Kei Lho Hanya seorang penulis yang menjadikan susu hangat menjadi sebuah cerita yang bermanfaat

Pengertian HAM: Menuruh Para Ahli, Macam-Macam, UU dan Contohnya

4 min read

pengertian HAM

Pengertian HAM – Setiap manusia yang ada di dunia ini mempunyai hak dan kewajiban yang harus di jalankan. Pada zaman semakin berkembang maka muncullah istilah hak asasi manusia.

Pengertian HAM sanggup dibagi menjadi hak, asasi dan manusia. Hak yaitu kepunyaan atau kepemilikan. Untuk asasi sendiri mempunyai arti hal mendasar.

Jadi hak asasi manusia yaitu hal yang fundamental dan utama dan harus dimiliki oleh manusia.

Berikut ulasan perihal pengertian HAM lebih lanjut beserta banyak sekali pemahaman lainnya menyerupai banyak sekali macam HAM, undang-undang yang menaungi, referensi kasus HAM dan organisasi HAM.

 

Pengertian HAM Menurut Para Ahli

Hak asasi manusia sudah mempunyai cabang ilmu sendiri untuk mempelajarinya. Untuk itu ada beberapa pengertian HAM atau definisi dari para jago yang mengemukakan cabang ilmu perihal hak asasi manusia. Berikut ulasannya :

 

pengertian HAM
Source : freepik.com/author/stories

 

1. HAM Menurut Jhon Locke

Hak asasi manusia yaitu hak yang eksklusif di berikan Tuhan kepada manusia sebagai hak yang kodrati. Oleh lantaran itu tidak ada kekuatan di dunia ini yang sanggup mencabutnya. HAM mempunyai sifat yang fundamental dan suci.

 

2. HAM Menurut Jan Materson

Jan Materson yaitu anggota komisi HAM di PBB. Menurutnya HAM yaitu hak-hak yang ada pada setiap manusia yang tanpanya manusia tidak mungkin hidup sebagai manusia.

 

3. HAM Menurut Miriam Budiarjo

HAM yaitu hak yang dimiliki setiap orang semenjak lahir di dunia. Hak itu sifatnya universal, lantaran hak dimiliki tanpa adanya perbedaan. Baik itu ras, kelamin, budaya, suku, dan agama.

 

4. HAM Menurut Prof. Koentjoro Poerbopranoto

HAM yaitu suatu hak yang bersifat mendasar. Hak yang dimiliki manusia sesuai dengan kodratnya yang intinya tidak sanggup dipisahkan sehingga bersifat suci.

 

5. HAM Menurut Undang-Undang Nomer 39 Tahun 1999

HAM yaitu seperangkat hak yang menempel pada diri manusia sebagai mahluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Hak tersebut merupakan anugerah yang wajib di lindungi dan di hargai oleh setiap manusia.

Kesimpulan dari banyak sekali pengertian HAM diatas yaitu suatu kebutuhan fundamental yang harus dimiliki oleh manusia semenjak dirinya ada dalam kandungan.

 

Macam-Macam Hak Asasi Manusia

Setelah mempelajari banyak sekali pengertian HAM, untuk selanjutnya mengetahui macam-macam hak asasi manusia. Berikut ulasannya :

 

pengertian HAM
Source : freepik.com/author/freepik

 

1. Hak Asasi Pribadi ( Personal Human Rights )

Hak ini merupakan hak yang berafiliasi dengan kehidupan pribadi setiap orang. Contoh dari personal human rights ini yaitu kebebasan untuk memberikan pendapat; kebebasan untuk bepergian, bergerak, berpindah ke banyak sekali tempat; dan lain sebagainya.

 

2. Hak Asasi Politik ( Politic Rights )

Ini merupakan hak asasi dalam kehidupan politik seseorang. Contohnya yaitu hak untuk dipilih dan memilih; hak dalam keikutsertaan acara pemerintahan; hak dalam menciptakan petisi dan lain sebagainya.

 

3. Hak Asasi Ekonomi ( Property Rights )

Hak ini menyangkut hak individu dalam hal perekonomian. Contoh dari hak property rights yaitu kebebasan dalam hal jual-beli, perjanjian kontrak; penyelenggaraan sewa-menyewa; mempunyai sesuatu; dan mempunyai pekerjaan yang pantas.

 

4. Hak Asasi Peradilan ( Procedural Rights )

Hak dalam memperoleh perlakuan sama dalam tata cara pengadilan. Contohnya yaitu hak untuk mendapat pembelaan hukum; hak untuk mendapat perlakuan pemeriksaan, penyidikan, penangkapan, penggeledahan, da penyelidikan di muka umum.

 

5. Hak Asasi Sosial Budaya

Hak terkait dalam kehidupan masyarakat . Beberapa misalnya yaitu hak untuk menentukan, memilih, dan melaksanakan pendidikan; hak untuk mendapat pengajaran; untuk mendapat budaya yang sesuai dengan talenta dan minat.

 

6. Hak Asasi Hukum ( Legal Equality Rights )

Hak untuk mendapat kependudukan yang sama dalam aturan dan pemerintahan. Contohnya yaitu mendapat perlakuan yang sama dalam bidang aturan dan pemerintahan, menjadi pegawai sipil, proteksi dan pelayanan hukum.

 

Kasus Pelanggaran HAM Di Indonesia

Meskipun pengertian HAM sudah dijabarkan sedemikian rupa, namun pelaksanaannya masih banyak pelanggaran. Begitu pula dengan di Indonesia sendiri mempunyai banyak sekali kasus pelanggaran HAM.

Contoh kasus pelanggaran HAM di Indonesia yaitu kejadian pembantaian Rawagede tahun 1945, bencana pembantaian masal PKI tahun 1965-1966, kejadian tanjung priok tahun 1984, kejadian santa cruz pada tahun 1991 dan masih banyak lagi.

 

Undang-Undang Tentang HAM

Di Indonesia juga mempunyai undang-undang untuk mengatur perihal hak asasi manusia. Berikut penjelasannya ;

 

1. Pasal 28 A Mengatur Tentang Hak Hidup

Pasal ini mengatur perihal setiap orang berhak untuk mempertahankan untuk hidup dan kehidupannya.

 

2. Pasal 28 B Mengatur Tentang Hak Berkeluarga

Pasal 28 A ayat 1 setiap orang berhak untuk membentuk keluarga dan melanjutkan keturunan lewat perkawinan yang sah. Sedangkan pasal 28 A ayat 2 setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang serta berhak atas proteksi berasal dari kekerasan dan diskriminasi.

 

3. Pasal 28 C Mengatur Tentang Hak Memperoleh Pendidikan

Pasal 28 C ayat 1 berisi perihal menyebarkan diri lewat pemenuhan keperluan dasar, berhak mendapat pendidikan, dan mendapat fungsi berasal dari ilmu-ilmu dan teknologi, seni dan budaya, demi menambah mutu hidup dan kesejahteraan.

Untuk pasal 28 C ayat 2 berisi perihal memajukan diri individu untuk memperjuangkan hak secara kolektif untuk membangun masyarakat, bangsa dan negara.

 

4. Pasal 28 D Mengatur Tentang Kebebasan Beragama

Pasal 28 D ayat 1 berisi perihal setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum, yang adil di hadapan hukum. Sedangkan pasal 28 D ayat 2 berhak atas kebebasan bekerja serta mendapat imbalan dan perlakuan yang adil dan layak dalam jalinan kerja.

Pasal 28 D ayat 3 berisi setiap warga negara berhak mendapat kesempatan yang serupa dalam pemerintahan.  Untuk ayat 4 berisi perihal setiap orang berhak atas status kewarganegaraan.

 

5. Pasal 28 E Mengatur Tentang Kebebasan Beragama

Pasal 28 E ayat 1 setiap orang bebas memeluk agama dan beribadat berdasarkan agama , menentukan pendidikan dan pengajaran, pekerjaan,  tempat tinggal, dan pergi dari negaranya kemudian kembali.

 

6. Pasal 28 F Mengatur Tentang Komunikasi Dan Informasi

Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan mendapat gosip untuk menyebarkan diri dan lingkungan sosial. Begitu pula dengan mencari, mengolah, menyimpan, memiliki, dan memperlihatkan gosip dengan memanfaatkan segala teknologi yang tersedia.

 

7. Pasal 28 G Mengatur Tentang Kesejahteraan Dan Jaminan Sosial

Pada pasal 28 G yang mengatur perihal kesejahteraan dan jaminan sosial ini terbagi menjadi beberapa pasal:

    • Ayat 1. Untuk Ayat 1 mengatur perihal setiap individu berhak hidup sejahtera, mempunyai kawasan tinggal, dan mendapat lingkungan yang baik serta berhak mendapat pelayanan kesehatan.
    • Ayat 2. Untuk Ayat 2 mengatur perihal mendapat akomodasi dan perlakuan tertentu untuk mendapat kesempatan da fungsi yang sama dan adil.
    • Ayat 3. Untuk Ayat 3 mengatur perihal berhak atas jaminan sosial untuk sanggup menyebarkan diri sebagai manusia yang bermartabat.
    • Ayat 4.  Untuk Ayat 4 mengatur perihal hak milik privat dan hak milik selanjutnya dihentikan diambil alih secara wewenang oleh siapapun.

 

Sebenarnya masih banyak lagi pasal yang mengatur perihal hak asasi manusia. Untuk mengetahui lebih lengkap sanggup mendapat gosip dari banyak sekali referensi menyerupai buku atau media elektronik. Untuk menegakkan pengertian HAM sendiri membutuhkan banyak sekali pihak untuk melakukannya.

 

Organisasi Hak Asasi Manusia Dari Berbagai Penjuru Dunia

Dari sekian banyak problem perihal pelanggaran HAM maka muncullah organisasi yang fungsinya sebagai wadah untuk masyarakat dalam menuntaskan problem HAM dan memperjuangkan setiap hak manusia di muka bumi. Karena sebagai wadah organisasi yaitu ujung tombak dari setiap permasalahan yang ada.

Contoh organisasi yang ada di banyak sekali penjuru dunia diantaranya yaitu The Insitute For Migrant Rights, Amnesty Internasional, ARTICLE 19, Justice For The world, Olimpic Watch : Hak Asasi Manusia Di Tiongkok Dan Bejing 2008, dan lain sebagainya.

Avatar
Kei Lho Hanya seorang penulis yang menjadikan susu hangat menjadi sebuah cerita yang bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas