Kei Lho Hanya seorang penulis yang menjadikan susu hangat menjadi sebuah cerita yang bermanfaat

Teks Eksplanasi: Pengertian, Tujuan, Struktur, Ciri-ciri & Contohnya

3 min read

Pengertian Teks Eksplanasi – Belum tentu semua orang memahami pengertian teks eksplanasi, padahal sering sudah kita temui. Pasti hampir semua orang pernah membaca gosip wacana peristiwa alam, menyerupai tsunami yang terjadi di Palu bulan September lalu.

Atau membaca gosip wacana agresi yang sering digelar sebagai bentuk protes dan/atau aspirasi oleh masyarakat kepada pemerintah

Nah itulah tadi salah satu jenis teks eksplanasi yang sesuai dengan pengertian teks eksplanasi yang diketahui. Eksplanasi ialah kata yang diadopsi dari Bahasa Inggris, explanation yang artinya penjelasan.

Kata eksplanasi sendiri belum secara resmi masuk dalam daftar kata baku dalam KBBI, namun secara umum sudah dipakai dalam Bahasa Indonesia. Untuk lebih jelasnya lagi tentang teks eksplanasi, berikut ini adalah pengertian teks eksplanasi, tujuan, beserta ciri-cirinya.

 

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi ialah suatu teks yang menjelaskan mengenai proses terjadi atau terbentuknya sesuatu. Bisa merupakan suatu fenomena alam, kejadian, sosial, atau budaya yang terjadi didalam kehidupan sehari-hari.

Menjelaskan wacana sebuah insiden yang terjadi, mengapa insiden itu terjadi, serta bagaimana akhir yang muncul dari insiden tersebut.

Jenis teks goresan pena ini seringkali menjelaskan mengenai apa yang sedang terjadi di sekitar kita. Tidak selalu mengenai peristiwa yang mengundang sedih atau insiden besar yang mengguncang bangsa. Dapat berupa klarifikasi mengenai bagaimana proses terjadinya pelangi atau wacana proses terbentuknya hujan.

Dapat pula berupa klarifikasi mengenai pelajaran biologi di tingkat dasar menangani proses terjadinya fotosintesis. Atau mengenai alur proses dari suatu rantai makanan, sampai proses evolusi kupu-kupu hingga katak.

Intinya, jenis teks ini ialah salah satu bentuk pembelajaran dan sanggup diaplikasikan pada topik apa pun asalkan mempunyai dasar keilmuan yang jelas.

 

 

Tujuan Teks Eksplanasi

Adapun tujuan dari teks ekplanasi ialah untuk menjelaskan akan suatu insiden yang terjadi.

Dan sebagai sebuah bentuk proses pembelajaran, dijelaskan pula mengenai korelasi sebab-akibat yang ada.

Bentuk teks ini memperlihatkan edukasi bagi pembacanya.

 

Teks Eksplanasi: Pengertian, Ciri, Struktur, dan Contoh | Bahasa Indonesia Kelas 11
Source : freepik.com/author/rawpixel-com

 

 

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi sangat gampang untuk dibedakan dengan jenis teks yang lain. Hal ini disebabkan lantaran ciri-ciri khusus yang jauh berbeda dengan bentuk teks lainnya. Berikut ialah ciri-cirinya:

    • Tulisan teks terdiri dari citra secara umum, urutan proses alasannya dan akibat, serta interpretasi.
    • Memuat informasi faktual, artinya insiden yang nyata terjadi.
    • Fakta yang diangkat biasanya turut menyertakan klarifikasi ilmiah atau keilmuan.
    • Bersifat informatif dengan tidak mencoba mengarahkan pembaca pada suatu opini tertentu.
    • Adanya urutan (sequence markers), contohnya pertama, kedua, ketiga, berikutnya, terakhir, dan sebagainya.

 

Seperti yang telah disebutkan pada klarifikasi di atas, sangat gampang untuk membedakan teks eksplanasi dengan bentuk teks lain. Utamanya lantaran ada hukum khusus dalam penulisan sebuah teks ekplanasi.

 

 

Struktur Tulisan Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi ditulis dalam struktur yang memuat akan 3 poin penting, yaitu : pernyataan umum, Interpretasi dan penjelasan. Karena kelengkapan informasi yang disampaikan, sanggup dikatakan bahwa teks ini merupakan sebuah artikel ilmiah singkat. Berikut ialah struktur dari teks eksplanasi:

 

1. Pernyataan Umum (Gambaran Umum)

Merupakan klarifikasi secara umum mengenai fenomena yang terjadi. Berperan sebagai pengantar wacana apa yang akan dibahas atau dijelaskan dalam tulisan. Jika topik goresan pena ialah tsunami, maka pada potongan ini memuat mengenai apa itu tsunami dan bagaimana proses terjadinya tsunami.

 

2. Penjelasan (Urutan Sebab dan Akibat)

Bagian ini menjelaskan secara lebih detail dan juga terperinci tentang topik yang dibahas dalam tulisan. Disajikan secara runtut dan terang memakai teknik sequence markers seperti yang telah disebutkan dalam ciri-ciri.

Mengikuti teladan pada poin pertama, maka di sini akan menjabarkan mengenai apa yang mengakibatkan tsunami dan bagaimana akibatnya. Poin ini sanggup lebih dari satu paragraf.

 

3. Interpretasi

Interpretasi ialah potongan epilog dan tidak harus selalu disertakan dalam tulisan. Artinya, interpretasi sanggup dilewatkan. Biasanya berupa intisari dari keseluruhan sebuah isi tulisan. Dapat berwujud kesimpulan dan/atau opini dari seorang penulis mengenai topik yang ditulisnya tersebut.

 

Kaidah Penulisan

Penulisan teks eksplanasi terkesan lebih kaku dibandingkan dengan jenis goresan pena teks lainnya. Hal ini dikarenakan oleh adanya suatu kaidah dalam penulisannya. Kaidah ini merupakan hukum yang harus diikuti dalam setiap jenis penulisan teks eksplanasi. Berikut ialah kaidah-kaidahnya:

    • Mempunyai sifat yang umum (generic) dan bukan fokus pada manusianya (non human participant).
    • Memakai istilah ilmiah khusus dalam tulisan.
    • Penggunaan kata kerja aktif atau verba material dan juga verba relasional.
    • Ditulis dalam sebuah bentuk kalimat pasif.
    • Adanya konjungsi waktu serta kausal. Misalnya: pertama, kedua, selanjutnya, kemudian, dan terakhir (konjungngsi waktu) serta sebelum, sehingga, jika, maka, serta bila (konjungsi kausal).
    • Jenis teks ini ditulis untuk menciptakan justifikasi (pembenaran) untuk mengambarkan bahwa topik yang ditulis itu memang benar nyata adanya.

 

 

Contoh Teks Ekplanasi Tentang Tsunami

Agar lebih memudahkan dalam memahami mengenai maksud dari pengertian teks eksplanasi, berikut ialah contohnya. Contoh berikut ini ditulis dengan menekankan pada suatu pembagian struktur penyusun teks (gambaran umum, penjelasan, dan juga interpretasi):

 

1. Pernyataan Umum

Kata tsunami berasal dari Bahasa Jepang, yaitu tsu yang memiliki artinya pelabuhan dan nami yang berarti gelombang. Sehingga sanggup tsunami sanggup diartikan sebagai gelombang yang menghantam pelabuhan.

Para ilmuan menjelaskan tsunami sebagal gelombang pasang (tidal wave) dan/atau gelombang maritim yang diakibatkan oleh gempa (seismic sea wave).

Secara ilmiah, pengertian tsunami ialah gelombang maritim yang tiba secara tak terduga ke daratan dengan kecepatan tinggi lantaran efek adanya kegiatan gunung berapi dan/atau gempa di bawah laut.

 

2. Penjelasan Sebab Dan Akibat

Apabila gempa terjadi yang mengakibatkan fluktuasi di dasar maritim pada kawasan patahan lempeng bumi, maka ketika itulah tsunami terbentuk. Gerakan naik turun yang terjadi pada kawasan patahan mengakibatkan terganggunya keseimbangan air laut. Besarnya patahan berbanding lurus dengan besarnya suatu gelombang yang dihasilkan.

Tepat sehabis terjadinya gempa, air maritim mengalami surut. Kemudian secara cepat akan kembali lagi ke daratan dalam bentuk gelombang pasang berupa tsunami yang sangat besar.  Tsunami juga sanggup terjadi akhir letusan gunung berapi di dasar maritim dan mengakibatkan pergerakan perairan di sekitarnya menjadi tinggi.

Kecepatan dari gelombang tsunami jauh lebih besar jika dibandingkan dengan gelombang pasang yang biasa terjadi. Hingga 700 km/jam, hampir sama dengan kecepatan dari sebuah pesawat terbang.

Adapun tinggi gelombang dari tsunami itu sanggup mencapai antara 50 hingga 100 meter dan bersifat menyebar ke segala arah. Tinggi dari tsunami dipengaruhi oleh bentuk dan keadaan dari sebuah dataran pantai. Sehingga kalau terjadi gempa di dasar laut, ada kemungkinan sanggup mengakibatkan tsunami.

 

3. Interpretasi

Tsunami merupakan salah satu fenomena alam yang berbahaya bagi manusia, lantaran sanggup mengakibatkan kerusakan hingga korban jiwa, terlebih kalau terjadi secara mendadak.

Oleh karenanya, semua orang di himbau untuk waspada setiap ketika dan bersiap diri terhadap peristiwa tsunami. Meskipun tidak semua gempa dan/atau letusan gunung berapi di dasar maritim akan mengakibatkan tsunami.

Seluruh informasi yang dimuat dalam teks eksplanasi ialah fakta yang terjadi disertai klarifikasi secara ilmiah yang sanggup dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Bukan merupakan karangan yang mengada-ada tanpa sumber yang jelas. Pengertian teks eksplanasi penting sekali untuk diketahui semoga kita sanggup menafsirkan jenis dari informasi yang kita dapatkan.

Avatar
Kei Lho Hanya seorang penulis yang menjadikan susu hangat menjadi sebuah cerita yang bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas