Kei Lho Hanya seorang penulis yang menjadikan susu hangat menjadi sebuah cerita yang bermanfaat

Wifi Sering Lemot? Inilah 13 Cara Mengatasi Koneksi Wifi Sering Lemot

3 min read

Wifi Sering Lemot

Wifi Sering Lemot? Inilah 13 Cara Mengatasi Koneksi Wifi Sering Lemot – Halo sobat Gnmedrol! Cara mengatasi wifi sering lemot bisa dilakukan dengan berbagai cara. Koneksi wifi sering lemot tentu menjadi masalah tersendiri. Pasalnya, di zaman sekarang ini kita hidup sangat bergantung pada koneksi internet. Koneksi Wifi Sering Lemot juga bisa disebabkan oleh berbagai hal. Selain karena jaringan provider sedang bermasalah atau sedang dalam perbaikan, penyebab lain juga bisa terjadi.

Wifi Sering Lemot
Wifi Sering Lemot

Seperti, terlalu banyak perangkat yang menggunakan jaringan wifi Anda, posisi router wifi yang terhalang benda atau tembok, jarak router wifi yang terlalu jauh, dan sebagainya. Lalu, bagaimana cara mengatasi Wifi Sering Lemot? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut informasinya.

Keuntungan Memasang Wifi

Tidak mungkin jika manusia dibiarkan sendiri tanpa internet. Coba saja matikan internet ponsel Anda sepanjang hari. Anda mungkin rewel jika internet tidak berfungsi sepanjang hari. Sehingga tidak bisa berkomunikasi atau bekerja semulus biasanya.

Nah, untuk menghemat biaya internet, Anda bisa memilih memasang WiFi di rumah daripada paket data. Misalnya dengan memasang paket internet WiFi yang dikenal murah dan anti lemot. Anda juga bisa mendapatkan keuntungan berikut jika memasang WiFi sendiri di rumah:

  • Memperlancar Urusan Kerja.
  • Lebih efisien.
  • Koneksi Internet 24 Jam.
  • Akses Gratis ke Hiburan.
  • Membantu Proses Pembelajaran Daring.
  • Meningkatkan Penjualan Bisnis.
  • Menghindari Kecemburuan Sosial antar Anggota Keluarga.

Cara Mengatasi Koneksi Wifi Sering Lemot

Berikut ini ada13 Cara Mengatasi Koneksi Wifi Sering Lemot yang perlu anda ketahui, sebagai berikut:

Atur Perangkat Lunak Pada Router

Mungkin Anda lupa akan hal ini, setting software router juga bisa membuat WiFi di rumah Anda lebih stabil. Akses software ini bisa dibuka dengan IP khusus yang bisa dilihat di bagian bawah router. Setelah masuk ke mode setup, coba ganti channel frekuensi pada router. Ganti dengan saluran 1, 6 dan 11 agar koneksi WiFi berjalan dengan lebih cepat. Oh iya jangan lupa cek update firmware terbaru ya.

Jauhkan Router Dari Perangkat Elektronik Lainnya

Seperti yang sudah Anda ketahui, setiap benda elektronik memiliki sinyal elektromagnetik seperti ponsel, dan TV. Sinyal tersebut justru dapat menghambat sinyal WiFi yang ada di dalam ruangan. Jadi untuk mendapatkan sinyal yang kuat lebih baik jauhkan router dari perangkat elektronik lainnya.

Periksa Posisi Router

Jika awalnya Anda tidak terlalu memperdulikan posisi router, sekarang coba lihat kembali posisi router di rumah atau kantor. Cara terbaik untuk mendapatkan jaringan WiFi yang bagus adalah dengan meletakkannya di tengah ruangan. Dengan cara ini router dapat mengirimkan sinyal ke segala arah.

Jika Anda telah meletakkan router di dekat jendela, ini tidak boleh dilakukan lagi. Soalnya router dengan posisi seperti ini malah akan mengirim sinyal ke luar ruangan. WiFi Anda justru akan terbuang sia-sia karena koneksinya tidak akan menjangkau seluruh ruangan.

Ganti Router Dengan Yang Baru

Jika Anda masih mengalami masalah dengan koneksi jaringan WiFi di rumah atau kantor, sebaiknya ganti router dengan yang baru. Router yang banyak dijual dipasaran sebenarnya memiliki fungsi dan spesifikasi tertentu. Mungkin Anda salah ketika membeli router lama, jadi jika Anda ingin membeli router, lebih baik tanyakan spesifikasinya kepada penjualnya.

Gunakan Wifi Repeater

Anda juga bisa menggunakan WiFi repeater untuk mengakali sinyal yang lemah atau tidak stabil. Repeater ini berfungsi untuk menerima sinyal kemudian mentransmisikan kembali sinyal yang diterima dengan lebih kuat. Alat ini cocok untuk Anda yang berada di tempat yang sulit menerima sinyal WiFi.

Restart Router

Restart router bisa jadi salah satu cara mengatasi wifi lemot. Anda hanya perlu mematikan router selama 1 menit lalu menyalakannya kembali. Selain mengatur ulang router, Anda juga dapat menerapkan proses restart ini ke perangkat keras Anda. Karena beberapa masalah wifi lemot juga sering datang dari sana.

Periksa Sistem Perangkat

Penyebab wifi lemot juga bisa terjadi karena masalah pada sistem perangkat yang anda gunakan. Misalnya update windows sedang berjalan. banyak tab yang terbuka, atau data sedang disinkronkan di laptop atau komputer Anda.

Pertimbangkan Untuk Menggunakan Kabel Ethernet

Sudah disinggung di atas bahwa kecanggihan satu perangkat akan berdampak pada lemahnya sinyal wifi. Tidak mungkin ada perangkat yang mendominasi, lebih buruk, atau lebih kuno dari perangkat lainnya untuk mendapatkan koneksi internet yang stabil. Ketika itu terjadi, pertimbangkan untuk menggunakan sambungan langsung dari kabel ethernet ke perangkat keras Anda, karena kecepatan kabel hampir selalu lebih cepat daripada sinyal wifi.

Pilih Saluran Wifi Yang Tepat

Seringkali penyebab wifi lemot ini berasal dari saluran wifi yang tumpang tindih. Jika Anda menggunakan pita 2,4 GHz ada sekitar 11 saluran yang dapat Anda pilih. Namun, saya sarankan untuk memilih saluran 1, 6, 11 saja karena biasanya saluran tersebut tidak tumpang tindih. Sedangkan jika menggunakan band 5 GHz Anda bisa memilih channel 36, 40, 44 dan 48. Anda juga bisa menggunakan aplikasi analyzer dari Netspot untuk mengetahui channel mana yang sebaiknya Anda pilih.

Coba Gunakan Web Dengan Koneksi Yang Lebih Efisien

Jika Anda memang harus bekerja menggunakan internet sementara browser yang Anda gunakan harus mendukung kecepatan internet yang tinggi, cara mengatasinya adalah dengan memilih browser alternatif lain. Browser yang dimaksud adalah browser yang mendukung koneksi yang lebih efisien dalam menyedot data. Beberapa contoh browser tersebut adalah Opera Mini melalui fitur Opera Turbo-nya, kemudian Chrome juga dapat bekerja lebih efisien melalui fitur lite mode.

Matikan Aktivitas Bandwidth Yang Berat Pada Perangkat Keras

Untuk mengetahui aktivitas mana yang paling banyak memakan bandwidth, Anda bisa mengeceknya di laptop Anda dengan membuka bagian task manager. Saat tampilan pengelola tugas terbuka, pilih bagian jaringan. Di sana akan diketahui aktivitas online mana yang paling banyak menghabiskan bandwidth. Kemudian klik kanan dan pilih akhiri tugas untuk mengakhiri aktivitas.

Coba Gunakan Server DNS

Saat Anda mengetik alamat situs web di browser, komputer Anda akan menggunakan server DNS untuk mencari dan menerjemahkannya menjadi alamat IP yang ramah komputer. Namun seringkali server yang anda gunakan pada komputer ini bermasalah atau mati total. Solusinya adalah Anda dapat menggunakan server DNS dari Google DNS, Cloudflare atau utilitas Namebench untuk memeriksa server mana yang lebih cepat di lokasi Anda.

Baca juga : Tips Memahami Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

Memindahkan Router Lebih Dekat Ke Perangkat Keras

Merelokasi atau memindahkan router ke posisi yang lebih dekat dengan hardware dapat mengatasi wifi yang lemot. Atau alternatifnya, coba bekerja  dekat area router wifi terpasang untuk mendapatkan koneksi yang lebih cepat. Demikian ulasan tentang Wifi Sering Lemot? Inilah 13 Cara Mengatasi Koneksi Wifi Sering Lemot, semoga bermanfaat.

Avatar
Kei Lho Hanya seorang penulis yang menjadikan susu hangat menjadi sebuah cerita yang bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas