Kei Lho Hanya seorang penulis yang menjadikan susu hangat menjadi sebuah cerita yang bermanfaat

Pengertian Dasar Negara : Menurut Para Ahli, Tujuan, Manfaat dan Pembentukan

5 min read

Pengertian Dasar Negara – Kehidupan sehari-hari tanpa kita pernah sadari telah mengaplikasikan yang namanya suatu Dasar Negara. Dasar Negara Indonesia adalah pancasila. Dimana yang bersemboyan Bhineka Tunggal Ika yang memiliki makna berbeda-beda tapi tetap satu.

Satu negara, satu bangsa dan juga satu kesatuan di negara Indonesia tercinta. Tapi, banyak yang belum tahu tentang apa itu pengertian dasar negara yang sebenarnya.

Jenjang pendidikan di Indonesia mulai dari SD hingga perguruan tinggi tinggi tak lepas dari pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Isi dari pelajaran ini ialah perihal dasar negara. Banyak manfaat dari dasar negara, untuk mengetahui lebih lanjut baca artikel ini hingga habis.

 

Pengertian Dasar Negara Secara Umum

Dasar negara ialah perilaku hidup , pandangan hidup, atau sesuatu yang tidak sanggup dibuktikan kebenarannya dan kesalahannya. Pada hakikatnya, dasar negara sanggup diartikan filsafat negara (political philosophy) yang berkedudukan sebagai sumber dari segala sumber aturan atau sumber tata tertib aturan dalam suatu negara.

Pengertian dasar Negara juga sanggup sebagai fandemen yang kokoh dan berpengaruh serta bersumber dari pandangan hidup atau falsafah. Dalam hal ini ialah cerminan dari peradaban, kebudayaan, keluhuran kebijaksanaan dan kepribadian yang tumbuh dalam sejarah perkembangan bangsa Indonesia. Dan juga diterima oleh semua golongan masyarakat.

 

Pengertian Dasar Negara : Menurut Para Ahli, Tujuan, Manfaat dan Pembentukan
Source : detik.net.id

 

 

Pengertian Dasar Negara Secara Etimologi

 

Philosophiscle grondslag ialah norma dasar yang bersifat filsafat. Pengertian berdasarkan bahasa belanda. Sedangkan ideologi dalam bahasa Indonesia memiliki makna suatu teori yang merupakan hasil dari pemikiran mendalam atau pemikiran filsafat tentang dunia dan kehidupan di dunia. Termasuk yang di dalamnya ialah bernegara.

Dengan demikian maka dijadikanlah sebagai dasar pedoman didalam mengatur dan juga memelihara kehidupan bersama dalam sebuah negara. Selain itu ada bahasa lain yaitu dari Jerman yang berbunyi Weltanschauuung yang berarti pandangan fundamental perihal suatu dunia. Sedangkan dalam bahasa inggris ialah ideology yang artinya sudah dijelaskan tadi.

 

 

Pengertian Dasar Negara Menurut Para Ahli

Dalam artian banyak pendapat, pengertian dasar negara sanggup diartikan berbeda oleh para ahli. Pengertian dasar negara berdasarkan para ahli. Simak baik-baik ya:

 

1.Karl Marx

Pengertian dasar negara ialah bahwa dasar negara merupakan suatu peringkat yang mempunyai kekuasaan dalam menjalankan eksploitasi ataupun penindasan kepada kelas yang lainnya.

 

2. George Jellinek

Dasar negara ialah merupakan sebuah organisasi dengan kekuasaan suatu kelompok orang. Dimana kelompok itu bertempat di suatu daerah atau wilayah tertentu.

 

3. J Rousseau

Menjelaskan bahwa pengertian dasar negara ialah merupakan suatu alat yang mempunyai fungsi dalam menjaga kemerdekaan setiap individu dan juga ketertiban hidup rakyat negara tersebut.

 

4. C. Wheare

Dasar negara ialah yang termasuk semua sistem tata negara yang mengandung beberapa aturan dalam menjalankan pemerintahannya.

 

5. Robert M. Mac. Iver

Dasar negara ialah merupakan bentuk asosiasi yang mempunyai tugas dalam melindungi atau menjaga ketertiban bermasyarakat sesuai dengan system aturan yang berlaku. Dan dijalankan pemerintah yang berkuasa dalam memberi suatu tekanan ataupun memaksa.

 

6. Tracy

Menurut pendapat ia bahwa dasar negara ialah merupakan sebuah jadwal yang ditujukan agar sanggup memperlihatkan perubahan di dalam tatanan kehidupan bermasyarakat dalam sebuah negara.

 

7. Aristoteles

Dasar negara berdasarkan Aristoteles ialah merupakan perpaduan Antara keluarga hingga pada beberapa desa. Yang nantinya mereka sanggup bangun sanggup bangun diatas kaki sendiri dengan tujuan yang sama yaitu kesenangan dan kehormatan mereka.

 

8. R. Djoko Soetono

Dasar negara ialah merupakan suatu organisasi insan atau kumpulan insan yang berada di bawah suatu pemerintahan sama dalam kepemimpinannya.

 

9. Roger F. Soltau

Pengertian dasar negara ialah merupakan suatu alat yang dipergunakan untuk mengendalikan segala duduk kasus dengan mengatas namakan rakyat.

 

10. Logemann

Bahwa pengertian dasar negara menurutnya ialah suatu organisasi kekuasaan yang menyatukan kelompok insan yang lalu disebut bangsa.

 

11. Prof. Mr. Soenarko

Dasar negara ialah merupakan organisasi masyarakat yang mempunyai tempat tertentu. Dimana kekuasaan negara berlaku sepenuhnya sebagai sebuah kedaulatan yang utuh.

 

 

Fungsi Dari Dasar Negara

Selain pengertian dasar negara. Kali ini juga akan dibahas tentang fungsi dari dasar suatu negara. Pada umumnya negara-negara mempergunakan dasar negara dan mempunyai fungsi sebagai berikut:

 

Dasar berdirinya dan tegaknya negara:

Pemikiran yang fundamental dari suatu bangsa yang ingin mendirikan sebuah negara ialah memikirkan dasar negara. Sehingga dari kalimat tersebut sanggup diartikan bahwa fungsi dari dasar negara ialah sebagai dasar berdirinya suatu negara. Seusai negara berdiri, dasar negara sanggup dijadikan landasan bagi pengelolaan negara tersebut.

 

Dasar dan juga sumber aturan nasional:

Seluruh kegiatan dari penyelenggaraan negara dan warga negara dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara harus di dasarkan pada aturan yang sudah berlaku. Dengan begitu, maka semua peraturan perundang-undangan yang dibuat untuk penyelenggaraan negara harus di dasarkan pada dasar negara.

 

Dasar kegiatan penyelenggaraan suatu negara:

Negara bangun dengan tujuan untuk mewujudkan keinginan suatu bangsa dibawah pimpinan para penyelenggara negara. Supaya para penyelenggara negara benar sanggup mewujudkan tujuan nasional. Mereka harus mendasarkan semua kegiatan pemerintahan pada dasar suatu negara.

 

 

Manfaat Dasar Negara Bagi Sebuah Bangsa

 

Pengertian Dasar Negara : Menurut Para Ahli, Tujuan, Manfaat dan Pembentukan
Source : kompasiana.com

 

Setiap negara di dunia ini mempunyai pemerintahan yang berbeda alasannya ialah tergantung dari pemerintahannya itu sendiri. Selain itu juga mempunyai dasar negara yang berbeda juga. setelah pengertian dasar negara telah selesai dibahas di atas. Sekarang kita akan sedikit membahas perihal manfaat dasar negara.

Manfaat dasar negara yang pertama ialah sebagai pedoman hidup serta pandangan dari semua masyarakat yang tinggal di sebuah negara. Karena dengan kita memiliki pedoman hidup didalam menjalani kehidupannya tidak akan terombang-ambing atau goyah.

Lanjut yang kedua ialah dasar negara bermanfaat untuk semua masyarakat yang tinggal akan mempunyai tujuan yang lebih terang dalam bernegara. Hal ini niscaya terjadi di setiap negara apalagi di negara Indonesia yang sudah mempertahankan keutuhan negara dengan dasar negara.

 

 

Proses Terbentuknya Dasar Negara Indonesia

 

Dalam sebuah perencanaan niscaya akan adanya masa sulit dan masa mudah. Dan semuanya sanggup terjadi berkat kehendak dari Tuhan. Inilah urutan pembentukan Dasar Negara Indonesia, Yakni :

 

1. BPUPKI

 

BPUPKI dibuat tanggal 29 April 1645 dan pelantikannya tanggal 28 Mei 1945. Dengan dibentuknya tubuh ini menimbulkan sebuah kesempatan secara legal untuk mempersiapkan kemerdekaan dengan merancang Undang-Undang Dasar yang isinya dasar negara.

 

2. Penyusunan Konsep Dasar Negara Dan UUD

 

Sidang pertama BPUPKI, dalam sidang ini berisi perihal usulan-usulan dari banyak sekali tokoh perihal dasar negara. Selanjutnya ialah dibuat Panitia Sembilan.

Dalam panitia ini risikonya sanggup merumuskan dasar negara dengan istilah yang dikenal ialah Piagam Jakarta. Setelah mendapat Piagam Jakarta lalu lanjut ke sidang BPUPKI kedua 10 hingga 16 Mei 1945.D

Didalam sidang ini dipecah dengan beberapa ketua dari tokoh persiapan kemerdekaan, yaitu. Ada yang dipimpin oleh Ir. Soekarno dan Prof. Dr. Mr. R. Soepomo. Dan ada pada tanggal 14 Juli 1945 telah diterima rancangan dasar negara yang dicantumkan dalam sebuah pembukaan Undang-Undang Dasar yang sedang disiapkan.

 

3. Penetapan Undang-Undang Dasar 1945

 

Rumusan dari dasar negara itu selanjutnya disahkan dan tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Yang isinya ialah Pancasila yang sering dibaca ketika upacara bendera di sekolah-sekolah. Selain itu PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 mengesahkan pembukaaan dan batang tubuh Undang-Undang Dasar 1945, menentukan Ir. Soekarno dan Drs. Moh Hatta sebagai presiden dan juga wakilnya.

Itulah tadi sedikit materi tentang pengertian dasar suatu negara. Kita yang hidup di negara Indonesia Tercinta. Wajib menjaga keutuhan dan kedaulatan negara kita dan berpedoman dengan Pancasila sebagai dasar negara.

 

Mengapa Negara Harus Mempunyai Dasar Negara?

Hampir seluruh negara wajib memiliki dasar negara yang digunakan sebagai pedomannya. Dasar negara ialah pedoman dan juga komponen penting supaya sebuah negara terbebas atau merdeka dari penjajahan dari negara lain.

Dikutip dari laman resmi BPIPRI (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia), setidaknya ada beberapa dampak buruk apabila sebuah negara tidak mempunyai dasar negara, berikut ini penjelasan singkatnya.

 

1. Negara Tak Mempunyai Pandangan Hidup

Nah, saat sebuah negara tak mempunyai dasar negara, maka dari itu negara tersebut bisa hancur dan terpecah belah. Hal itu disebabkan tidak adanya tujuan, visi misi, dan juga cita-cita yang ingin diwujudkan bersama didalam suatu negara. Padahal, dalam membangun sebuah negara yang berdaulat, pandangan hidup dinilai sangat amat penting sebagai keberlangsungan kehidupan berbangsa dan juga bernegara.

 

2. Negara Tidak Mempunyai Pedoman dalam Mengatur Kehidupan Bernegara

Sebagai pedoman, dasar negara menjadi pegangan atau pedoman pada tiap-tiap bangsa dalam menjalani kehidupan. Jika suatu negara tidak mempunyai dasar negara, maka akibatnya adalaah sistem pemerintahan mereka akan berantakan dan juga berujung pada kehancuran sebuah negara.

 

3. Rentan Terhadap Konflik & Perpecahan

Saat sebuah negara tidak mempunyai dasar negara, maka negaranya dinilai rentan terlibat dengan konflik. Tidak adanya nilai kehidupan yang dijadikan pegangan dan pedoman, membuat masyarakat kehilangan arah dalam menjalani kehidupan.

 

4. Sulit untuk Maju & Berkembang

Negara yang tak mempunyai sebuah dasar negara akan sangat sulit untuk maju apalagi berkembang. Tidak adanya cita-cita, visi misi, dan juga tujuan hidup berbangsa serta bernegara akan mengakibatkan suatu masyarakat dan juga pemerintah tidak mempunyai rasa percaya satu sama lain.

Jadi tidak hanya materi dalam mata pelajaran kewarganegaraan saja yang sanggup bagus. Tapi dalam kehidupan sehari alangkah baiknya kita juga harus diamalkan. Semoga bermanfaat.

Avatar
Kei Lho Hanya seorang penulis yang menjadikan susu hangat menjadi sebuah cerita yang bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas