Kei Lho Hanya seorang penulis yang menjadikan susu hangat menjadi sebuah cerita yang bermanfaat

Pengertian Budaya Politik dan Sejarah Perkembangannya di Indonesia

4 min read

pengertian budaya politik

Pengertian Budaya Politik – Tahukah Anda? Budaya politik merupakan bab dari kebudayaan masyarakat dalam lingkup yang lebih spesifik.

Meliputi problem pengaturan, kekuasaan, proses pembuatan  kebijakan pemerintah, dan legitimasi.

Pengertian budaya politik di Indonesia meliputi hal yang lebih luas.

Simak pembahasan berikut untuk lebih mengerti pengertian budaya politik di Indonesia.

Arti Budaya Politik

pengertian budaya politik
Image source : freepik.com/author/photoroyalty

Pengertian budaya lebih fokus kepada cara hidup yang dimiliki bersama dan berkembang dalam suatu sistem sosial yang kemudian diwariskan dari generasi ke generasi.

Budaya ini akan mensugesti tingkat pengetahuan dan meliputi gagasan atau suatu ilham yang terdapat dalam pemikiran manusia.

Berikut beberapa pengertian budaya politik yang sanggup dijadikan sebagai fatwa untuk lebih memahami secara teoritis:

 

1. Aspek Nilai Politik

Budaya politik meliputi aspek-aspek tradisional yang terdiri dari nilai-nilai yang tidak terpisahkan, termasuk pengetahuan, tahayul, watak istiadat, dan mitos.

Keseluruhan aspek nilai politik ini dikenal oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Aspek nilai budaya politik inilah yang memperlihatkan rasional untuk menolak atau mendapatkan nilai-nilai dan norma-norma lain yang berlaku.

 

2. Aspek Budaya Politik

Budaya politik sanggup dilihat dari aspek generik dan aspek doktrinnya.

Aspek generik lebih berfokus pada bab peranan, menganalisis bentuk, ciri-ciri budaya politik, menyerupai utopis, militant, tertutup atau terbuka.

Sedangkan aspek doktrinnya lebih menekankan kepada materi atau isinya menyerupai demokrasi, sosialisme, atau nasionalisme.

 

3. Hakikat Budaya Politik

Hakikat atau ciri budaya politik di Indonesia lebih menyangkut pada problem nilai-nilai politik itu sendiri, pelaksanaannya tidak berfokus pada dasar negara yang melandasi suatu pandangan hidup yang berafiliasi dengan problem tujuan.

 

4. Bentuk Budaya Politik

Bentuk budaya politik di Indonesia, lebih menyangkut kepada norma dan perilaku yaitu perilaku terbuka dan tertutup, tangkap militansi seseorang terhadap orang lain dalam pergaulan masyarakat.

Pola kepemimpinan, konformitas atau mendorong inisiatif kebebasan. Sikap terhadap mobilitas, memprioritaskan kebijakan, menekan ekonomi atau politik.

 

Pengertian Budaya Politik Menurut Para Ahli

pengertian budaya politik
image source : freepik.com/author/stories

Terdapat aneka macam andal bidang politik yang telah mengkaji pengertian budaya politik ini sendiri, sehingga tidak heran bila menemukan ada aneka macam variasi konsep perihal pengertian budaya politik di Indonesia.

Namun, bila diamati dengan seksama, semua konsep -konsep tersebut tidak mempunyai perbedaan yang besar, sehingga masih tetap dalam pemahaman yang sama.

Berikut ini merupakan pengertian budaya politik berdasarkan beberapa para ahli:

 

1. Sidney Verba

Budaya politik ialah suatu sistem kepercayaan empiric, nilai-nilai yang menegaskan suatu situasi, symbol-simbol ekspresif dimana tindakan politik itu di lakukan.

 

2. Rusadi Sumintapura

Budaya politik ialah suatu suatu contoh tingkah laris individu dan orientasinya terhadap kehidupan politik yang dihayati oleh pra anggota suatu system politik.

 

3. Alan R. Ball

Budaya politik ialah suatu susunan yang terdiri dari kepercayaan, sikap, emosi dan nilai-nilai masyarakat yang berafiliasi dengan system politik dan isi-isu politik.

 

4. Austin Ranney

Budaya politik ialah seperangkat pandangan-pandangan perihal pemerintahan dan system politik yang dipegang secara bersama-sama, sebuah contoh orientasi terhadap objek-objek politik.

 

5. Gabriel A. Almond dan G. Bingham Powell, Jr

Budaya politik berisikan keyakinan, sikap, nilai dan keterampilan yang berlaku bagi seluruh populasi, juga pola-pola khusus dan kecendrungan yang terdapat pada bagian-bagian populasi tertentu.

 

Pengertian Budaya Politik Berdasarkan Tipe-Tipenya

Negara yang mempunyai system ekonomi dan teknologi yang kompleks niscaya akan menuntut kerjasama yang lebih luas untuk memperpadukan ketrampilan dan modalnya.

Jiwa kerjasama ini sanggup diukur dari perilaku orang terhadap orang lain. Pada kondisi menyerupai ini, budaya politik mempunyai kecendrungan perilaku toleransi atau perilaku militant. Berikut pengertian kedua perilaku tersebut:

 

1. Budaya Politik Toleransi

Budaya politik dimana pemikiran berpusat pada idea tau problem yang harus dinilai, berusaha mencari konsekuensi yang wajar, dimana selalu membuka pintu untuk bekerjasama.

Sikap kritis atau terhadap ilham orang, bukan meragukan setiap tindakan orang lain.

 

2. Budaya Politik Militan

Budaya politik dimana bentuk perbedaan tidak dipandang sebagai mencari alternatif yang baik, melainkan dipandang sebagai suatu perjuangan jahat dan menentang.

Ketika terjadi krisis, maka semuanya mulai mencari kambing hitam, ketika mempunyai problem pribadi selalu sensitive dan mengkremasi emosi.

 

3. Budaya Politik Kaula

Budaya politik dimana masyarakat yang bersangkutan sudah relatif maju baik secara ekonomi maupun sosialnya.

Namun, masyarakat ini masih bersifat pasif. Mereka menyadari akan otoritas pemerintah dan secara efektif mereka sudah diarahkan kepada otoritas itu.

Didalam budaya politik kaula atau subjuk ini, masyarakat mempunyai respon-respon yang berbeda, ada yang menunjukkannya dalam bentuk rasa bangga, ada juga yang malah tidak suka.

 

4. Budaya Politik Parokial

Budaya politik dimana masyarakat mempunyai tingkat partisipasi yang sangat rendah.

Mereka tidak mempunyai perhatian sama sekali terhadap isu-isu politik yang ada, tipe masyarakat budaya politik parokhial ini umumnya, masyarakat yang membisu di pendalaman Indonesia.

 

5. Budaya Politik Partisipan

Budaya politik partisipan ini meliputi budaya politik yang disertai dengan rasa kepolitikan yang tinggi.

Artinya masyarakat bisa dan aktif dalam memperlihatkan opini dalam kegiatan-kegiatan politik, dan juga merupakan suatu bentuk budaya politik yang mempunyai pengetahuan memadai mengenai sistem politik secara umumnya.

 

 

Pengertian Budaya Politik Yang Berkembang Di Indonesia

Sistem budaya politik di Indonesia sendiri didasarkan pada gaya politik yang berkembang di Indonesia ketika ini.

Berikut ialah pembagian tipe-tipe budaya politik yang sedang berkembang di Indonesia.

 

1. Budaya Politik Tradisional

Budaya politik tradisional ini sendiri merupakan budaya politik yang memprioritaskan suatu etnis atau budaya tertentu.

Tidak mau mendapatkan perubahan dan menolak untuk membawa pembaharuan.

Seakan-akan apa yang sudah ada selalu  lebih baik dari pada yang akan datang.

 

2. Budaya Politik Islam

Budaya politik ini ialah budaya politik yang lebih mendasarkan idenya dalam bentuk keyakinan dan nilai-nilai agam islam.

Biasanya yang mempelopori atau yang mendominasi dalam budaya politik ini ialah para santri.

 

3. Budaya Politik Modern

Budaya politik modern ialah budaya politik yang sifatnya netral, tanpa berdasarkan budaya atau agama-agama tertentu.

Untuk budaya politik ini lebih tampak dikembangkan pada masa pemerintahan orde baru, yang mana bertujuan untuk menjaga kestabilitas dan keamanan serta kemajuan Negara Indonesia.

 

 

Pembagian Tipe-Tipe Budaya Politik Menurut Geertz

Tiga budaya politik yang berkembang di Indonesia, dibagi lagi menjadi tiga bab yang secara pribadi dijabarkan oleh Geertz. Berikut 3 pembagian tipe politik di Indonesia.

 

1. Budaya Politik Abangan

Budaya politik yang masyarakatnya lebih menekankan aspek kepercayaan roh-roh atau animisme, yang mensugesti kehidupan manusia.

Ciri khas dari kebudayaan politik abangan ini selalu diadakannya upacara keselamatan dalam bentuk apapun dan tujuannya untuk mengusir roh halus yang bersifat jahat.

 

2. Budaya Politik Santri

Budaya politik yang masyarakatnya lebih menekankan aspek dan nilai-nilai kebudayaan yang mengandung unsur-unsur keagamaan islam.

Ciri khas dari kebudayaan politik islam ini selalu mendasarkan setiap tindakan pada aturan-aturan islam yang berlaku.

 

3. Budaya Politik Priyayi

Budaya politik yang masyarakatnya lebih menekankan keluhuran tradisi yang diakui. Ciri khas dari budaya politik priyayi ini tampak dari sekelompok anggotanya yang dulunya berafiliasi dengan partai-partai sebagai aristocrat dan birokrat.

Pengertian budaya politik di Indonesia lebih berdasarkan kepada tipe-tipe budaya politik yang dianut. Namun, yang tampak terang ketika ini ialah budaya politik yang berkembang di Indonesia ialah budaya politik denokrasi dimana lebih mendukung terciptanya system politik yang demokratis.

Avatar
Kei Lho Hanya seorang penulis yang menjadikan susu hangat menjadi sebuah cerita yang bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas