Kei Lho Hanya seorang penulis yang menjadikan susu hangat menjadi sebuah cerita yang bermanfaat

Pengertian Poster: Ciri-ciri, Tujuan, Fungsi dan Cara Membuatnya

6 min read

Pengertian Poster – Hampir semua orang niscaya pernah melihat poster. Poster banyak dipakai sebagai media iklan, promosi, pengumuman, dan/atau pemberitahuan dalam sasaran yang luas.

Lebih jelasnya, mari gotong royong mendalami ihwal pengertian poster. Poster biasanya dibentuk untuk membagikan banyak sekali informasi.

Penyampaian informasi dari poster ini sanggup dilakukan dengan memadukan antara gambar, grafis, dan tulisan. Isi poster biasanya dibentuk seminim mungkin supaya pesan utama sanggup tersampaikan.

 

Pengertian Poster

Pengertian poster ialah suatu media publikasi yang memadukan antara tulisan, gambar, atau kombinasi keduanya dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada khalayak.

Poster dipasang di tempat keramaian dan strategis, ibarat di daerah sekolah,  pasar, perkantoran, kemudahan kesehatan, dan lainnya. Informasi yang disampaikan oleh sebuah poster memiliki sifat mengajak.

Poster juga merupakan suatu bentuk dari sebuah seni grafis dua dimensi yang memadukan antara huruf, angka, dan juga gambar pada media kertas yang besar. Umumnya ditempelkan di bidang dengan permukaan yang rata, ibarat dinding atau papan, di pusat-pusat keramaian.

 

Pengertian Poster Menurut Beberapa Ahli
Source : freepik.com/author/rawpixel-com

 

Pengertian Poster Menurut Beberapa Ahli

Untuk lebih memahami arti dari sebuah poster itu sendiri, maka kita dapat merujuk pada beberapa pendapat yang berasal dari para beberapa ahli yang ada di bawah ini:

 

1. Pengertian Poster Menurut  Arsyad

Menurut Arsyad, pengertian poster ialah sebuah media visual dua dimensi berisi mengenai gambar serta pesan tulisan singkat, yang mana digunakan untuk dapat menyampaikan pesan-pesan tertentu agar mempengaruhi dan juga memotivasi banyak orang yang melihatnya.

 

2. Pengertian Poster Menurut  Sri Anitah

Menurut Sri Anitah, pengertian poster ialah sebuah gambar yang memadukan unsur-unsur visual seperti gambar, kata-kata dan juga garis yang bertujuan agar menarik perhatian dan juga mengkomunikasikan pesan secara singkat.

 

3. Pengertian Poster Menurut  Nana Sudjana

Menurut Nana Sudjana, pengertian poster ialah perpaduan antara visual dari rancangan yang kuat, dengan warna, serta pesan. Dimana tujuan dari poster tersebut ialah agar menangkap perhatian orang yang melihatnya dan juga dapat menanamkan gagasan didalam ingatan orang-orang yang akan melihatnya.

 

Tujuan Poster

Secara umum tujuan dari poster ialah sebagai bentuk publikasi supaya dibaca oleh masyarakat luas dan mau mengikuti permintaan dari isi poster tersebut.

Sedangkan tujuan khususnya ialah permintaan yang disampaikan oleh poster bersifat subyektif, tergantung apa yang diinginkan oleh si pembuat poster itu sendiri. Dapat berupa lantaran tujuan komersial, berusaha untuk meraih simpati masyarakat, mencari perhatian, dan sebagainya.

 

 

Fungsi Poster

Adapun fungsi dari poster ialah untuk memberikan informasi perhiasan mengenai sesuatu kepada masyarakat luas. Diharapkan dengan melihat dan membaca poster, tujuan dari si pembuat akan tersampaikan melalui goresan pena dan gambar yang ditampilkan.

Ada beberapa hal penting yang membedakan antara poster dengan media publikasi dua dimensi lainnya. Selain berdasarkan pengertian poster yang dicetak pada bidang media yang besar, isi dan cara tersampaikannya informasi dari poster pun berbeda dengan media publikasi lain.

 

Ciri-Ciri Poster

Perbedaan poster dengan media publikasi lain utamanya ialah perihal ukuran serta cara penyampaian pesannya. Poster tidak membutuhkan kalimat-kalimat terperinci, namun hanya memakai kalimat sederhana yang gampang diingat. Berikut ini ialah ciri-ciri dari poster:

    • Poster harus didesain dengan komposisi karakter dan gambar di atas media datar (kertas atau kain) berukuran besar.
    • Dipasang dengan cara ditempelkan di bidang dengan permukaan rata ibarat dinding atau papan di tempat-tempat keramaian supaya sanggup menarik perhatian banyak orang.
    • Dibuat dengan memakai teknik pewarnaan yang kontras dan pemilihan warna yang berani,
    • Bahasa yang dipakai singkat, padat, jelas, dan harus gampang dipahami.
    • Diberi gambar supaya pesan lebih gampang tersampaikan.
    • Harus sanggup dibaca sambil lalu, namun meninggalkan kesan yang mendalam.

 

 

Syarat Poster

 

Karena perbedaan ukuran media publikasi dan cara penyampaiannya, pembuatan poster mempunyai syarat-syarat khusus. Ini dimaksudkan agar membedakan dengan bentuk media publikasi lain dan juga lebih mengoptimalkan fungsi dari sebuah poster itu sendiri. Berikut ialah syarat-syarat yang harus dipenuhi dari sebuah poster:

    • Menggunakan bahasa yang gampang dipahami oleh semua kalangan.
    • Memiliki susunan kalimat yang singkat, padat, jelas, akan tetapi tetap sanggup memberikan maksud dari poster tersebut.
    • Kombinasi antara goresan pena dan gambar.
    • Harus sanggup menarik perhatian orang banyak.
    • Menggunakan materi yang besar lengan berkuasa dan tahan terhadap cuaca, sehingga tidak gampang rusak dan/atau sobek, dan terakhir.
    • Sesuaikan ukuran poster dengan sasaran lokasi yang akan dipakai untuk melekat dan/atau memasang poster, serta sasaran pembaca.

 

 

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan

 

Selain mengenai ciri serta syarat poster, perlu diketahui juga hal-hal yang penting mengenai sebuah poster. Dengan demikian poster sanggup lebih sesuai dengan sasaran pembaca. Di bawah ini ialah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan poster:

    • Untuk menarik perhatian buat poster yang memuat gambar yang mencolok, supaya menggugah rasa ingin tau orang.
    • Biasanya poster dibaca dari jarak minimal 1 meter, hasilnya harus dipastikan untuk menentukan bentuk dan ukuran karakter yang gampang terbaca meski sambil lalu.
    • Pembaca poster ialah orang yang sedang bergerak, oleh alasannya ialah itu isilah poster dengan goresan pena yang efektif, sugestif, dan gampang diingat.
    • Hindari cita-cita untuk mengisi penuh poster dengan gambar dan/atau tulisan, lantaran akan menurunkan cita-cita orang untuk membaca secara detail.
    • Perhatian komposisi keindahan dari poster supaya semakin menarik perhatian masyarakat secara luas.

 

 

Jenis-Jenis Poster

Meski pengertian poster intinya sama saja, yakni sebagai bentuk pemberitahuan kepada khalayak umum. Namun terdapat banyak sekali jenis poster yang umumnya beredar.

Jenis-jenis ini dapat bedakan berdasarkan dari isi dan/atau tujuan dari suatu pembuatan poster itu sendiri. Berikut ialah daftar jenis poster yang sudah banyak dikenal dalam masyarakat:

 

Pengertian Poster: Ciri-ciri, Tujuan, Fungsi dan Cara Membuatnya
Source : freepik.com/author/pch-vector

 

1. Jenis Poster Berdasarkan Isi

Poster sanggup dibedakan berdasarkan isi yang dimuat di dalamnya. Informasi yang disampaikan dari sebuah poster adalah hal yang cukup penting dan juga menjadi suatu hal yang paling ditonjolkan. Poster jenis ini menjelaskan tentang suatu informasi, bukan kegiatan. Adapun jenis poster berdasarkan kategori ini di antaranya:

    • Poster niaga, yaitu poster yang dibentuk dengan tujuan untuk memperlihatkan barang dan/atau jasa.
    • Poster layanan masyarakat ialah poster yang memuat informasi untuk mengedukasi masyarakat secara umum ihwal suatu hal. Misalnya poster ihwal ancaman merokok atau poster ihwal keluarga berencana (KB).
    • Poster kegiatan, merupakan media untuk memberitahukan ihwal suatu acara yang akan diselenggarakan.
    • Poster pendidikan, yakni poster yang mempunyai tujuan untuk mendidik masyarakat. Biasanya bekerjasama dengan dunia pendidikan dan dipasang di sekolah-sekolah.

 

 

2. Jenis Poster Berdasarkan Tujuan

Penekanan pada jenis poster ini ialah pada tercapainya tujuan dari si pembuat poster. Berbeda dengan jenis sebelumnya yang lebih mengedepankan pada penyampaian sebuah informasi. Contoh dari jenis poster yang berdasar pada tujuan antara lain seperti berikut ini:

    • Poster kampanye ialah jenis poster yang gampang ditemukan menjelang pemilihan umum. Digunakan agar dapat menarik simpati masyarakat terhadap partai politik dan juga calon yang akan maju dalam suatu pemilihan umum.
    • Poster ‘cheesecake’ adalah sebutan untuk poster yang dipakai untuk menarik perhatian dan minat publik. Misalnya ibarat permintaan untuk menjadi penyanyi, artis, model, dan sebagainya.
    • Poster film yaitu poster yang dibentuk khusus untuk mempromosikan suatu film yang tengah ditayangkan di bioskop.
    • Poster buku dan/atau komik mempunyai pengertian yang sama dengan poster film. Kesamaan tersebut yakni agar dapat mempopulerkan suatu buku ataupun komik yang dijual di toko buku.
    • Poster propaganda merupakan poster yang berisikan suatu kalimat yang bertentangan dengan pemerintahan berwenang. Pada masa penjajahan, jenis poster ini dipakai untuk meningkatkan semangat juang rakyat. Namun pada masa sekarang, poster propaganda sanggup dikategorikan sebagai sebuah tindakan makar.
    • Poster ‘dicari’ (dalam Bahasa Inggris poster ‘wanted’) adalah suatu jenis poster yang memuat sebuah informasi penjahat yang tengah menjadi buronan, orang hilang, hingga mengenai tentang lapangan pekerjaan.
    • Poster riset yaitu poster yang bertujuan untuk menginformasikan mengenai sebuah acara riset. Sehingga sanggup menarik minat para akademisi untuk tiba dan meramaikan acara tersebut.
    • Poster afirmasi ialah poster yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada yang membaca, contohnya ihwal kepemimpinan.
    • Poster komersial mempunyai pengertian yang sama dengan poster niaga, yaitu untuk mempromosikan suatu produk supaya semakin dikenal masyarakat dan meningkatkan angka penjualan.

 

Cara Membuat Poster yang Baik & Benar

Setelah memahami pengertian sebuah poster dan berbagai macam jenisnya, alangkah lebih baik apabila kita juga memahami gimana cara membuat sebuah poster yang baik dan juga benar agar poster yang nantinya akan ditempelkan dapat menarik minat masyarakat umum.

Berikut ini ialah beberapa cara yang tepat dan benar dalam membuat sebuah poster, antara lain:

 

1. Menentukan Tema & Tujuan dari Poster

Tahap pertama yang harus dilakukan sebelum membuat sebuah poster ialah menentukan sebuah tema dan juga tujuan dari pembuatan sebuah poster tersebut. Apabila kamu bermaksud agar membuat sebuah poster yang ditujukan untuk sebuah promosi barang ataupun jasa, maka lebih baik kamu harus melakukan pertimbangan yang baik.

Tidak ada salahnya untuk melakukan riset terlebih dulu, termasuk dalam meminta bantuan desainer poster. Pembuatan sebuah poster akan lebih matang dan juga menarik jika dibandingkan dengan poster yang bertujuan untuk sosialisasi saja.

 

2. Tentukan Kalimat yang Akan Ditulis didalam Poster

Disini, kamu harus cerdas dalam menentukan sebuah kata-kata yang menggambarkan tujuan dari poster secara gamblang yaitu singkat, padat, dan juga jelas, serta mudah untuk dapat dipahami. Informasi ataupun promosi yang terlalu panjang dan juga berbelit, justru akan dapat membuat pembaca malas untuk membaca poster sampai selesai.

Oleh karena itu, tujuan dari sebuah poster tidak akan tersampaikan atau tertuju dengan baik. Jadi, kamu harus cerdas dalam pemilihan bahasa yang singkat supaya pesan yang disampaikan dapat dipahami dengan mudah. Sementara, bila anda ingin membuat sebuah poster promosi, maka lebih baik pilih kata-kata yang dapat mensugesti pikiran pembaca.

 

3. Menggunakan Gambar yang Baik & Menarik

Kamu juga harus dapat memadukan antara tulisan dan juga gambar secara baik agar tampilan poster dapat menarik mata para pembacanya. Desain grafis poster yang dapat menarik bisa langsung memberikan efek visual. Proporsi antara gambar dan juga tulisan harus sesuai dan tertuju, agar poster kamu dapat menarik pembaca.

 

4. Pilih Media Poster yang Tepat dan Tertuju

Tentukan media atau bahan dalam pembuatan poster seperti kertas, kain, dan juga bahan lainnya yang mendukung. Pemilihan media pembuatan sebuah poster pastinya akan selalu berhubungan dengan tempat penempelan sebuah poster tersebut. Pastikan kamu memilih media yang tepat dan tertuju dengan lokasi ditempatkannya sebuah poster yang kamu buat.

 

Nah, poster merupakan media iklan yang sudah ada semenjak insan mengenal tulisan. Sejak dulu pengertian poster selalu sama, untuk memberikan informasi kepada khalayak ramai.

Dulunya poster ditempel di alun-alun atau sentra keramaian suatu kota supaya sanggup dibaca oleh masyarakat luas. Kini pun tak jauh berbeda, lantaran fungsi poster masih belum tergantikan.

 

Avatar
Kei Lho Hanya seorang penulis yang menjadikan susu hangat menjadi sebuah cerita yang bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas