Kei Lho Hanya seorang penulis yang menjadikan susu hangat menjadi sebuah cerita yang bermanfaat

Pengertian Organisasi: Unsur, Ciri, Tujuan dan Jenisnya

4 min read

Pengertian Organisasi – Organisasi yakni tempat/wadah yang tersedia untuk berbagi minat dan talenta yang kita miliki.

Banyak sekali organisasi yang ada di Indonesia dari organisasi tingkat desa, sekolah, kampus maupun organisasi yang sudah bertaraf nasional dan internasional.

Namun tidak banyak yang tahu pengertian organisasi secara umumnya. Sudah sangat banyak bukti yang diberikan ketika kita masuk ke organisasi.

Hadirnya pemimpin besar dikala ini tidak lepas dari cara mereka berorganisasi.

Nah untuk mengetahui pengertian organisasi, apa tujuannya dan cara sukses dalam berorganisasi bisa disimak ulasan dibawah ini:

Apa Itu Organisasi?

Terkadang banyak yang masih tidak mengerti pengertian organisasi. Padahal kehidupan kita diatur dengan sangat terang oleh suatu sistem yang dinamakan organisasi.

Apa itu organisasi? Adalah sekumpulan orang yang berkumpul dalam satu naungan dan ingin mencapai satu tujuan yang sama.

Lebih mudahnya organisasi bisa diibaratkan anggota tubuh ada kepala, tangan, badan, kaki dan pecahan tubuh yang lainnya.

Saling melengkapi kekurangan satu sama lain, dengan satu tekad menggapai satu tujuan yang nantinya akan dipersembahkan untuk Bangsa dan Negara.

 

Pentingnya Organisasi

Masih banyak kita lihat orang-orang yang idealis dengan cara berfikirnya sendiri. Cenderung tidak remaja dan belum bisa menyaring setiap informasi yang didapatkan. Padahal kalau dilihat dari pengertian organisasi sudah terang mereka harusnya punya tujuan yang sama.

Organisasi mengajarkan kita untuk menganalisa semua insiden yang kita alami itulah pentingnya organisasi selain menambah teman dan pengalaman kita diajarkan untuk teliti dan kritis untuk menilai sesuatu supaya tidak terjadi salah tafsir.

Organisasi tidak hanya mengajarkan kita untuk kritis setiap saat. Menambah jaringan juga sangat penting adanya. Kita tidak akan tahu suatu dikala kita akan berada di kota mana dan bekerja apa.

Dengan sering ikut perkumpulan organisasi local kawasan maupun luar kawasan secara otomatis kita menambah jaringan untuk keperluan kita kedepannya.

 

Unsur-unsur Organisasi

Pengertian Organisasi, Unsur, Ciri, Bentuk, dan Jenisnya yang Perlu Diketahui
image source : freepik.com/author/macrovector

Berikut ini ialah beberapa unsur yang harus ada didalam organisasi:

  • Anggota organisasi yang terdiri dari pemimpin yang mengatur organisasi secara umum, manajer yang mengepalai unit tertentu sesuai fungsi bidang kerjanya serta orang-orang yang bekerja di bawah manajer. Penyebutan ini biasanya disesuaikan dengan jenis organisasinya masing-masing.
  • Kerja sama menjadi bagian penting dalam suatu organisasi. Dengan adanya kerja sama yang baik, tujuan organisasi dapat dicapai bersama-sama. Tingkatan anggota akan sangat membantu memudahkan dalam mengatur bagian kerja untuk menjalin kerja sama yang lebih baik.
  • Tujuan organisasi akan menjadi arah perjalanan organisasi didalam menentukan kegiatan yang dilakukan nantinya.
  • Lingkungan, seperti kondisi sosial, budaya, ekonomi, dan juga teknologi menjadi pendukung dalam mencapai tujuan dari sebuah organisasi yang telah ditentukan.
  • Peralatan merupakan sarana, seperti materi, budget, dan juga barang modal lainnya yang dapat menjadi tempat bekerja maupun berkumpulnya organisasi.
  • Komunikasi akan sangat memengaruhi bagaimana setiap anggota organisasi bisa bekerja sama dengan sangat baik. Komunikasi yang baik akan mendukung perkembangan organisasi secara lebih optimal sesuai dengan proses kerja yang sudah diatur sedemikian rupa.

 

Tujuan Organisasi

image source : freepik.com/author/stories

Didalam mencapai satu komitmen bersama sesuai dalam pengertian organisasi, maka organisasi juga tidak lepas dari tujuan. Untuk menargetkan apakah sistem yang telah dibentuk sanggup bekerja dengan baik di lapangan.

Bagi kita yang masih galau seputar apa saja tujuan organisasi, berikut yakni beberapa tujuan organisasi yang haus diketahui diantaranya :

 

1. Tujuan Kemasyarakatan

Tujuan organisasi yang pertama yakni tujuan kemasyarakatan (Social Goal) menjadi utama sebab sejatinya kita berorganisasi yakni untuk bisa mencicipi apa yang dirasakan masyarakat.

Dengan melaksanakan advokasi masa dan melaksanakan analisa ihwal kehidupan masyarakat sekitar.

Biasanya organisasi akan sangat kuat terhadap kehidupan masyarakat.

 

2. Tujuan Keluar

Selanjutnya yakni tujuan keluar (Output Goal). Didalam organisasi kita akan sering mengenal istilah output, outcam, dan input.

Semuanya sangat penting kita kuasai dengan alasan itulah tolak ukur kita selama berorganisasi apakah pekerjaan yang kita lakukan selama di organisasi terealisasi dengan baik tentunya diukur dengan skala jangka panjang, pendek dan berkelanjutan.

 

3. Tujuan Sistem

Organisasi yakni wadah untuk menempa diri dengan mengikuti segala hukum sistem yang sudah ada.

Sistem organisasi sudah terang kokoh terbangun dari semenjak awal berdirinya organisasi. Sistem inilah yang mengatur semua gerak langkah kita dalam organisasi.

Karena penting bagi kita untuk mengikuti hukum sistem yang sudah dibentuk dan menaatinya.

 

4. Tujuan Produk

Banyak organisasi yang membuat suatu produk gres atau bisa juga teori gres bagi organisasi yang bergerak di kemahasiswaan.

Adanya produk gres akan mendongkrak nama organisasi untuk lebih eksis dan menempel dihati masyarakat sekitar.

Dengan memasarkan organisasi melalui branding produk yang telah dibuat.

 

5. Tujuan Lanjutan

Tujuan lanjutan adalah, tujuan yang dipakai untuk meletakkan kekuasaan pada suatu organisasi.

Tanpa adanya kekuasaan, organisasi tidak akan berdiri.

Namun dengan adanya kekuasaan organisasi bisa saja menjadi  bom waktu yang siap untuk meledak kapan saja. Penting bagi kita untuk berguru menjadi seorang pemimpin ketika diorganisasi.

Karena akan sangat rugi bagi kita jikalau tidak mendapat ilmu tersebut.

 

Cara Sukses Masuk Organisasi

Terkadang ketika sudah masuk didalam organisasi kita akan lupa pada tujuan awal. Seringkali kita bertindak masa kolot dengan apa yang terjadi didalam organisasi. Akibatnya banyak orang yang tumbang sebelum waktunya di organisasi.

Belum mencicipi nikmatnya proses yang dialami ketika masuk organisasi. Bagi kita yang gres memulai untuk berorganisasi, jangan takut berikut yakni cara sukses masuk organisasi, diantaranya :

 

1. Kerja Keras Didalam Organisasi

Kita harus dituntut untuk terus bekerja keras. Dalam hal apa? Segala hal. Apapun yang sudah menjadi tanggung jawab kita didalam organisasi itu sudah harus menjadi pecahan dari kehidupan kita.

Karena ketika kita berorganisasi resiko yang kita dapatkan harus diterima tanpa keluh kesah. Kerja keras yakni kunci sukses kita ketika sudah masuk di organisasi.

 

2. Pantang menyerah

Bagi kita yang sudah berkelut di organisasi cukup lama. Sudah niscaya tidak heran dengan cara ini. pantang mengalah dalam organisasi yakni wajib.

Apapun yang kita hadapi didalam organisasi tidaklah mudah. Masalah akan tiba kapan saja dan bisa saja menguras pikiran dan tenaga kita. Pantang menyerahlah dalam organisasi jikalau ingin sukses di kemudian hari.

 

3. Totalitas

Apa yang bisa kita berikan itulah yang kita tunjukkan jangan paksa jikalau tidak sesuai dengan kemampuanmu. Namun jikalau kita bisa dan bisa menunjukkan satu hal yang lebih maka berikanlah tanpa pamrih dan niatkan untuk membangun organisasi dan juga aksara diri.

 

4. Loyalitas

Loyal yang artinya tidak mengharapkan apa-apa dari proteksi yang sudah kita berikan. Pemberian yang dimaksud bukan berupa tenaga atau jasa namun berupa biaya.

Sangat tidak lazim lagi bagi kita yang hidup di organisasi mencari sumbangan dana untuk acara begitu sulitnya. Maka jikalau kita termasuk orang yang loyal maka berikanlah semampunya dan jangan berharap imbalan.

 

5. Berfikir Kedepan

Mengedepankan tujuan dan visi misi organisasi. Jika kita terus berfikir kebelakang dan selalu mempermasalahkan insiden yang sudah kemudian kapan organisasi akan berkembang. Oleh sebab itu patutlah kita untuk terus berfikir kedepan dan meninggalkan segala problem yang sudah berlalu.

 

6. Mempunyai Semangat Juang

Tanpa mempunyai semangat juang untuk apa bergabung dalam organisasi. Banyak orang arif namun mereka tidak bersemangat sampai alhasil hanya menjadi karyawan kantoran biasa ataupun belum mendapat kerja.

Orang yang kolot namun mempunyai semangat mungkin saja ia akan membuka perjuangan dengan modal semangat dan alhasil sukses melebihi orang arif tersebut. Karenanya timbulkan semangat juang dalam organisasi itu penting adanya.

 

7. Berdoa Dan Beribadah

Yang terakhir ini sangat penting untuk kita. Usaha yang sudah kita lakukan sesuai dengan proses yang telah dijelaskan tanpa berdoa dan beribadah semua akan tidak berguna.

Karena puncak dari kesuksesan semua ada pada yang diatas. Jika kita melupakan siapa yang membuat kita maka akan sulit bagi kita untuk menggapai kesuksesan yang diinginkan.

 

Kesimpulan

Adapun itulah beberapa informasi seputar pengertian organisasi yang harus diketahui. Organisasi penting bagi kita yang ingin menempa diri. Kadang kita takut untuk memulai dan cenderung malu.

Didalam organisasi kita akan menghilangkan semua perasaan itu, yang ada hanya semangat dan jiwa pantang menyerah. Dengan satu tujuan yang sama. Oleh sebab itu selamat berorganisasi dan menikmatinya.

 

Avatar
Kei Lho Hanya seorang penulis yang menjadikan susu hangat menjadi sebuah cerita yang bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas