Kei Lho Hanya seorang penulis yang menjadikan susu hangat menjadi sebuah cerita yang bermanfaat

Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder Beserta Komposisinya

4 min read

Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder – Tidak sedikit orang yang belum mengetahui tentang perbedaan dari baking soda dengan baking powder.

Bahkan ada orang yang menciptakan adonan makanan ringan manis asal memasukkan materi pengembang.

Hasil yang didapat juga tidak akan menjadi sempurna. Bahkan makanan ringan manis yang telah susah payah dibentuk akan menghasilkan rasa pahit.

Simak lebih lanjut ulasan wacana perbedaan baking soda dan baking powder di bawah ini.

Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

Baking soda atau yang sering disebut dengan soda kue dan baking powder kerap sekali digunakan saat membuat kue, fungsinya yaitu sama-sama sebagai pengembang kue.

Kedua bahan tersebut ialah untuk membuat kue mengembang ketika dipanggang. Akan tetapi, kedua bahan ini mempunyai bentuk, tekstur, dan komposisi kimia yang berbeda-beda.

Berikut ini ialah penjelasan tentang perbedaan antara baking soda dengan baking powder.

 

Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder Beserta Komposisinya
image source : hipwee.com

 

1. Bahan Kimia Yang Terkandung

Perbedaan baking soda dan baking powder sanggup dilihat dari zat kimia yang ada di dalam kedua pengembang tersebut.

Untuk baking soda lebih banyak mengandung materi Natrium Bikarbonat dan tanpa adonan materi apapun lagi.

Tetapi jikalau baking powder mengandung zat Natrium Bikarbonat dan juga ada adonan dari materi lain.

Kandungan yang terdapat di baking soda maupun baking powder akan mensugesti penggunaan kedua materi tersebut.

Sehingga besar lengan berkuasa terhadap makanan ringan manis yang akan dihasilkan atau yang sudah matang.

 

2. Kegunaannya

Apabila ingin menciptakan makanan ringan manis yang membutuhkan materi pengembang dalam adonannya.

Kandungan  Natrium Bikarbonat dari materi pengembang harus sanggup bercampur dengan senyawa asam.

Jika adonan makanan ringan manis terdapat materi bahan yang mengandung asam menyerupai susu, cokelat, yogurt, mentega,dll.

Maka jenis materi pengembang yang digunakan dalam adonan tersebut yaitu baking soda.

Karena pada Baking soda hanya mengandung zat  Natrium Bikarbonat saja, jadi bila dicampur dengan coklat, susu, dan sejenisnya maka tidak akan sanggup tercampur.

Sementara jikalau adonan tidak ada kandungan materi yang asam, maka sanggup memakai materi pengembang yaitu baking powder.

Hal tersebut sebab pada baking powder tidak hanya mengandung Natrium Bikarbonat saja. Tetapi ada kandungan lainnya yaitu Sodium Pirofosfat yang sanggup memicu reaksi dan menghasilkan gelombang dalam adonan kue.

 

3. Hasil

Untuk hasil yang akan dihasilkan ditentukan pada adonan baking soda atau baking powder pada adonan kue.

Jika pencampuran yang dilakukan tidak tepat maka akan menimbulkan rasa pahit pada kue yang dibuat.

Adonan makanan ringan manis yang memakai baking soda maka rasa yang akan dihasilkan dari makanan ringan manis tersebut yaitu pahit.

Karena baking soda hanya mengandung satu zat kimia saja yaitu hanya Natrium Bikarbonat. Terlebih jikalau baking soda yang dimasukkan kedalam adonan makanan ringan manis terlalu banyak.

 

4. Sifat Bahan

Baking soda sanggup melaksanakan reaksi pencampuran lebih cepat daripada baking powder.

Tahap pengembangan sanggup terjadi ketika baking soda tercampur dengan materi asam.

Maka dari itu jikalau sebuah adonan sudah mengembang maka harus cepat dikukus atau dipanggang. Karena jikalau tidak maka makanan ringan manis yang dihasilkan akan terasa kurang tepat dan tidak empuk.

Sementara itu jikalau baking powder dicampur ke adonan makanan ringan manis maka harus didiamkan sebentar hingga mengembang.

Baking powder dibagi menjadi dua jenis yaitu single acting dan juga double acting. Sesuai dengan namanya jikalau single acting maka proses pengembangannya melalui satu tahap saja.

Tetapi jikalau yang double acting maka proses pengembangannya akan melalui dua tahap.

Yaitu pada ketika masih menjadi adonan dan pada ketika proses panggangan atau pemanasan. Sehingga adonan sanggup didiamkan sejenak terlebih dahulu, dan tidak perlu khawatir lagi jikalau adonan atau makanan ringan manis yang dihasilkan akan menjadi bantat atau tidak mengembang.

 

5. Campuran Bahan

Jika memang baking soda harus dicampurkan dengan materi yang asam menyerupai cuka, sour cream, air lemon, butter milk, dll.

Baking soda biasanya digunakan dalam adonan adonan untuk kue-kue kering.

Atau juga sanggup makanan ringan manis yang bercampur dengan buah, atau manisan buah. Baking soda juga sanggup untuk menciptakan makanan ringan manis yang dikukus, dan makanan ringan manis yang dipanggang.

Sebagai adonan materi untuk pengembang makanan ringan manis ini, kekuatan dan reaksi yang ditimbulkan pada baking soda maupun baking powder akan hilang ketika beberapa waktu.

Terutama jikalau adonan makanan ringan manis disimpan ditempat yang lembab, hangat, atau jikalau tidak ditutup dengan rapat.

 

6. Berdasarkan Fungsinya

Jika ingin menciptakan makanan ringan manis dan ketika melihat resep yang ada biasanya terdapat materi baking powder dan baking soda.

Dan semua jenis materi tersebut apa berfungsi sebagai pengembang adonan? Anda tidak perlu resah atau khawatir.

Jika dalam satu resep terdapat dua jenis pengembang ini, maka baking soda akan berfungsi bukan lagi sebagai pengembang. Tetapi beralih fungsi menjadi penetral zat asam yang ada di adonan makanan ringan manis tersebut. ketika baking soda tidak bermanfaat sebagai pengembang.

Maka baking powder lah yang memiliki berfungsi sebagai pengembang dalam adonan tersebut.

Makara jikalau dalam adonan terdapat kandungan asam yang berlebihan maka akan direndam oleh baking soda. Selain untuk materi pengembang dalam menciptakan adonan kue. Baking soda juga mempunyai fungsi yang lain.

Seperti membersihkan sebuah  karang gigi, menghilangkan noda pada pakaian, serta untuk kecantikan dan masih banyak lagi.

 

7. Cara Pengetesan Kadaluarsa

Belilah baking powder ataupun baking soda secukupnya saja. Bahkan lebih baik jikalau membeli yang pada ketika itu juga habis. Karena kedua materi pengembang tersebut jikalau terlalu usang disimpan maka tidak bagus. Untuk mengganti baking soda dan juga baking powder lakukan setiap tiga bulan sekali.

Untuk memastikan bahwa materi yang digunakan masih aman. Perbedaan baking soda dan baking powder untuk mengetes apakah materi tersebut masih kondusif ataukah tidak. Untuk mengetes baking powder yaitu memakai cara mencampurkan tiga sendok air hangat dengan setengah sendok baking powder.

Jika adonan tersebut menghasilkan busa sehabis diaduk, maka baking powder masih bagus atau kondusif digunakan. Jika sehabis pencampuran tersebut tidak ada reaksi yang dihasilkan maka baking powder tersebut harus diganti. Bila baking powder tadi memakai adonan air hangat maka baking soda memakai cuka.

Caranya sama yaitu dengan cara mencampurkan tiga sendok cuka putih dan setengah sendok teh baking soda. Tunggu dan lalu lihat reaksinya. Jika reaksi dari pencampuran tersebut terdapat gelembung yang dihasilkan maka baking soda tersebut masih layak untuk digunakan. Jika tidak ada reaksi apapun yang dihasilkan maka baking soda tersebut sudah tidak layak lagi untuk digunakan.

 

8. Cara Mengganti Dari Baking Soda Ke Baking Powder Dan Sebaliknya

Perbedaan baking soda dan baking powder sanggup juga dilihat dari cara menggantinya. Apabila di dapur hanya ada salah satu jenis materi pengembang itu saja. Dalam keadaan terdesak harus memakai materi pengembang yang tidak ada.

Maka jikalau di dapur hanya ada baking powder sedangkan yang diharapkan yaitu baking soda. Bisa diganti dengan cara satu sendok baking powder setara dengan dua hingga tiga baking soda. Apabila sebaliknya, yang diharapkan yaitu baking powder tapi yang ada baking soda.

Maka caranya yaitu dengan cara menciptakan adonan baking soda dan air lemon atau juga sanggup cuka putih. Dengan perbandingan satu banding dua. Baking powder sanggup dibentuk sendiri di rumah dan jikalau baking soda tidak bisa.

Banyak orang yang menganggap bahwa baking soda dan baking powder itu sama. Padahal memang jikalau dilihat dari segi keuntungannya sama yaitu sebagai materi pengembang. Baking soda dan baking powder ini banyak ditemukan ketika menciptakan adonan kue. Seperti donat, makanan ringan manis kukus, dll.

 

Avatar
Kei Lho Hanya seorang penulis yang menjadikan susu hangat menjadi sebuah cerita yang bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas