses.

 

3.Pembukaan Pidato Pada Acara Peringatan Hari Pahlawan

Untuk program tertentu menyerupai ini biasanya pidato disampaikan dengan sangat baku dan tekstual hal ini semoga tujuan adanya peringatan hingga kepada seluruh orang yang mengikuti upacara tersebut adapun salah satu bentuk pembukanya adalah:

  • Hadirin sekalian, semoga kita yaitu orang yang terus mengingat sejarah bangsa yang besar ini. Mari terus bersyukur lantaran pada ketika ini kita masih diberikan kesempatan untuk memperingati hari penuh sejarah ini. Tepat 10 november 2019 ini mari kita sama-sama mengingat, merenungi dan terus melanjutkan usaha para pendekar dan pendahulu untuk membangun bangsa yang berpengaruh dan besar yaitu bangsa indonesia.
  • Assalamualaikum, selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua, yang saya hormati kepada seluruh jajaran yang telah hadir dalam upacara peringatan hari pendekar yang jatuh sempurna hari ini yaitu 10 november dimana hari pendekar yang wajib diperingati. Untuk itu sebelum saya memberikan isi pidato ini mari sama-sama panjatkan doa untuk para pendekar kita.
  • Selamat pagi untuk kita semua. Yang saya hormati para jajaran tni dan polri yang telah tertib dalam menghadiri dan mengikuti peringatan hari pahlawan. Sebagai aparatur negara sudah selayaknya mari tunjukkan teladan menjadi warga negara yang baik dan penuh dengan kebaikan.
  • Yang saya hormati seluruh kepala dinas yang berhadir hari ini, seluruh jajaran dan seluruh warga yang telah hadir di program yang penuh khitmad pagi ini. Untuk menjaga ketertiban ketika upacara ini berlangsung mari satukan tujuan dan niat kita hadir disini untuk memperingati hari pendekar yang jatuh sempurna pada tanggal 10 november hari ini.

 

4.Pembukaan Pidato Untuk Acara Perpisahan

Agar pidato lebih berkesan ada baiknya pidato sesuai dengan kondisi pada program yang sedang berlangsung.

Seperti salah satunya program perpisahan ini, ada beberapa teladan gaya pembukaan pidato program perpisahan berikut.

  • Para hadirin yang senantiasa bersyukur dan dirahmati allah, semoga ilahi selalu melimpahkan kebaikan kepada kita semua. Hari ini di hari perpisahan saya mengucapkan banyak terimakasih dikarenakan telah dianggap keluarga ditempat ini, perpisahan ini menjadi awal bahwa suatu ketika kita akan bertemu kembali.
  • Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu, hadirin seluruh kerabat dan para tamu yang hadir dalam program perpisahan ini semoga allah membalas kebaikan dikarenakan telah meringankan langkah untuk hadir disini. Saya kali ini di kesempatan yang sangat berbahagia ini memberikan salam perpisahan. Saya akan selalu mengingat setiap perlakuan baik ditempat ini. Tiada yang lebih membahagiakan dari persaudaraan dan silaturahmi yang terjalin selama ini disini. Saya mengucapkan banyak terimakasih atas segala akomodasi yang selalu saya sanggup disini.
  • Salam para sahabat selama 4 tahun saya berada disini datang ketika nya saya akan kembali meneruskan kiprah ditempat lain. Dan saya mengucapkan selamat berpisah dan memohon maaf atas segala kesalahan ynag pernah saya perbuat selama bertugas di kantor ini. Semoga persaudaraan ini akan terus terjalin walau tak lagi bersama.
  • Hadiri hadirat yang dirahmati allah. Alhamdulilah dalam kesempatan ini kita masih dipertemukan dalam keadaan yang baik. Dalam program perpisahan ini saya memberikan selamat jalan kepada bapak kepala dinas semoga mendapat daerah dan kantor yang lebih baik. Kami mengucapkan selamat jalan dan kenanglah kami disini. dimanapun anggaplah kami sebagai keluarga. Ini lah persembahan yang sanggup kami berikan kepada bapak sebagai kenang-kenangan untuk bapak.

 

5.Pembukaan Pidato Sambutan

Berikut ini beberapa teladan pidato sambutan yang sanggup dijadikan sambutan pada program tertentu.

Kata sambutan biasanya disampaikan pada program resmi berikut salah satu sambutannya.

  • Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Yang saya hormati seluruh usul dan tamu yang berkenan hadir pada program pembukaan perlombaan pekan raya ini. Saya sangat berterimakasih atas seluruh sumbangan para hadirin semua. Semoga allah membalas dengan kebaikan yang lainnya. Dalam kesempatan ini saya menunjukkan apresiasi yang sebaik-baiknya kepada seluruh penyelenggara dan seluruh akseptor di program semoga sanggup terealisasi tanpa hambatan.
  • Salam sejahtera kepada seluruh para hadirin, bersyukur kepada Allah swt dikarenakan telah melimpahkan segala kasih sayang dan keberkahan menunjukkan akomodasi terselenggaranya program yang senang ini. Tak lupa juga saya mengucapkan banyak terimakasih telah diundang untuk turut berpartisipasi dalam program yang besar ini terutama para tokoh masyarakat yang telah mendukung terselenggaranya program ini.
  • Assalamualaikumwarahmatullah wabarakatuh. Para hadirin yang terhormat dan seluruh para jamaah yang telah hadir untuk mendengarkan ceramah ustad hari ini. Saya sangat berterimakasih atas kehadiran para jemaah yang mau berpartisipasi dalam program ini. Mari sama-sama kita laksanakan dan dengarkan ceramah ustad dan guru kita hari ini.
  • Untuk seluruh hadirin dan jamah yang kami sayangi.agar tetap tertib dalam mengikuti program ini. Dan tak lupa saya juga mengucapkan yang setingginya kepada guru kita yang telah hadir memenuhi usul panitia hari ini.
  • Hadirin yang saya hormati dan sayangi salam sejahtera bagi kita semua. Semoga hari ini program ini sanggup berlangsung dengan baik tanpa hambatan yang berarti. Pada kesempatan ini saya mengucapkan terimakasih atas seluruh partisipasi.
  • Dalam program pertemuan ini saya mengucapkan yang sebesar-besarnya. Dalam rangka menuju pendidikan yang lebih baik maka program seminar ini sanggup dijadikan dasar untuk semangat dalam menulis karya ilmiah. Mari kita manfaatkan program ini untuk meningkatkan mutu pendidikan di indonesia.

 

Mengucapkan Salam Dan Doa Pada Pembukaan Pidato

20 Contoh Pembukaan Pidato Lengkap untuk Berbagai Acara
Image Source : freepik.com/author/wavebreakmedia-micro

Dalam pidato walaupun tidak mempunyai peraturan tertentu namun pidato yaitu momen memberikan suatu kata-kata yang dirangkai kepada seluruh pendengar.

Untuk pidato yang baik selalu dibuka dengan salam dan doa. Hal ini yaitu hal yang paling lazim dilakukan ketika berpidato.

Salam dan doa yaitu sebagai rangkaian rasa syukur atas segala keadaan yang diberikan kepada ilahi untuk seluruh hadirin pada program tersebut.

Sedangkan salam pada pembukaan pidato yaitu budaya dan akhlak yang selalu membuktikan bahwa kita yaitu orang beragama dan berpendidikan.

Meskipun demikian pidato harus disampaikan dengan wajah yang santun dan tegas. Gestur badan harus lezat dipandang dan menyenangkan siapa saja yang melihat.

Avatar
Kei Lho Hanya seorang penulis yang menjadikan susu hangat menjadi sebuah cerita yang bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas