Kei Lho Hanya seorang penulis yang menjadikan susu hangat menjadi sebuah cerita yang bermanfaat

Pengertian Evaluasi: Tujuan, Fungsi Dan Juga Tahapannya

3 min read

Pengertian Evaluasi – Kata penilaian tampaknya tidak lagi aneh untuk didengar telinga, terutama anak muda.

Dalam kehidupan sehari-hari ada banyak aktivitas yang kita laksanakan, selesai pelaksanaan aktivitas niscaya akan melaksanakan penilaian dan tentunya dalam hal ini dilakukan penilaian yang didasarkan pada prinsip pengukuran.

Namun, tidak semua orang bisa menangkap arti kata penilaian ini secara tepat.

Secara umum pengertian evaluasi, selalu diidentifikasikan dengan penilaian, lantaran proses pengukuran termasuk didalamnya.

Agar lebih memahami, simak pembahasan pengertian penilaian berikut:

Pengertian Evaluasi Secara Umum

Pengertian Evaluasi Secara Umum
Image Source : freepik.com/author/rawpixel-com

Evaluasi ialah pengukuran dan perbaikan dalam aktivitas yang dilaksanakan, menyerupai membandingkan hasil-hasil aktivitas yang dibuat. Tujuannya supaya rencana-rencana yang telah dibentuk untuk mencapai tujuan yang ditetapkan sanggup terselenggarakan.

Dapat diartikan, penilaian ialah suatu proses perbandingan dan pengukuran dari hasil simpulan pekerjaan yang dinyatakan dicapai dengan hasil-hasil yang seharusnya dicapai.

Hasil penilaian dimaksudkan untuk perencanaan kembali, dan juga berfungsi sebagai manajemen dan manajemen yang terakhir. Yaitu mengkombinasikan dan mengumpulkan data dengan standar tujuan.

 

Pengertian Evaluasi Menurut Para Ahli

Pengertian penilaian lebih gampang dilakukan cukup sulit untuk dijelaskan, lantaran ini ada banyak para jago dan pakar yang menjelaskan dengan pendapat dan pandangan yang berbeda-beda.

Berikut kumpulan pandangan beberapa para jago perihal pengertian penilaian yang benar:

 

1. Sudijono

Pengertian penilaian ialah sebuah interpretasi atau penafsiran yang bersumber pada data-data kuantitatif, berdasarkan pengertiannya sendiri kuantitatif merupakan hasil-hasil dari pengukuran.

 

2. Stufflebeam dkk

Pengertian penilaian ialah sebagai the proses of obtaining, delineating, and providing useful information for judging decision alternative.

Artinya, penilaian ialah sebuah proses, penggambaran, perolehan, dan penyedia isu yang berkhasiat dan alternatif keputusan.

 

3. Worthen and Sanders

Pengertian penilaian ialah mencari sesuatu yang berharga. Sesuatu yang berharga ini sanggup berupa suatu agenda atau informasi, produksi serta alternatif mekanisme tertentu.

Evaluasi bukalah merupakan hal gres dalam kehidupan manusia, lantaran hal tersebut senantiasa mengiringi kehidupan seseorang.

 

4. Purwanto

Pengertian evaluasi, secara garis besar, sanggup dikatakan bahwa santunan nilai terhadap kualitas tertentu.

Selain dari itu, penilaian juga sanggup dipandang sebagai proses merencanakan, memperoleh dan menyediakan isu yang dibutuhkan dalam menciptakan alternative-alternatif keputusan.

 

5. Rooijackers Ad

Pengertian penilaian sebagai suatu proses atau perjuangan dalam memilih nilai.

Secara khusus penilaian atau penilaian juga diartikan sebagai proses santunan nilai didasarkan pada data kuantitatif hasil pengukuran untuk keperluan pengambilan keputusan.

 

Pengertian Evaluasi Dalam Pendidikan

Evaluasi secara harfiah, berasal dari bahasa Inggris evaluation yang artinya suatu penilaian atau penafsiran.

Evaluasi merupakan penilaian terhadap data-data yang terkumpulkan.

Secara garis besar, pengertian penilaian dalam pendidikan ialah santunan nilai terhadap kualitas sesuatu.

Selain itu, penilaian juga dipandang sebagai proses merencanakan, memperoleh dan menyediakan isu yang sangat-sangat diperlukan.

Sehingga membentuk suatu proses penilaian yang sistematis, memilih atau menciptakan keputusan sejauh mana tujuan-tujuan pengajaran telah di capai oleh siswa.

 

Perbedaan Pengertian Evaluasi, Pengukuran Dan Penilaian

Pengertian Evaluasi, Tujuan, Fungsi, Proses, dan Tahapannya
Image Source : freepik.com/author/liravega

Meskipun dalam suatu proses yang sama. faktanya ketika komponen ini mempunyai perbedaan yang signifikan. Pengertian penilaian sendiri ialah suatu aktivitas atau proses untuk memilih nilai-nilai, kriteria atau tindakan dalam pembelajaran.

Sementara Pengukuran ialah membandingkan suatu hasil baik itu tes, dengan standar yang yang benar dan yang sudah ditetapkan. Artinya, pengukuran ini merupakan suatu aktivitas atau proses untuk memilih kuantitas sesuatu kegiatan.

Penilaian ialah suatu proses dalam mengambil keputusan dengan memakai segala isu yang diperoleh melalui hasil pengukuran. Dapat juga diartikan sebagai suatu perjuangan untuk mendapat banyak sekali isu secara menyeluruh perihal proses dan hasil perkembangan yang dicapai.

 

Tahap-Tahap Evaluasi

Pada umumnya, penilaian sendiri mempunyai tahapan-tahapan yang harus diikuti.

Walaupun tidak selalu sama, tetap saja tahapan-tahapan ini penting untuk dilaksanakan, mengingat hasil simpulan dari proses jalannya penilaian itu sendiri.

Berikut dipaparkan salah satu tahapan penilaian secara umum.

 

1. Menentukan Apa Saja Yang Akan Dievaluasi

Dalam segala aktivitas yang dilaksanakan, di bidang apapun itu hasil alhasil selalu berkaitan dengan evaluasi.

Evaluasi ini sendiri sanggup mengacu pada suatu agenda kerja atau kegiatan-kegiatan lainnya di mana terdapat aspek-aspek yang sanggup dan perlu dievaluasi.

Namun, secara umum hal yang diprioritaskan untuk di penilaian ialah hal-hal yang menjadi kunci utamanya atau key-success.

 

2. Merancang Kegiatan Evaluasi

Sebelum melaksanakan aktivitas evaluasi, atau mengevaluasi suatu aktivitas kerja, harus merancangkan terlebih dahulu, desain penilaian menyerupai apa yang akan dilaksanakan, supaya data-data apa saja yang diperlukan, tahap-tahap kerja apa saya yang dilalui, dan siapa saja yang dilibatkan, serta apa saja yang dihasilkan harus terang sebelum melaksanakan aktivitas penilaian ini.

 

3. Pengumpulan Data Evaluasi

Setelah menyiapkan rancangan aktivitas penilaian yang di perlukan.

Tahap selanjutnya ialah pengumpulan data, tahap ini sanggup dilakukan secara efisien dan efektif, yaitu sesuai kaidah-kaidah ilmiah yang berlaku dan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

 

4. Analisis Data dan Pengolahannya

Setelah tahap pengumpulan data sudah diselesaikan. Maka tahap selanjutnya ialah menganalisis data yang diterima.

Cara pengolahannya bisa berupa pengelompokan supaya lebih gampang di analisis dengan memakai alat penganalisis yang sesuai, sehingga sanggup menghasilkan fakta-fakta yang terpercaya.

Selanjutnya, hasil analisis data ini kemudian dibandingkan dengan impian atau planning awal.

 

5. Pelaporan Hasil Evaluasi

Tahapan terakhir ialah pelaporan hasil evaluasi. Agar pelaporan ini dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang berkepentingan.

Karena itulah hasil penilaian harus didokumentasikan secara tertulis supaya bisa di baca dan dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

 

Jenis-Jenis Evaluasi

Setelah memahami pengertian penilaian secara umum maupun berdasarkan para ahli, dan juga mengetahui apa saja tahapan-tahapan dalam melaksanakan evaluasi.

Maka, harus juga di perhatikan bahwa, penilaian ini sendiri mempunyai dua jenis yang berbeda.

Yakni penilaian formatif dan penilaian sumatif. Berikut pembahasan perihal kedua penilaian tersebut:

 

1. Evaluasi Formatif

Evaluasi formatif ialah suatu penilaian terhadap hasil-hasil yang telah dicapai selama dilaksanakannya suatu aktivitas atau agenda kerja.

Umumnya, waktu pelaksanaan penilaian ini dilaksanakan secara rutin perbulan atau per tahun.

Sesuai dengan keperluan isu hasil penilaian. Manfaatnya, menawarkan umpan balik kepada manajer agenda terkait kemajuan hasil yang telah dicapai serta hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi selama berlangsungnya suatu aktivitas atau agenda kerja tersebut.

 

2. Evaluasi Sumatif

Evaluasi sumatif ialah suatu penilaian terhadap hasil-hasil yang telah dicapai selama dilaksanakannya suatu aktivitas atau agenda kerja, secara keseluruhan dari awal hingga simpulan kegiatan.

Waktu pelaksanaan hasil penilaian ini sendiri diadakan pada dikala simpulan aktivitas sesuai dengan jangka waktu yang ditetapkan oleh suatu aktivitas atau agenda kerja.

Untuk agenda kerja atau aktivitas yang mempunyai jangka waktu selama enam bulan, maka penilaian sematif ini juga dilaksanakan menjelang simpulan bulan tersebut.

Untuk penilaian yang menilai dampak aktivitas atau agenda kerja tersebut, sanggup dilaksanakan sesudah projek berakhir dan diperhitungkan dampaknya sudah terlihat nyata.

Dari pengertian penilaian secara umum hingga pengertian penilaian berdasarkan parah ahli, pengertian penilaian ini sendiri sanggup diartikan sebagai suatu proses sistematis dalam membuat, memeriksa, memilih atau menyediakan isu terhadap agenda kerja atau aktivitas yang dilakukan. Dan untuk mengetahui sejauh mana sebuah agenda itu tercapai.

Avatar
Kei Lho Hanya seorang penulis yang menjadikan susu hangat menjadi sebuah cerita yang bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas