Kei Lho Hanya seorang penulis yang menjadikan susu hangat menjadi sebuah cerita yang bermanfaat

Tips Memperbaiki Komputer Lemot Untuk Pemula

3 min read

Tips Memperbaiki Komputer Lemot

Tips Memperbaiki Komputer Lemot Untuk Pemula – Halo sobat GnMedrol.  Komputer yang lemot merupakan masalah yang sering dihadapi oleh para pengguna komputer walaupun kondisi komputer atau komputer tersebut masih baru.

Tips Memperbaiki Komputer Lemot
Tips Memperbaiki Komputer Lemot

Pada artikel ini kami akan bahas tentang Tips Memperbaiki Komputer Lemot dan mengetahui Penyebabnya yang bisa diterapkan secara umum pada komputer dengan OS Windows 7 atau Windows 10 yang anda miliki, jangan sampai terlewatkan ya.

Tips Memperbaiki Komputer Lemot

Komputer lemot sebenarnya bisa dihindari selama Anda merawatnya dengan baik. Nah, berikut ini kami sajikan tips ampuh mengatasi komputer lemot yang bisa Anda coba di rumah. Seperti barang elektronik lainnya, komputer atau PC tentunya tidak lepas dari berbagai masalah.

Salah satu gejala yang sering terjadi adalah lambat setelah lama digunakan. Bahkan beberapa dari mereka mungkin pernah mengalami komputer lemot padahal sudah lama tidak membelinya. Lalu bagaimana cara mengatasi komputer lemot. Berikut penyebab dan cara mengatasi komputer lemot anda yang lemot.

Penyebab Komputer Menjadi Lambat

Penyebab komputer menjadi lemot ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu sebelum melakukan perawatan. Tujuannya agar Anda bisa mengatasinya dengan penanganan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa penyebab kinerja komputer jadi lemot yang wajib Anda ketahui:

Banyak Program Berjalan

Terlalu banyak program yang berjalan bersamaan di komputer membuat komputer menjadi lemot. Hal ini sering dialami oleh mereka yang bekerja full time menggunakan komputer seperti desainer grafis.

Kapasitas RAM

Saat membeli komputer, hal penting yang harus diperhatikan adalah kapasitas RAM yang akan digunakan. Semakin besar kapasitas RAM yang Anda miliki, semakin jernih pula performa komputer tersebut.

Software dengan beban kerja yang berat akan memakan RAM yang cukup banyak. Mengapa demikian? Berbagai aplikasi untuk desain grafis, seperti Adobe Premier dan Adobe Photoshop, membutuhkan porsi RAM yang besar.

HDD Sudah Tua

Seperti mesin apa pun yang semakin tua, ia kehilangan kemampuannya untuk bekerja, begitu juga HDD komputer. HDD komputer yang baru dibeli dengan HDD komputer berumur lima tahun tentu berbeda. HDD lama jelas memiliki kemampuan pemrosesan data yang sangat lemah sehingga Anda harus ekstra waspada. Jika dibiarkan, komputer tidak hanya lambat tapi juga bisa rusak secara permanen.

Jumlah Add-On

Komputer menjadi lemot karena ketika anda membuka browser kemudian menginstall software dengan internet download manager, AdBlocker, dan lain-lain membuat browser banyak Add-On sehingga membuat komputer terbebani dan menjadi lemot terutama saat anda berselancar di dunia maya.

Komputer Terkena Virus

Penyebab perangkat komputer menjadi rusak dan melambat, termasuk computer dikarena virus. Berdasarkan cara kerjanya, ada banyak jenis virus komputer seperti worm, trojan, backdoors, spyware, rogues, rootkit, virus polimorfik, dan virus metamorf.

Salah satu hal yang sangat mengganggu saya adalah virus jenis worm karena dapat menggandakan diri di hard disk yang menyimpan data, sehingga membuat HDD penuh dengan worm dan masalah kinerja komputer. Untuk itu disarankan bagi pemilik komputer untuk tidak membiasakan diri membuka file-file aneh yang mencurigakan baik terkoneksi internet atau tidak.

Antivirus Terlalu Aktif

Untuk mencegah serangan virus, solusi yang sering dipilih oleh pengguna komputer adalah dengan menginstal software antivirus seperti Kaspersky, AVG, Avast atau Avira. Pada dasarnya program antivirus memang ampuh untuk menghilangkan virus di komputer. Oleh karena itu, sebisa mungkin segera matikan kembali program antivirus tersebut jika sudah selesai.

Beberapa Tab Dibuka di Browser

Saat berselancar di dunia maya, ada baiknya membuka tab di browser. Karena hal ini dapat mempengaruhi kapasitas RAM sehingga komputer tidak berjalan maksimal. Oleh karena itu yang perlu Anda lakukan adalah membuka situs dengan bijak. Khusus untuk situs yang memiliki fitur autorefresh, ada baiknya untuk tidak terlalu sering berkunjung.

Jarang Memperbarui Sistem Operasi

Sebuah komputer dapat bekerja secara maksimal melalui Sistem Operasi. Agar Sistem Operasi dapat menjalankan komputer dengan baik tentunya harus selalu diupdate agar mendapatkan fitur-fitur terbaru dari developer. Hal inilah yang tidak semua orang mengerti sehingga mereka jarang mengupdate Sistem Operasi.

Sistem operasi yang tidak diperbarui sebenarnya memiliki peluang besar untuk rusak. Mengapa demikian? karena di setiap update yang dilakukan, developer akan mengupdate fitur-fiturnya agar lebih kuat dalam menghadapi serangan virus serta memperbaiki bug. Tak heran jika Anda tidak cukup memperhatikan penyebab komputer lemot, bisa-bisa komputer jinjing itu rusak dalam waktu singkat.

Cara Mengatasi Komputer Lemot

Berikut kali ini saya akan membahas cara mengatasi Komputer lemot dan apa saja penyebabnya yang harus anda atasi:

Hapus Aplikasi Tak Terpakai dan Gunakan Komputer Sesuai Spesifikasi

Jika Anda sudah tahu spesifikasi komputer, maka bisa memasang aplikasi sesuai kemampuan. Dan ketika Komputer anda Meng-install  sendiri Anda bisa mencoba untuk menghapus program atau aplikasi yang tidak terpakai.

Pakai Kipas Pendingin dan Atur Startup Program

Cara mengatasi komputer lemot berikutnya, maka hapus program yang tidak terpakai. Cara mengatasi komputer lemot berikutnya dengan kipas pendingin. Rutin menggunakan kipas pendingin yang biasanya disambungkan lewat kabel USB maka suhu komputer kemungkinan tidak akan terlalu panas, sehingga jauh lebih stabil dan membuat hardware tidak bermasalah lantaran terlalu panas.

Komputer Jangan Dimatikan Paksa

Karena terlalu banyak membuka aplikasi membuat computer anda menjadi lemot jadi saran dari saya Jangan membiasakan diri untuk matikan komputer secara paksa disaat komputer lemot. Kenapa begitu? Hal tersebut akan berdampak pada kondisi HDD komputer Anda.

Kalau memang harus dimatikan paksa, pastikan itu dalam kondisi yang benar-benar urgent atau saat komputer benar-benar lambat merespon perintah. Pada umumnya, kinerja komputer bisa tersendat dan lambat respon selama 15-30 menit saja.

Defragment Hard Disk

Perlu diketahui, HDD adalah salah satu perangkat komputer yang paling penting dan sensitif. Jika HDD rusak, maka komputer tidak bisa digunakan kembali.

Apakah Proses Defragment Ini Sangat Penting

Proses defragment berguna karena fungsinya untuk mengecek kerusakan pada HDD. Jika komputer mengalami bad sector cukup banyak sebaiknya segera diatasi agar kerusakan tidak merambat ke komponen lain. Anda juga sebaiknya mempertimbangkan dalam memakai aplikasi HDD Sentinel.

Baca juga : Ucapan Ulang Tahun Untuk Istri Yang Romantis dan Humoris

Bersihkan Komponen Komputer

Mengganti thermal pad dan thermal pasta dengan yang baru secara bersamaan saat anda membongkar komponen dalam computer agar proses membersihkan komponen dalam komputer ini bisa optimal. Dan pastikan Anda juga memiliki keahlian reparasi komputer atau dibawa ke tukang servis komputer. Itulah langkah atau cara mengatasi komputer lemot yang bisa Anda coba di rumah. Semoga dengan penjelasan di atas dapat membantu permasalahan komputer lemot selama ini.

Demikian penjelasan dari saya tentang Ketahui Tips Memperbaiki Komputer Lemot Untuk Pemula dan mengetahui penyebabnya semoga bermanfaat ya, terimakasih.

Avatar
Kei Lho Hanya seorang penulis yang menjadikan susu hangat menjadi sebuah cerita yang bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas