keisha almahira Hanya seorang penulis yang menjadikan susu hangat menjadi sebuah cerita yang bermanfaat

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli dan Ruang Lingkupnya

7 min read

Pengertian Ilmu Ekonomi – Ekonomi merupakan suatu ilmu yang berafiliasi dengan kegiatan insan dalam memenuhi kebutuhannya.

Ada beberapa definisi atau pengertian ilmu ekonomi dari banyak sekali sumber baik secara umum maupun berdasarkan para ahli.

Berikut beberapa pengertian ilmu ekonomi yang sanggup diketahui.

 

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut KBBI dan Wikipedia

Definisi atau pengertian ilmu ekonomi secara umum memang sanggup diketahui dan dijumpai dalam KBBI dan Wikipedia Ensiklopedia Indonesia. Untuk diketahui, KBBI yakni Kamus Besar Bahasa Indonesia. Berikut pengertian ilmu ekonomi berdasarkan 2 sumber tersebut.

 

1. Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian ilmu ekonomi berdasarkan KBBI yakni sebuah cabang ilmu yang merujuk pada banyak sekali asas –asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang atau kekayaan.

Kekayaan yang dimaksud disini yakni termasuk uang, perindustrian maupun kegiatan perdagangan. Serta meliputi hal- hal mengenai pemanfaatan uang, tenaga, waktu, dan sebagainya yang berharga.

Menurut KBBI, ilmu ekonomi juga berafiliasi dengan tata kehidupan perekonomian suatu negara. Maksud dari perekonomian disini meliputi semua tindakan menyerupai aturan dan cara untuk menjalankan perjuangan berekonomi (perdagangan dan perindustrian).

Selain itu ilmu ekonomi juga berarti urusan keuangan rumah tangga. Rumah tangga yang dimaksud menyerupai organisasi atau Negara.

 

2. Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Wikipedia

Pengertian Ilmu ekonomi berdasarkan Wikipedia yakni ilmu yang mempelajari acara sikap insan (sosial) yaitu kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa.

Istilah ekonomi berasal dari kata “oikos” yang berarti keluarga atau rumah tangga. Dan “nomos” yang berarti peraturan, aturan dan hukum.Jadi secara garis besar sanggup diartikan sebagai aturan atau administrasi rumah tangga.

Ilmu ekonomi juga sanggup diartikan ilmu yang mempelajari sikap insan dalam perjuangan untuk membuat kemakmuran. Dalam menentukan dan membuat kemakmuran, insan akan melaksanakan acara ekonomi menyerupai produksi, distribusi maupun konsumsi.

Dalam hal ini memunculkan problem ekonomi yaitu ketidakseimbangan kebutuhan insan yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang makin terbatas.

 

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Sejumlah Pakar atau Para Ahli

Selain secara umum, pengertian ilmu ekonomi juga sanggup ditilik melalui pendapat para ahli. Para pakar dan hebat ini berasal dari luar negeri maupun Indonesia. Berikut ulasannya.

 

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Sejumlah Pakar atau Para Ahli
Source : freepik.com/author/rawpixel-com

 

1. Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Aristoteles

Menurut Aristoteles ilmu ekonomi sanggup diartikan sebagai sebuah cabang ilmu kajian yang sanggup digunakan melalui 2 cara jalan. Dua jalan yang dimaksud disini yakni yang pertama dengan cara menggunakan segala hal yang mendekati kemungkinannya untuk dipakai.

Kedua yakni dengan cara menggunakan segala hal yang  kemungkinan sanggup ditukarkan dengan barang. Kaprikornus dari sinilah ekonomi menyebabkan munculnya nilai pemakaian dan nilai pertukaran.

 

2. Menurut Adam Smith

Perlu diketahui Adam Smith yakni seorang tokoh filsuf politik ekonomi sekaligus penggagas sistem ekonomi kapitalise pada kala 18 dan 19. Dirinya populer dengan salah satu teori yaitu teori keunggulan mutlak.Menurutnya ekonomi berafiliasi dengan suatu penyelidikan wacana kondisi dan alasannya adanya kekayaan Negara.

Adam smith menjabarkan bahwa pengertian ilmu ekonomi yakni ilmu yang secara sistematis mempelajari wacana seluk beluk tingkah laris manusia. Tingkah laris insan disini merujuk pada usahanya untuk mengalokasikan sumber daya terbatas dan tak terbatas untuk mencapai tujuan tertentu dalam kehidupannya.

 

3. Menurut Abraham Maslow

Abraham Maslow yakni seorang psikolog dan inspirator dalam hal teori kepribadian,identitas serta softskill. Beliau beropini bahwa ilmu ekonomi yakni sebuah bidang ilmu yang berkhasiat untuk menuntaskan permasalahan kehidupan manusia.

Permasalahan disini tentunya melibatkan problem perekonomian dengan menerapkan sumber perekonomian yang ada sesuai prinsip dan teori yang efektif dan efisien.

 

4. Menurut Paul Anthony Samuelson

Menurutnya ilmu ekonomi yakni ilmu yang mempelajari cara-cara yang digunakan oleh masyarakat dalam upaya untuk mengoptimalkan pemanfaatan banyak sekali sumber terbatas.

See also  Teks Eksplanasi: Pengertian, Tujuan, Struktur, Ciri-ciri & Contohnya

Sumber terbatas ini akan digunakan untuk menghasilkan banyak produk dan komoditi. Produk komoditi tersebut akan dipasarkan dengan cara didistribusikan kepada seluruh lapisan masyarakat.

Dengan begitu insan akan berpeluang untuk mendapat banyak laba yang sebesar-besarnya dengan menggunakan modal yang kecil.Intinya ilmu ekonomi sanggup dikatakan sebuah studi wacana insan dalam kegiatannya sehari-hari dalam rangka untuk mendapat dan menikmati kehidupan.

 

5. Menurut John Stuart Mill

John Stuart Mill yakni seorang filsuf empiris yang populer di Negara Inggris. Berjasa dalam melaksanakan reformasi utilitarianisme sosial Inggris. John mills yakni anak dari seorang akademisi dan sejarawan berjulukan James Mill.

Secara umum John Mill beropini bahwa ilmu ekonomi yakni sebuah cabang ilmu simpel atau sains praktikal yang mempelajari wacana seluk beluk penagihan dan pengeluaran. Ekonomi menurutnya juga wacana kegiatan produksi dan distribusi kekayaan.

 

6. Menurut M. Manullang

Ilmu ekonomi menurutnya yakni suatu studi atau ilmu pengetahuan yang mempelajari seluruh hal di dalam masyarakat demi usahanya untuk meraih kemakmuran.

Kemakmuran disini yakni keadaan dimana setiap orang akan sanggup memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari. Kebutuhan yang dimaksud sanggup berupa barang dan jasa.

 

7. Menurut Amwal

Menurut Amwal ilmu ekonomi merupakan suatu cabang ilmu yang mempelajari wacana bagaimana menentukan sebuah keputusan yang efektif.

Keputusan efektif ini diambil guna mengelola sumber daya yang sudah tersedia. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka untuk pemenuhan kebutuhan individu atau masyarakat.

 

8. Menurut Suherman Rosyidi

Pengertian ilmu ekonomi menurutnya merupakan salah satu cabang studi atau ilmu pengetahuan yang berupaya dengan sungguh sungguh memperlihatkan pengetahuan.

Pengetahuan yang dimaksud yakni yang berafiliasi dengan gejala-gejala yang timbul di lingkungan masyarakat. Gejala ini muncul lantaran akhir sejumlah perbuatan manusia.

Maksudnya Perbuatan insan disini berupa perjuangan usaha mereka dalam rangka memenuhi kebutuhan. Atau dengan kata lain cara demi pencapaian kemakmuran hidup manusia.

 

9. Menurut Khursid Ahmad

Menurut Khursid Ahmad ilmu ekonomi yakni hal hal yang berafiliasi dengan sejumlah upaya untuk memahami setiap permasalahan ekonomi dengan sikap manusia. Berikut relasi keduanya namun melalui sudut pandang aliran agama islam.

 

10. Menurut Louis Cantori

Sedikit ada kemiripan pendapat dengan Khursid Ahmad yang menyidik ilmu ekonomi berdasarkan sudut pandang islam.Menurut Louis Cantori ilmu ekonomi merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang didasari atas segi islami. Yaitu mengenai problem yang menjamin berputarnya nilai dari harta yang dimiliki oleh setiap manusia.

Hingga mencapai suatu titik dimana insan tersebut akan memaksimalkan seluruh fungsi hidupnya hanya sebagai hamba Allah sang Pencipta. Yang mana akan dipergunakan untuk mencapai falah (Kesejahteraan ) di dunia maupun di alam abadi nanti.

 

11. Menurut Hermawan Kertajaya

Hermawan Kertajaya yakni salah satu tokoh pakar pemasaran yang berasal dari Indonesia namun sudah dikenal di mata dunia. Dulu pernah menempuh pendidikan di Institut Teknologi Surabaya (ITS) namun tidak hingga selesai.

Meskipun begitu oleh ITS malah diberikan gelar Honoris Causa atas pengabdian ilmunya dalam sektor ekonomi dan pemasaran level dunia.

Pengertian ilmu Ekonomi menurutnya yakni sebuah wadah. Yang didalamnya terdapat banyak sekali sektor sektor industri yang telah melekat.

 

12. Menurut Gregory Mankiw

Menurutnya ilmu ekonomi yakni sebuah studi atau cabang ilmu pengetahuan yang menjelaskan wacana bagaimana cara masyarakat dalam mengelola sumber sumber daya langka.

 

13. Menurut Penson

Pengertian ilmu ekonomi yang terakhir yaitu berdasarkan Penson.  Penson beropini bahwa ilmu ekonomi yaitu sebuah ilmu yang selalu mengkaji mengenai kesejahteraan material pada setiap diri manusia. Kesejahteraan material disini yakni sanggup berupa benda (produk) maupun jasa.

 

Cabang-Cabang Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi sebagai ilmu yang mempelajari beraneka ragam kegiatan manusia dalam rangka memenuhi segala kebutuhan hidupnya. Dalam rangka mencapai kemakmuran dan kesejateraan ini manusia kemudian akan melakukan aktivitas ekonomi seperti konsumsi, produksi, dan distribusi.

Hal ini kemudian akan menimbulkan berbagai masalah ekonomi yaitu tidak seimbangnya suatu kebutuhan manusia yang tak terbatas dengan jumlah barang ataupun produksi yang kian terbatas. Berikut ini ialah beberapa pembagian jenis ilmu ekonomi yang perlu kamu ketahui:

 

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Sejumlah Pakar atau Para Ahli
Source : freepik.com/author/pch-vector

 

1. Ilmu Ekonomi Terapan

Ilmu ekonomi terapan adalah bidang ilmu ekonomi yang mengaplikasikan sebuah teori serta prinsip ekonomi dalam situasi riil untuk memprediksi kemungkinan hasil yang berfokus pada suatu pemanfaatan ilmu ekonomi secara praktis, khususnya untuk individu dalam pengambilan keputusan, kebijakan, pedoman, atau standar tertentu dengan tujuan mengatasi masalah yang terjadi.

Ilmu ekonomi ini seringnya menggunakan studi kasus dan juga statistic. Contohnya ialah dalam lingkup perusahaan, ekonomi moneter, dan juga perbankan.

 

2. Ilmu Ekonomi Deskriptif

Ilmu ekonomi deskriptif ialah sebagai ilmu ekonomi yang menggambarkan bagaimana keadaan perekonomian pada masyarakat saat itu. Ekonomi deskriptif sendiri memaparkan data-data dari beragam fakta dan juga fenomena yang terjadi. Ilmu ekonomi deskriptip mengkaji berbagai gambaran, dan juga kondisi perekonomian. Data yang terkumpul bersifat variatif bisa berupa angka, grafik, kurva, atau bentuk penyajian lainnya

See also  Tari Seudati – Sejarah, Gerakan, Pakaian, & Perkembangan

Di Indonesia ilmu ekonomi Deskriptif ini kemudian digunakan oleh sebuah BPS (Badan Pusat Statistik) dalam memberikan suatu gambaran mengenai kondisi ekonomi Indonesia baik secara makro maupun mikro. Penerapan ilmu ekonomi desktiptif juga pernah digunakan saat membedah krisis moneter yang pernah terjadi di Indonesia pada tahun 1998 lalu.

 

3. Ilmu Ekonomi Makro

Ilmu ekonomi makro ialah ilmu ekonomi yang berfokus kepada beranekaragam kegiatan yang berhubungan secara langsung dengan ekonomi, tujuannya tentu saja agar mencapai sasaran makro yaitu menjaga stabilnya harga dan juga keseimbangan perdagangan internasional, ekonomi makro juga bertujuan mencapai full employment, memeratakan distribusi pendapatan, serta menjaga stabilitas dalam hal nilai tukar.

Hal-hal yang dikaji oleh ekonomi makro sendiri dimulai dari angka pengangguran, gaji, hingga sampai kasus inflasi yang kemudian akan menyebabkan peningkatan harga pasar secara terus-menerus.

 

4. Ilmu Ekonomi Mikro

Ilmu ekonomi mikro adalah ilmu ekonomi yang mempelajari hal-hal yang terbatas pada suatu kegiatan ekonomi saja. Mencakup diantaranya mulai dari Harga dasar hingga harga tertinggi yang perlu ditetapkan demi dapat menjaga keseimbangan antara permintaan dan penawaran.

Sebab jika terjadi monopolistik pada pasar kemudian akan mempersempit peluang bisnis para pemain baru, sehingga semangat kewirausahaan masyarakat pun juga menurun.

 

5. Ilmu Ekonomi Publik

Ilmu ekonomi publik memperkenalkan sebuah fungsi dari pemerintah dalam hal perekonomian.

Contohnya dapat dimulai dari pajak, retribusi, anggaran pemerintah, hingga sampai pembahasan pada utang negara.

Ilmu ekonomi public biasanya didominasi oleh para pejabat pemerintahan dan juga pengamat ekonomi global. sebab keterlibatannya yang secara langsung di dalamnya.

 

6. Ilmu Ekonomi Moneter

Ilmu Ekonomi Moneter ini turut membantu dalam penerapan kebijakan moneter pada suatu negara. Ilmu ini mempelajari suatu kebijakan yang biasa dikeluarkan pemerintah dalam mengatur kestabilan keuangan sebuah Negara.

Ilmu Ekonomi Moneter juga mempelajari tentang uang, perbankan, dan juga berbagai lembaga keuangan lainnya. Aspek yang dipelajari mulai dari inflasi hingga jumlah uang yang beredar, dan juga tingkat suku bunga bank.

 

7. Ilmu Ekonomi Sumber Daya Manusia

Ilmu ekonomi Sumber Daya Manusia (SDM) adalah ilmu ekonomi yang mempelajari tentang sebuah faktor produksi tenaga kerja, mulai dari kesempatan kerja, kualitas tenaga kerja, hingga penentuan upah.

Ruang lingkupnya dimulai dari dinamika kependudukan, ketenagakerjaan, struktur ketenagakerjaan, sektor informal-formal, transisi kependudukan, mobilitas hingga migrasi penduduk, permintaan dan penawaran tenaga kerja, pekerja anak, perencanaan tenaga kerja serta penduduk sampai pembangunan ekonomi.

 

8. Ilmu Ekonomi Internasional

Ilmu ekonomi internasional merupakan ilmu ekonomi yang mempelajari terjadinya suatu kegiatan ekonomi antar negara, misalnya pada World Trade Organization (WTO); International Monetary Fund (IMF); sampai United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD).

Ilmu ini juga memiliki peran sangat penting dalam sebuah siklus bisnis internasional. Selain itu, teori dari ekonomi internasional ini sendiri semakin maju dan juga berkembang.

Hal-hal penting yang harus dipelajari dalam ekonomi internasional mulai dari perdagangan antar negara, neraca pembayaran internasional hingga neraca perdagangan internasional.

 

9. Ilmu Ekonomi Regional

Ilmu ekonomi regional adalah ilmu ekonomi yang mengkaji interaksi ekonomi antar suatu wilayah serta pengembangannya dengan tujuan untuk meningkatkan suatu tingkat perekonomian pada suatu wilayah tersebut.

Ilmu ekonomi regional sendiri dapat digunakan juga sebagai medium yang akan dapat membantu suatu pemerintahan wilayah untuk menganalisa permasalahan ekonomi yang dapat terjadi untuk kemudian hari membuat kebijakan sebagai solusinya.

10. Ilmu Ekonomi Industri

Ilmu Ekonomi Industri adalah ilmu ekonomi yang akan membantu perusahaan dalam menganalisis berbagai macam masalah yang biasa terjadi di industri.

Ilmu ekonomi industri juga membahas sebuah interaksi perusahaan dalam suatu industri, ia juga sebagai studi tentang perusahaan, industri dan juga pasar mulai dari toko-toko kecil hingga ke perusahaan multinasional. Interaksi yang dimaksud biasanya dapat berupa persaingan usaha dan juga kinerja suatu perusahaan.

 

11. Ilmu Ekonomi Sumber Daya Alam

Ilmu ekonomi Sumber Daya Alam yang mempelajari masalah dan juga alokasi sumber daya alam secara optimal dilihat dari segi ekonomi meliputi eksternalitas positif dan negatif.

 

Itulah beberapa pengertian ilmu ekonomi berdasarkan KBBI, Wikipedia Ensiklopedia Indonesia , maupun berdasarkan pendapat para ahli.

Ilmu ekonomi memang sudah tidak abnormal di masyarakat lantaran di setiap harinya selalu terjadi transaksi ekonomi.

Semoga artikel ini sanggup menjadi rekomendasi sebagai salah satu materi pembelajaran.

Avatar
keisha almahira Hanya seorang penulis yang menjadikan susu hangat menjadi sebuah cerita yang bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *