keisha almahira Hanya seorang penulis yang menjadikan susu hangat menjadi sebuah cerita yang bermanfaat

Perbedaan AM dan PM Dalam Menunjukkan Waktu dalam Bahasa Inggris

3 min read

Perbedaaan AM dan PM

Perbedaan AM dan PM – Bagi yang belum terbiasa dengan bahasa Inggris tentu masih bingung dengan perbedaan antara AM  (Ante Meridiem) dengan PM (Post Meridiem) dalam bahasa Inggris.

AM dan PM dalam bahasa Inggris ini merupakan pembagian waktu dan cara menyampaikan atau menyebutkan waktu.

AM dan PM ini dipakai untuk membedakan penyebutan waktu siang dan malam terutama dalam bahasa Inggris. Latar belakang dari penggunaan Am dan PM ini yakni sistem pembagian waktu.

Sistem pembagian waktu tersebut yakni sistem 12 Jam.

 

Perbedaan AM dan PM

Sistem waktu 12 jam ini yakni bentuk dari pembagian sistem waktu 24 jam menjadi dua waktu. Waktu yang pertama dikenal dengan AM (ante meridiem) dan yang kedua ialah PM (post meridiem).

Sistem waktu yang satu ini tidak dipakai di seluruh Negara. Tetapi hanya beberapa negara saja terutama yang merupakan jajahan dari bangsa Inggris namun ada juga beberapa Negara lain yang bukan bekas koloni Britania atau jajahan Inggris yang memakai sistem 12 jam ini.

Kepanjangan dari AM sendiri yakni Ante Meridiem yang diambil dari bahasa latin dengan makna atau arti sebelum siang atau sebelum tengah hari. Hal ini dijadikan sebagai patokan untuk penggunaan AM dimana mulai jam 12 tengah malam hingga satu menit sebelum 12 siang atau 11.59 AM. Jika sudah menyampaikan 12 siang sempurna maka istilah AM ini sudah tidak berlaku lagi.

Sementara itu untuk PM, masih sama diambil dari bahasa latin yaitu Post Meridiem. Post Meridiem yang artinya sesudah siang atau sesudah tengah hari. Makara kalau waktu sudah menyampaikan 12 siang sempurna maka penggunaan PM mulai berlaku dan akan berakhir ketika waktu menyampaikan kurang satu menit dari tengah malam atau kalau dalam bahasa Indonesia waktu menyampaikan 23.59.

 

Penggunaan AM dan PM

 

perbedaan am dan pm
Source : freepik.com

 

Perlu diketahui konsep atau gagasan penggunaan dari AM dan PM ini mulai terkenal semenjak adanya jam digital. Jam digital ini sendiri sanggup ditemukan menyerupai pada komputer, handphone, dan juga jam dinding yang kini juga ada yang berjenis digital.

Jika dalam bahasa Indonesia untuk menyampaikan atau membedakan waktu pagi, siang, sore, dan malam sangat sederhana sekali yaitu dengan menambahkan keterangan pagi, siang, sore, serta malam tersebut atau hanya dengan menyebutkan jam. Dalam bahasa Inggris hal ini tentu saja berbeda.

See also  Perbedaan Pembelahan Mitosis dan Meiosis

Perbedaan AM dan PM yakni salah satu hal yang harus dipahami sebab ini akan dipakai dalam kehidupan sehari-hari terutama ketika berbicara waktu. Agar tidak terlalu membingungkan untuk membedakan 12 AM dan 12 PM ini buat langkah sederhana dimana 12 AM yakni tengah malam dan 12 PM yakni tengah hari.

Meski kalau dilihat dari segi arti dimana AM yakni sebelum siang dan PM yakni sesudah siang, tengah malam dan tengah hari memakai istilah AM dan PM ini kurang sempurna namun ini yakni cara orang-orang Inggris menyebutkan dan membedakan waktu.

 

Perubahan dari 24 Jam ke AM dan PM

Bagi orang Indonesia yang lebih terbiasa dengan sistem waktu 24 Jam sudah masuk akal kalau mengalami kebingungan ketika harus memakai istilah AM dan PM yang memakai sistem 12 Jam.

Agar terbiasa dengan pemakaian AM dan PM dan tidak kebingungan lagi ada cara yang sanggup diingat dan dicoba.

Jika pada sistem waktu 24 Jam pada saat tengah malam ditunjukkan dengan angka 00.00 maka untuk mengubah ke sistem 12 Jam tinggal tambahkan saja 12 jam dan AM untuk waktu dari tengah malam sampai tengah hari.

Misalnya saja ingin menyampaikan waktu menyampaikan pukul 1 dini hari kurang 15 menit makan.

Jika dalam penulisan dalam sistem waktu 24 Jam 00.45 maka hanya tinggal menambah 12 jam dan AM di belakang angka menit menjadi 12.45 AM.

Sementara itu untuk perubahan dari sistem waktu 24 jam yang menyampaikan tengah hari hingga tengah malam atau dari pukul 12.01 hingga 23.59 ke sistem waktu 12 Jam yang memakai PM maka tinggal mengurangi 12 Jam dan menambahkan PM sesudah angka menit.

Misalnya saja ingin menyampaikan atau menyampaikan waktu kini jam 1 siang lebih 20 menit, dimana penulisan dalam sistem waktu 24 jam 13.20 maka dikurangi dengan 12 jam menjadi 01.20 dan hanya tinggal menambahkan PM menjadi 01.20 PM.

 

Pertanyaan Untuk Memudahkan Pemahaman Am Dan Pm

Sangat masuk akal bagi orang-orang Indonesia yang tidak terbiasa memakai format atau sistem waktu 12 Jam. Untuk sanggup eksklusif memahami perbedaan dari AM dan PM yang biasa dipakai oleh orang-orang Inggris. Jika masih belum paham sanggup pahami lagi dengan seksama rujukan berikut ini.

 

All of students have to submit their thesis at 9 a.m –to 4 p.m

Artinya : Semua murid harus mengumpulkan thesis mereka pada pukul 7 pagi hingga 4 sore.

 

We start to practice Basket at 3 p.m

Artinya : Kami mulai berlatih Basket pukul  3 sore.

 

I study history of Cambodia in my school at 10 a.m

Artinya : Saya belajar sejarah dari Kamboja di sekolahku pukul 10 pagi

See also  10 Contoh Teks Eksplanasi Yang Benar beserta Strukturnya

 

Mengapa Ada Perbedaan Penulisan AM dan PM?

Pernahkah kamu menemui penulisan AM dan PM yang berbeda-beda? Berikut adalah opsi-opsi yang dapat kamu gunakan:

  • 9PM (Penulisan kapital tanpa titik “.” dan spasi ” “)
  • 9 PM (Penulisan kapital tanpa titik ‘.’ dan dengan spasi)
  • 9 am (Penulisan huruf kecil tanpa titik ‘.’  dan dengan spasi)
  • 9.00 a.m. (Penulisan huruf kecil disertai dengan titik  ‘.’ dan dengan spasi)
  • 9:05 p.m. (Penulisan huruf kecil disertai titik ‘.’ dan titik dua ‘:’ dengan spasi)
  • 9:15 P.M. / 9.15 P.M (Penulisan huruf kapital disertai dengan titik ‘.’ atau titik dua ‘:’ dengan spasi)

Sebaliknya, berikut merupakan penulisan AM dan PM yang harus kamu hindari dan sebaiknya jangan digunakan:

  • 9:00a.m. (Penulisan huruf kecil dengan titik dua ‘:’ dan titik ‘.’ tanpa spasi)
  • 9:15p.m. (Penulisan huruf kecil dengan titik dua  ‘:’ dan titik ‘.’ tanpa spasi)

 

 

Kesimpulan

Jadi am dan pm merupakan format waktu yang ditetapkan atau dipakai dalam bahasa inggris. Dari kata am dan pm dapat disimpulkan kata tersebut diambil dari sebuah bahasa yaitu bahasa latin. AM yakni Ante Meridiem yang berarti sebelum siang sedangkan PM yakni Post Meridiem yang berarti sesudah siang.

Jadi perbedaan AM dan PM ini yakni, AM biasanya dimulai dari pukul 00.00 hingga dengan pukul 11.59 atau kurang dari jam 12. Makara 12 jam pertama untuk satu hari dimulai dari jam atau pukul 00.00 biasa kita sebut dengan jam 12 tengah malam ini termasuk dalam kategori waktu AM. Contohnya: pukul 01.00 dengan format 24 jam, maka kalau format am akan menjadi 1.00 am.

PM biasanya dimulai dari pukul 12.00 hingga dengan pukul 23.59. Makara 12 jam kedua untuk satu hari dimulai dari pukul 12 siang hingga dengan pukul 23.59 malam. Format ini masuk kedalam PM. Contoh pukul 13.00 dengan format 24 jam, maka kalau format pm akan menjadi 1.00 pm.

 

Pada pada dasarnya perbedaan AM dan PM ini untuk membagi waktu siang dan malam. AM menyampaikan waktu dari tengah malam hingga sebelum siang hari atau jam 12 siang tepat.

Sementara PM dipakai ketika waktu sudah menyampaikan lebih dari jam 12 siang sempurna hingga sebelum tengah malam atau hingga pukul 23.59. Sederhana bukan?

Nah, sekian sedikit ulasan dari perbedaan istilah AM dan PM. Semoga ulasan di atas sanggup sedikit membantu bagi yang sedang berguru Bahasa Inggris khususnya.

Avatar
keisha almahira Hanya seorang penulis yang menjadikan susu hangat menjadi sebuah cerita yang bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *